Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1976

٥٦ – بَابُ صَوۡمِ الدَّهۡرِ

56. Bab puasa setahun

١٩٧٦ – حَدَّثَنَا أَبُو الۡيَمَانِ: أَخۡبَرَنَا شُعَيۡبٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي سَعِيدُ بۡنُ الۡمُسَيَّبِ وَأَبُو سَلَمَةَ بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ: أَنَّ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عَمۡرٍو قَالَ: أُخۡبِرَ رَسُولُ اللهِ ﷺ أَنِّي أَقُولُ: وَاللهِ لَأَصُومَنَّ النَّهَارَ، وَلَأَقُومَنَّ اللَّيۡلَ مَا عِشۡتُ. فَقُلۡتُ لَهُ: قَدۡ قُلۡتُهُ بِأَبِي أَنۡتَ وَأُمِّي، قَالَ: (فَإِنَّكَ لَا تَسۡتَطِيعُ ذٰلِكَ، فَصُمۡ وَأَفۡطِرۡ، وَقُمۡ وَنَمۡ، وَصُمۡ مِنَ الشَّهۡرِ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ، فَإِنَّ الۡحَسَنَةَ بِعَشۡرِ أَمۡثَالِهَا، وَذٰلِكَ مِثۡلُ صِيَامِ الدَّهۡرِ). قُلۡتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَفۡضَلَ مِنۡ ذٰلِكَ، قَالَ: (فَصُمۡ يَوۡمًا، وَأَفۡطِرۡ يَوۡمَيۡنِ). قُلۡتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَفۡضَلَ مِنۡ ذٰلِكَ، قَالَ: (فَصُمۡ يَوۡمًا وَأَفۡطِرۡ يَوۡمًا، فَذٰلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيۡهِ السَّلَامُ، وَهُوَ أَفۡضَلُ الصِّيَامِ). فَقُلۡتُ: إِنِّي أُطِيقُ أَفۡضَلَ مِنۡ ذٰلِكَ، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (لَا أَفۡضَلَ مِنۡ ذٰلِكَ). [طرفه في: ١١٣١].
1976. Abul Yaman telah menceritakan kepada kami: Syu’aib mengabarkan kepada kami, dari Az-Zuhri, beliau mengatakan: Sa’id bin Al-Musayyab dan Abu Salamah bin ‘Abdurrahman mengabarkan kepadaku: Bahwa ‘Abdullah bin ‘Amr mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dikabari bahwa aku berkata: Demi Allah, aku benar-benar selalu berpuasa di siang hari dan selalu salat malam selama aku hidup. Aku berkata kepada beliau: Aku memang telah mengatakannya, bapak ibuku sebagai tebusannya. Beliau bersabda, “Sesungguhnya engkau tidak akan mampu melakukannya. Berpuasalah dan berbukalah, salat malamlah dan tidurlah. Berpuasalah tiga hari dalam sebulan karena satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat sehingga menjadi seperti puasa setahun.” Aku mengatakan: Sesungguhnya aku mampu yang lebih baik daripada itu. Beliau bersabda, “Puasalah sehari dan berbukalah dua hari.” Aku kembali berkata: Sesungguhnya aku mampu yang lebih baik daripada itu. Beliau bersabda, “Puasalah sehari dan berbukalah sehari. Itu adalah puasa Dawud ‘alaihis salam dan itu merupakan seutama-utama puasa.” Aku katakan: Sungguh aku mampu yang lebih baik daripada itu. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak ada yang lebih baik daripada itu.”