Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1163

٣٨ – بَابُ فَضۡلِ صَوۡمِ الۡمُحَرَّمِ
38. Bab keutamaan puasa bulan Muharam

٢٠٢ – (١١٦٣) – حَدَّثَنِي قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنۡ أَبِي بِشۡرٍ، عَنۡ حُمَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ الۡحِمۡيَرِيِّ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَفۡضَلُ الصِّيَامِ، بَعۡدَ رَمَضَانَ، شَهۡرُ اللهِ الۡمُحَرَّمُ، وَأَفۡضَلُ الصَّلَاةِ، بَعۡدَ الۡفَرِيضَةِ، صَلَاةُ اللَّيۡلِ).
202. (1163). Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepadaku: Abu ‘Awanah menceritakan kepada kami, dari Abu Bisyr, dari Humaid bin ‘Abdurrahman Al-Himyari, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Allah Muharam. Salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam.”
٢٠٣ – (...) – وَحَدَّثَنِي زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنۡ عَبۡدِ الۡمَلِكِ بۡنِ عُمَيۡرٍ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ الۡمُنۡتَشِرِ، عَنۡ حُمَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، يَرۡفَعُهُ، قَالَ: سُئِلَ: أَيُّ الصَّلَاةِ أَفۡضَلُ بَعۡدَ الۡمَكۡتُوبَةِ؟ وَأَيُّ الصِّيَامِ أَفۡضَلُ بَعۡدَ شَهۡرِ رَمَضَانَ؟ فَقَالَ: (أَفۡضَلُ الصَّلَاةِ، بَعۡدَ الصَّلَاةِ الۡمَكۡتُوبَةِ، الصَّلَاةُ فِي جَوۡفِ اللَّيۡلِ. وَأَفۡضَلُ الصِّيَامِ، بَعۡدَ شَهۡرِ رَمَضَانَ، صِيَامُ شَهۡرِ اللهِ الۡمُحَرَّمِ).
203. Zuhair bin Harb telah menceritakan kepadaku: Jarir menceritakan kepada kami, dari ‘Abdul Malik bin ‘Umair, dari Muhammad bin Al-Muntasyir, dari Humaid bin ‘Abdurrahman, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau memarfu’kannya. Beliau mengatakan: Ada yang bertanya: Salat apa yang paling utama setelah salat wajib? Dan puasa apa yang paling utama setelah puasa bulan Ramadan? Beliau mengatakan, “Salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat di tengah malam. Dan puasa yang paling utama setelah puasa bulan Ramadan adalah puasa di bulan Allah Muharam.”
(...) – وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا حُسَيۡنُ بۡنُ عَلِيٍّ، عَنۡ زَائِدَةَ، عَنۡ عَبۡدِ الۡمَلِكِ بۡنِ عُمَيۡرٍ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، فِي ذِكۡرِ الصِّيَامِ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، بِمِثۡلِهِ.
Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Husain bin ‘Ali menceritakan kepada kami, dari Zaidah, dari ‘Abdul Malik bin ‘Umar dengan sanad ini dalam penyebutan puasa dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, semisal hadis ini.