Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Maf'ul Fih (1)

الۡمَفۡعُولُ فِيهِ

قَالَ: (بَابُ: ظَرۡفِ الزَّمَانِ، وَظَرۡفِ الۡمَكَانِ) ظَرۡفُ الزَّمَانِ هُوَ: اسۡمُ الزَّمَانِ الۡمَنۡصُوبُ بِتَقۡدِيرِ (فِي)، نَحۡوُ: الۡيَوۡمَ، وَاللَّيۡلَةَ، وَغُدۡوَةً، وَبُكۡرَةً، وَسَحَرًا، وَغَدًا، وَعَتَمَةً، وَصَبَاحًا، وَمَسَاءً، وَأَبَدًا، وَأَمَدًا، وَحِينًا، وَمَا أَشۡبَهَ ذٰلِكَ.
Ibnu Ajrum berkata: Bab Zharaf Zaman dan Zharaf Makan. Zharaf zaman adalah isim zaman yang manshub dengan taqdir فِي (pada), contoh: الۡيَوۡمَ, اللَّيۡلَةَ, غُدۡوَةً, بُكۡرَةً, سَحَرًا, غَدًا, عَتَمَةً, صَبَاحًا, مَسَاءً, أَبَدًا, أَمَدًا, حِينًا, dan yang mirip itu.
أَقُولُ: الثَّالِثُ مِنَ الۡمَنۡصُوبَاتِ ظَرۡفُ الزَّمَانِ وَظَرۡفُ الۡمَكَانِ، وَيُسَمَّيَانِ: مَفۡعُولًا فِيهِ. وَإِنَّمَا جَمَعَهُمَا الۡمُصَنِّفُ فِي بَابٍ وَاحِدٍ لِتَشَابُهِهِمَا وَتَقَارُبِ أَحۡكَامِهِمَا، وَأُفۡرِدُ كُلًّا بِتَعۡرِيفٍ يَخُصُّهُ؛ لِئَلَّا يَشۡتَبِهَ أَحَدُهُمَا بِالۡآخَرِ عَلَى الۡمُبۡتَدِئِ.
Ahmad bin Tsabit berkata: Macam ketiga dari isim yang dinashab adalah zharaf zaman (keterangan waktu) dan zharaf makan (keterangan tempat), keduanya dinamakan maf'ul fih. Dan hanyalah penulis mengumpulkan keduanya di dalam satu bab karena kemiripan dan kedekatan hukum keduanya. Sedang aku menyendirikannya masing-masing dengan pengertian yang khusus, agar satu dan yang lain tidak tersamarkan bagi pemula.
فَأَمَّا ظَرۡفُ الزَّمَانِ فَهُوَ: (اسۡمُ الزَّمَانِ الۡمَنۡصُوبُ بِتَقۡدِيرِ (فِي)) نَحۡوُ: (سَافَرۡتُ يَوۡمَ الۡخَمِيسِ) فَـ(يَوۡمَ) ظَرۡفُ زَمَانٍ؛ لِأَنَّهُ اسۡمٌ مَنۡصُوبٌ وَقَعَ فِيهِ الۡحَدَثُ -وَهُوَ السَّفَرُ- بِتَقۡدِيرِ (فِي) أَيۡ: (سَافَرۡتُ فِي يَوۡمِ الۡخَمِيسِ)، وَ (يَوۡمَ) مُضَافٌ وَ (الۡخَمِيسِ) مُضَافٌ إِلَيۡهِ. وَمِثَالُهُ مِنَ الۡقُرۡآنِ الۡمَجِيدِ قَوۡلُ الۡحَقِّ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: ﴿الۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ﴾ [المائدة: ٣].
Adapun zharaf zaman adalah isim zaman yang manshub dengan taqdir فِي, contoh: سَافَرۡتُ يَوۡمَ الۡخَمِيسِ. Maka يَوۡمَ adalah zharaf zaman karena ia adalah isim manshub yang menunjukkan saat peristiwa itu terjadi, yaitu peristiwa safar, dengan taqdir فِي, yaitu: سَافَرۡتُ فِي يَوۡمِ الۡخَمِيسِ (Aku bepergian pada hari Kamis). Dan يَوۡمَ mudhaf, الۡخَمِيسِ mudhaf ilaih. Contoh dari Al-Qur`an adalah firman Allah tabaraka wa ta'ala: الۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ (Pada hari ini telah Aku sempurnakan untuk kalian agama kalian). (QS. Al-Maidah: 3).
وَخَرَجَ بِقَوۡلِهِ: (اسۡمُ الزَّمَانِ) اسۡمُ الۡمَكَانِ.
وَخَرَجَ بِقَوۡلِهِ: (الۡمَنۡصُوبُ) الۡمَرۡفُوعُ وَالۡمَجۡرُورُ نَحۡوُ: (يَوۡمُ الۡجُمُعَةِ يَوۡمٌ سَعِيدٌ) وَ (فَرِحۡتُ بِيَوۡمِ الۡجُمُعَةِ)، فَلَا يُقَالُ لَهُمَا ظَرۡفٌ فِي الۡإِصۡطِلَاحِ.
وَقَوۡلُهُ: (بِتَقۡدِيرِ (فِي)) أَيۡ: تَقۡدِيرُ مَعۡنَاهَا وَهُوَ الظَّرۡفِيَّةُ، لَا تَقۡدِيرُ لَفۡظِهَا؛ لِأَنَّهُ قَدۡ لَا يَصِحُّ التَّلَفُّظُ بِهَا قَبۡلَ بَعۡضِ الظُّرُوفِ.
فَخَرَجَ بِهِ اسۡمُ الزَّمَانِ الۡمَنۡصُوبُ عَلَى غَيۡرِ تَقۡدِيرِ (فِي) نَحۡوُ: (أَحۡبَبۡتُ يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ) فَـ(يَوۡمُ الۡجُمُعَةِ) فِي هٰذَا الۡمِثَالِ لَيۡسَ ظَرۡفًا؛ لِأَنَّ الۡفِعۡلَ وَهُوَ (الۡحُبُّ) لَمۡ يَقۡعِ فِيهِ، وَإِنَّمَا هُوَ مَفۡعُولٌ بِهِ لِأَنَّ الۡفِعۡلَ وَقَعَ عَلَيۡهِ إِذِ الۡمَعۡنَى: أَوۡقَعۡتُ الۡحُبَّ عَلَى يَوۡمِ الۡجُمُعَةِ؛ بِخِلَافِ مَا إِذَا قُلۡتَ: (أَحۡبَبۡتُ زَيۡدًا يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ) فَإِنَّهُ ظَرۡفٌ؛ لِأَنَّ الۡفِعۡلَ وَهُوَ (حُبُّ زَيۡدٍ) وَقَعَ فِي يَوۡمِ الۡجُمُعَةِ.
Isim makan (keterangan tempat) tidak termasuk ke dalam zharaf zaman berdasarkan ucapan beliau: اسۡمُ الزَّمَانِ.
Ucapan beliau: الۡمَنۡصُوبُ (yang dinashab) berarti mengeluarkan isim yang dirafa' dan dijar dari definisi zharaf zaman. Contoh: يَوۡمُ الۡجُمُعَةِ يَوۡمٌ سَعِيدٌ (Hari Jum'at adalah hari yang berbahagia) dan فَرِحۡتُ بِيَوۡمِ الۡجُمُعَةِ (Aku senang dengan hari Jum'at). Maka tidak dikatakan pada dua contoh itu ada zharaf secara istilah.
Ucapan beliau: بِتَقۡدِيرِ فِي yakni: tersirat makna فِي yaitu menerangkan waktu, bukan tersirat lafazh فِي, karena pada sebagian zharaf terkadang tidak bisa untuk dilafazhkan dengan menggunakan فِي.
Sehingga tidak termasuk zharaf zaman apabila ada isim zaman yang dinashab tanpa mengandung makna فِي, contoh: أَحۡبَبۡتُ يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ (Aku cinta hari Jum'at). Maka يَوۡمُ الۡجُمُعَةِ dalam contoh ini bukanlah zharaf. Karena fi'il الۡحُبُّ (kecintaan) tidak mesti terjadi pada hari itu, namun itu hanyalah maf'ul bih, karena fi'il tersebut terjadi kepadanya. Sehingga maknanya: Aku memberikan kecintaan pada hari Jum'at. Berbeda jika engkau ucapkan: أَحۡبَبۡتُ زَيۡدًا يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ (Aku mencintai Zaid pada hari Jum'at), maka ini adalah zharaf, karena fi'il di sini, yaitu mencintai Zaid, terjadi pada hari Jum'at.