Cari Blog Ini

'Umdatul Ahkam - Kitab Taharah - Hadits nomor 1-12

١ - عَنۡ عُمَرَ بۡنِ الۡخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (إنَّمَا الۡأَعۡمَالُ بِالنِّيَّاتِ) – وَفِي رِوَايَةٍ: بِالنِّيَّةِ – (وَإِنَّمَا لِكُلِّ امۡرِىءٍ مَا نَوَى، فَمَنۡ كَانَتۡ هِجۡرَتُهُ إلَى اللهِ وَرَسُولِهِ فَهِجۡرَتُهُ إلَى اللهِ وَرَسُولِهِ، وَمَنۡ كَانَتۡ هِجۡرَتُهُ إلَى دُنۡيَا يُصِيبُهَا أَوِ امۡرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا، فَهِجۡرَتُهُ إلَى مَا هَاجَرَ إلَيۡهِ). 

1. Dari ‘Umar bin Al-Khaththab radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Amalan-amalan itu hanyalah sesuai dengan niat. Setiap orang hanya mendapatkan sesuai yang dia niatkan. Barang siapa hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barang siapa yang hijrahnya kepada dunia yang hendak dia raih atau wanita yang hendak dia nikahi, maka hijrahnya kepada tujuan hijrahnya.”[1]

٢ - عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا يَقۡبَلُ اللهُ صَلَاةَ أَحَدِكُمۡ – إذَا أَحۡدَثَ – حَتَّى يَتَوَضَّأَ). 

2. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak menerima salat salah seorang kalian apabila dia berhadas, hingga dia berwudu.”[2]

٣ - عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ الۡعَاصِ، وَأَبِي هُرَيۡرَةَ، وَعَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ قَالُوا: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (وَيۡلٌ لِلۡأَعۡقَابِ مِنَ النَّارِ). 

3. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al-’Ash, Abu Hurairah, dan ‘Aisyah radhiyallahu ‘anhum, mereka berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Celaka tumit-tumit itu dari neraka.”[3]

٤ - عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قال: (إذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمۡ فَلۡيَجۡعَلۡ فِي أَنۡفِهِ مَاءً، ثُمَّ لِيَنۡتَثِرۡ. وَمَنِ اسۡتَجۡمَرَ فَلۡيُوتِرۡ، وَإِذَا اسۡتَيۡقَظَ أَحَدُكُمۡ مِنۡ نَوۡمِهِ فَلۡيَغۡسِلۡ يَدَيۡهِ قَبۡلَ أَنۡ يُدۡخِلَهُمَا فِي الۡإِنَاءِ ثَلَاثًا، فَإِنَّ أَحَدَكُمۡ لَا يَدۡرِي أَيۡنَ بَاتَتۡ يَدُهُ؟). وَفِي لَفۡظٍ لِمُسۡلِمٍ: (فَلۡيَسۡتَنۡشِقۡ بِمِنۡخَرَيۡهِ مِنَ الۡمَاءِ). 

وَفِي لَفۡظٍ: (مَنۡ تَوَضَّأَ فَلۡيَسۡتَنۡشِقۡ). 

4. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang kalian berwudu, maka masukkan air ke hidungnya, lalu semburkan. Siapa saja bersuci dengan batu, maka ganjilkan jumlahnya. Apabila salah seorang kalian bangun dari tidur malam, cucilah kedua tangannya sebanyak tiga kali sebelum memasukkannya ke dalam bejana, karena dia tidak tahu di mana tangannya bermalam.” 

Dalam redaksi Imam Muslim, “Hendaknya dia masukkan air ke kedua pangkal hidungnya.” 

Dalam redaksi lain, “Siapa saja yang berwudu, hendaknya dia memasukkan air ke dalam hidung.”[4]

٥ - عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (لَا يَبُولَنَّ أَحَدُكُمۡ فِي الۡمَاءِ الدَّائِمِ الَّذِي لَا يَجۡرِي، ثُمَّ يَغۡتَسِلُ فِيهِ). 

وَلِمُسۡلِمٍ: (لَا يَغۡتَسِلُ أَحَدُكُمۡ فِي الۡمَاءِ الدَّائِمِ وَهُوَ جُنُبٌ). 

5. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan sampai salah seorang kalian buang air di air yang menetap yang tidak mengalir, kemudian dia mandi di situ.”[5]

Dalam riwayat Muslim, “Kalian tidak boleh mandi di air yang menetap dalam keadaan junub.”[6]

٦ - عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (إذَا شَرِبَ الۡكَلۡبُ فِي إنَاءِ أَحَدِكُمۡ فَلۡيَغۡسِلۡهُ سَبۡعًا). وَلِمُسۡلِمٍ: (أُولَاهُنَّ بِالتُّرَابِ). 

6. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu: Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika anjing minum di bejana kalian, maka cucilah tujuh kali.” Dalam riwayat Muslim, “Cucian pertama menggunakan tanah.”[7]

٧ - وَلَهُ فِي حَدِيثِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مُغَفَّلٍ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (إذَا وَلَغَ الۡكَلۡبُ فِي الۡإِنَاءِ فَاغۡسِلُوهُ سَبۡعًا، وَعَفِّرُوهُ الثَّامِنَةَ بِالتُّرَابِ). 

7. Dalam riwayat Muslim pula, dalam hadis ‘Abdullah bin Mughaffal, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila anjing menjilat di dalam bejana, maka cucilah tujuh kali dan campurilah yang kedelapan dengan tanah.”[8]

٨ - عَنۡ حُمۡرَانَ مَوۡلَى عُثۡمَانَ بۡنِ عَفَّانَ، أَنَّهُ رَأَى عُثۡمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ دَعَا بِوَضُوءٍ، فَأَفۡرَغَ عَلَى يَدَيۡهِ مِنۡ إنَائِهِ، فَغَسَلَهُمَا ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ أَدۡخَلَ يَمِينَهُ فِي الۡوَضُوءِ، ثُمَّ تَمَضۡمَضَ وَاسۡتَنۡشَقَ وَاسۡتَنۡثَرَ، ثُمَّ غَسَلَ وَجۡهَهُ ثَلَاثًا، وَيَدَيۡهِ إلَى الۡمِرۡفَقَيۡنِ ثَلَاثًا، ثُمَّ مَسَحَ بِرَأۡسِهِ، ثُمَّ غَسَلَ كِلۡتَا رِجۡلَيۡهِ ثَلَاثًا، ثُمَّ قَالَ: رَأَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يَتَوَضَّأُ نَحۡوَ وُضُوئِي هَٰذَا، وَقَالَ: (مَنۡ تَوَضَّأَ نَحۡوَ وُضُوئِي هَٰذَا ثُمَّ صَلَّى رَكۡعَتَيۡنِ لَا يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفۡسَهُ، غَفَرَ اللهُ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ). 

8. Dari Humran maula ‘Utsman bin ‘Affan bahwa beliau melihat ‘Utsman radhiyallahu ‘anhu minta diambilkan air wudu. Lalu beliau menuangkan air dari bejana ke kedua tangannya. Beliau mencucinya tiga kali. Kemudian beliau masukkan tangan kanannya ke dalam air wudu lalu berkumur-kumur, memasukkan air ke hidung, dan menyemburkannya. Kemudian beliau mencuci wajahnya tiga kali. Beliau mencuci kedua tangan sampai siku tiga kali. Kemudian beliau mengusap kepalanya. Kemudian mencuci masing-masing kakinya tiga kali. Kemudian beliau berkata: Aku melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudu semisal wuduku ini dan bersabda, “Siapa saja berwudu seperti wuduku ini kemudian salat dua rakaat dalam keadaan jiwanya tidak tersibukkan dengan selain salatnya, niscaya Allah akan ampuni dosanya yang telah lalu.”[9]

٩ - عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ يَحۡيَى الۡمَازِنِيِّ، عَنۡ أَبِيهِ قَالَ: (شَهِدۡتُ عَمۡرَو بۡنَ أَبِي الۡحَسَنٍ سَأَلَ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ زَيۡدٍ عَنۡ وُضُوءِ رَسُولِ اللهِ ﷺ فَدَعَا بِتَوۡرٍ مِنۡ مَاءٍ، فَتَوَضَّأَ لَهُمۡ وُضُوءَ رَسُولِ اللهِ ﷺ. فَأَكۡفَأَ عَلَى يَدَيۡهِ مِنَ التَّوۡرِ، فَغَسَلَ يَدَيۡهِ ثَلَاثًا، ثُمَّ أَدۡخَلَ يَدَيۡهِ فِي التَّوۡرِ، فَمَضۡمَضَ وَاسۡتَنۡشَقَ وَاسۡتَنۡثَرَ ثَلَاثًا بِثَلَاثِ غَرَفَاتٍ، ثُمَّ أَدۡخَلَ يَدَهُ فِي التَّوۡرِ، فَغَسَلَ وَجۡهَهُ ثَلَاثًا. ثُمَّ أَدۡخَلَ يَدَهُ، فَغَسَلَهُمَا مَرَّتَيۡنِ إلَى الۡمِرۡفَقَيۡنِ، ثُمَّ أَدۡخَلَ يَدَيۡهِ، فَمَسَحَ بِهِمَا رَأۡسَهُ، فَأَقۡبَلَ بِهِمَا وَأَدۡبَرَ – مَرَّةً وَاحِدَةً – ثُمَّ غَسَلَ رِجۡلَيۡهِ). 

وَفِي رِوَايَةٍ: (بَدَأَ بِمُقَدَّمِ رَأۡسِهِ، حَتَّى ذَهَبَ بِهِمَا إلَى قَفَاهُ. ثُمَّ رَدَّهُمَا حَتَّى رَجَعَ إلَى الۡمَكَانِ الَّذِي بَدَأَ مِنۡهُ). وَفِي رِوَايَةٍ: (أَتَانَا رَسُولُ اللهِ ﷺ، فَأَخۡرَجۡنَا لَهُ مَاءً فِي تَوۡرٍ مِنۡ صُفۡرٍ). 

التَّوۡرُ: شِبۡهُ الطَّسۡتِ. 

9. Dari ‘Amr bin Yahya Al-Mazini, dari ayahnya, beliau mengatakan: Aku menyaksikan ‘Amr bin Abu Al-Hasan bertanya kepada ‘Abdullah bin Zaid tentang wudu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau minta diambilkan sebaskom air. Beliau mengajari mereka berwudu dengan tata cara wudu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau menuangkan air dari baskom ke kedua telapak tangannya. Beliau membasuh kedua telapak tangannya tiga kali. Kemudian beliau masukkan kedua tangannya ke dalam baskom, lalu beliau berkumur-kumur, memasukkan air ke hidung, dan menyemburkannya tiga kali dengan tiga cidukan. Kemudian beliau masukkan tangannya ke dalam baskom, lalu beliau membasuh wajahnya tiga kali. Kemudian beliau masukkan tangannya dan beliau basuh kedua tangannya sampai siku dua kali. Kemudian beliau masukkan tangannya dan beliau usap kepala. Beliau memajukan dan memundurkannya satu kali. Kemudian beliau membasuh kedua kakinya.” 

Di dalam riwayat lain, “Beliau awali dengan bagian depan kepala kemudian beliau gerakkan sampai tengkuk. Kemudian beliau kembalikan sampai ke tempat awal.” 

Dalam riwayat lain, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke tempat kami, lalu kami mengeluarkan air dalam baskom tembaga untuk beliau. 

At-Taur semacam baskom.[10]

١٠ - عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: (كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُعۡجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِي تَنَعُّلِهِ، وَتَرَجُّلِهِ، وَطُهُورِهِ، وَفِي شَأۡنِهِ كُلِّهِ). 

10. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir, bersuci, dan di seluruh keadaan beliau.”[11]

١١ - عَنۡ نُعَيۡمٍ الۡمُجۡمِرِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ أَنَّهُ قَالَ: (إنَّ أُمَّتِي يُدۡعَوۡنَ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ غُرًّا مُحَجَّلِينَ مِنۡ آثَارِ الۡوُضُوءِ) . فَمَنِ اسۡتَطَاعَ مِنۡكُمۡ أَنۡ يُطِيلَ غُرَّتَهُ فَلۡيَفۡعَلۡ. 

11. Dari Nu’aim Al-Mujmir, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, “Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ada tanda putih bercahaya karena bekas wudu.” Maka, siapa saja di antara kalian yang mampu memanjangkan tanda putihnya, hendaknya dia lakukan.[12]

وَفِي لَفۡظٍ لِمُسۡلِمٍ: رَأَيۡتُ أَبَا هُرَيۡرَةَ يَتَوَضَّأُ، فَغَسَلَ وَجۡهَهُ وَيَدَيۡهِ، حَتَّى كَادَ يَبۡلُغُ الۡمَنۡكِبَيۡنِ، ثُمَّ غَسَلَ رِجۡلَيۡهِ حَتَّى رَفَعَ إلَى السَّاقَيۡنِ، ثُمَّ قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (إنَّ أُمَّتِي يُدۡعَوۡنَ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ غُرًّا مُحَجَّلِينَ، مِنۡ آثَارِ الۡوُضُوءِ). فَمَنِ اسۡتَطَاعَ مِنۡكُمۡ أَنۡ يُطِيلَ غُرَّتَهُ وَتَحۡجِيلَهُ فَلۡيَفۡعَلۡ. 

Dalam redaksi Muslim: Aku melihat Abu Hurairah berwudu. Beliau membasuh wajah dan kedua tangannya sampai hampir ke kedua pundaknya. Kemudian beliau membasuh kedua kakinya hingga naik ke kedua betisnya. Kemudian beliau mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat dalam keadaan ada tanda putih[13]

١٢ - وَفِي لَفۡظٍ لِمُسۡلِمٍ: سَمِعۡتُ خَلِيلِي ﷺ يَقُولُ: (تَبۡلُغُ الۡحِلۡيَةُ مِنۡ الۡمُؤۡمِنِ حَيۡثُ يَبۡلُغُ الۡوُضُوءُ). 

12. Dalam redaksi Muslim: Aku mendengar khalilku Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perhiasan seorang mukmin meliputi anggota badan yang terkena air wudu.”[14]


[6] HR. Muslim nomor 283. Diriwayatkan pula oleh An-Nasa`i nomor 220, 331, 396