Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Tanda-tanda Fi'il

عَلَامَاتُ الۡفِعۡلِ

قَالَ: وَالۡفِعۡلُ يُعۡرَفُ بِقَدۡ، وَالسِّينِ، وَسَوۡفَ، وَتَاءِ التَّأۡنِيثِ السَّاكِنَةِ.
Fi'il diketahui dengan قَدۡ, huruf sin, سَوۡفَ, dan huruf ta` ta`nits yang disukun.
أَقُولُ: يُتَمَيَّزُ الۡفِعۡلُ عَنۡ أَخَوَيۡهِ الۡاسۡمِ وَالۡحَرۡفِ بِعَلَامَاتٍ كَثِيرَةٍ، ذَكَرَ الۡمُصَنِّفُ مِنۡهَا أَرۡبَعًا:
الۡأُولَى: (قَدۡ). الثَّانِيَةُ: (السِّينُ). الثَّالِثَةُ: (سَوۡفَ). الرَّابِعَةُ: (تَاءُ التَّأۡنِيثِ السَّاكِنَةُ).
Fi'il dibedakan dari dua saudaranya isim dan harf dengan tanda-tanda yang banyak. Penulis menyebutkan empat di antaranya: 
  1. قَدۡ 
  2. huruf sin 
  3. سَوۡفَ 
  4. huruf ta` ta`nits yang disukun. 
وَهَٰذِهِ الۡعَلَامَاتُ مِنۡهَا مَا يَكُونُ فِي أَوَّلِ الۡكَلِمَةِ كَـ(قَدۡ وَالسِّينِ وَسَوۡفَ)، وَمِنۡهَا مَا يَكُونُ فِي آخِرِ الۡكَلِمَةِ كَـ(تَاءِ التَّأۡنِيثِ السَّاكِنَةِ).
فَمَتَى رَأَيۡتَ فِي الۡكَلِمَةِ عَلَامَةً مِنۡ هَٰذِهِ الۡعَلَامَاتِ أَوۡ كَانَتۡ تَقۡبَلُهَا، حَكَمۡتَ عَلَيۡهَا بِأَنَّهَا فِعۡلٌ.
Tanda-tanda ini ada sebagiannya terdapat di awal kata seperti قَدۡ, huruf sin, dan سَوۡفَ. Dan sebagian lainnya ada di akhir kata seperti huruf ta` ta`nits yang disukun. Sehingga, kapanpun engkau lihat di suatu kata ada satu tanda dari tanda-tanda ini atau ia bisa menerimanya, engkau tetapkan ia adalah fi'il.
فَأَمَّا (قَدۡ) فَإِنَّهَا عَلَامَةٌ تَدۡخُلُ عَلَى الۡمَاضِي وَالۡمُضَارِعِ، فَإِنۡ دَخَلَتۡ عَلَى الۡمَاضِي دَلَّتۡ عَلَى أَحَدِ مَعۡنَيَيۡنِ:
أَحَدُهُمَا: (التَّحۡقِيقُ) أَيۡ: تَحۡقِيقُ وُقُوعِ الۡفِعۡلِ نَحۡوُ: (قَدۡ سَافَرَ عَلِيٌّ)، وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿قَدۡ أَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُونَ﴾ [المؤمنون: ١] فَـ(قَدۡ) حَرۡفُ تَحۡقِيقٍ. وَكُلُّ مِنۡ (سَافَرَ وَأَفۡلَحَ) فِعۡلٌ مَاضٍ؛ بِدَلِيلِ دُخُولِ (قَدۡ) عَلَيۡهِ، وَالۡمَعۡنَى: تَحَقَّقَ سَفَرُ عَلِيٍّ وَفَلَاحُ الۡمُؤۡمِنِينَ.
الثَّانِي: (التَّقۡرِيبُ) أَيۡ: تَقۡرِيبُ وُقُوعِ الۡفِعۡلِ. نَحۡوُ: (قَدۡ قَامَتِ الصَّلَاةُ) فَـ(قَدۡ) حَرۡفُ تَقۡرِيبٍ. وَ(قَامَ) فِعۡلٌ مَاضٍ؛ بِدَلِيلِ دُخُولِ (قَدۡ) عَلَيۡهِ. وَالۡمَعۡنَى: قَرُبَ وَقۡتُ قِيَامِهَا.
Adapun قَدۡ adalah tanda yang bisa masuk ke fi'il madhi dan mudhari'. Jika masuk kepada fi'il madhi, maka ia menunjukkan salah satu dari dua makna: 
  1. Tahqiq, yaitu terealisasinya terjadinya suatu perbuatan, contoh: قَدۡ سَافَرَ عَلِيٌّ dan firman Allah ta'ala: قَدۡ أَفۡلَحَ الۡمُؤۡمِنُونَ (QS. Al-Mu`minun: 1). Jadi, قَدۡ adalah huruf tahqiq. Dan setiap dari سَافَرَ dan أَفۡلَحَ adalah fi'il madhi, dengan alasan diawali oleh قَدۡ. Sehingga maknanya: Sungguh telah terjadi safarnya 'Ali dan keberuntungan orang-orang mukmin. 
  2. Taqrib, yaitu dekatnya terjadinya perbuatan. Contoh: قَدۡ قَامَتِ الصَّلَاةُ. Jadi قَدۡ adalah huruf taqrib. Dan قَامَ adalah fi'il madhi dengan alasan diawali oleh قَدۡ. Maknanya adalah telah dekat waktu pelaksanaan shalat. 
وَإِنۡ دَخَلَتۡ عَلَى الۡمُضَارِعِ دَلَّتۡ عَلَى أَحَدِ مَعۡنَيَيۡنِ أَيۡضًا:
أَحَدُهُمَا: (التَّقۡلِيلُ) أَيۡ: تَقۡلِيلُ وُقُوعِ الۡفِعۡلِ نَحۡوُ: (قَدۡ يَنۡجَحُ الۡكَسُولُ) وَ(قَدۡ يَجُودُ الۡبَخِيلُ). فَـ(قَدۡ) حَرۡفُ تَقۡلِيلٍ. وَكُلٌّ مِنۡ (يَنۡجَحُ وَيَجُودُ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ؛ بِدَلِيلِ دُخُولِ (قَدۡ) عَلَيۡهِ. وَالۡمَعۡنَى: يَقِلُّ نَجَاحُ الۡكَسُولِ وَجُودُ الۡبَخِيلِ.
الثَّانِي: (التَّكۡثِيرُ) أَيۡ: تَكۡثِيرُ وُقُوعِ الۡفِعۡلِ نَحۡوُ: (قَدۡ يَنۡجَحُ الۡمُجۡتَهِدُ) وَ(قَدۡ يَجُودُ الۡكَرِيمُ) فَـ(قَدۡ) حَرۡفُ تَكۡثِيرٍ. وَكُلٌّ مِنۡ (يَنۡجَحُ وَيَجُودُ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ؛ بِدَلِيلِ دُخُولِ (قَدۡ) عَلَيۡهِ، أَيۡ يَكۡثُرُ نَجَاحُ الۡمُجۡتَهِدِ وَجُودُ الۡكَرِيمِ.
Dan apabila masuk kepada fi'il mudhari' menunjukkan salah satu dari dua makna pula: 
  1. Taqlil, yakni: jarangnya terjadi suatu perbuatan. Contoh: قَدۡ يَنۡجَحُ الۡكَسُولُ dan قَدۡ يَجُودُ الۡبَخِيلُ. Jadi قَدۡ adalah huruf taqlil. Setiap dari يَنۡجَحُ dan يَجُودُ adalah fi'il mudhari' dengan alasan diawali oleh قَدۡ. Maknanya: Jarang terjadi kelulusan orang malas dan kedermawanan orang pelit. 
  2. Taktsir, yakni: sering terjadi suatu perbuatan. Contoh: قَدۡ يَنۡجَحُ الۡمُجۡتَهِدُ dan قَدۡ يَجُودُ الۡكَرِيمُ. Jadi قَدۡ adalah huruf taktsir. Dan setiap dari يَنۡجَحُ dan يَجُودُ adalah fi'il mudhari' dengan alasan diawali oleh قَدۡ. Yakni sering terjadi kelulusan orang yang giat dan kedermawanan orang yang pemurah. 
تَنۡبِيهٌ: قَدۡ يَدۡخُلُ حَرۡفُ (قَدۡ) عَلَى الۡفِعۡلِ الۡمُضَارِعِ فَيُفِيدُ التَّحۡقِيقَ نَحۡوُ قَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿قَدۡ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجۡهِكَ فِي السَّمَآءِ﴾ [البقرة: ١٤٤] فَـ(قَدۡ) فِي هَٰذِهِ الۡآيَةِ وَنَحۡوِهَا حَرۡفُ تَحۡقِيقٍ. وَ(نَرَىٰ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ. وَالۡمَعۡنَى: تَحَقَّقَتۡ رُؤۡيَتُنَا تَقَلُّبَ وَجۡهِكَ.
Perhatian: Terkadang huruf قَدۡ masuk pada fi'il mudhari' dan bermakna tahqiq. Contohnya adalah firman Allah ta'ala: قَدۡ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجۡهِكَ فِي السَّمَآءِ (QS. Al-Baqarah: 144). Jadi قَدۡ di dalam ayat ini dan semisalnya adalah huruf tahqiq. Dan نَرَىٰ adalah fi'il mudhari'. Maknanya adalah telah terjadi penglihatan Kami terhadap berbolak-baliknya wajah engkau.
وَأَمَّا (السِّينُ) فَإِنَّهَا عَلَامَةٌ تَخۡتَصُّ بِالۡمُضَارِعِ وَتَدُلُّ عَلَى التَّنۡفِيسِ -وَهُوَ الۡمُسۡتَقۡبِلُ الۡقَرِيبُ- نَحۡوُ: (سَيَقُومُ زَيۡدٌ) أَيۡ: فِي الۡمُسۡتَقۡبِلِ الۡقَرِيبِ. قَالَ تَعَالَى: ﴿سَيَقُولُ السُّفَهَآءُ مِنَ النَّاسِ﴾ [البقرة: ١٤٢] فَـ(السِّينُ) حَرۡفُ تَنۡفِيسٍ. وَكُلٌّ مِنۡ (يَقُومُ وَيَقُولُ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ؛ بِدَلِيلِ دُخُولِ (السِّينِ) عَلَيۡهِ.
Adapun huruf sin, maka ia adalah tanda yang khusus untuk fi'il mudhari' dan menunjukkan kepada tanfis, yaitu masa mendatang yang dekat. Contoh: سَيَقُومُ زَيۡدٌ yakni sebentar lagi. Allah ta'ala berfirman: سَيَقُولُ السُّفَهَآءُ مِنَ النَّاسِ (QS. Al-Baqarah: 142). Jadi huruf sin adalah huruf tanfis. Dan setiap dari يَقُومُ dan يَقُولُ adalah fi'il mudhari' dengan alasan diawali oleh huruf sin.
وَأَمَّا (سَوۡفَ) فَإِنَّهَا عَلَامَةٌ تَخۡتَصُّ بِالۡمُضَارِعِ أَيۡضًا وَتَدُلُّ عَلَى التَّسۡوِيفِ -وَهُوَ الۡمُسۡتَقۡبِلُ الۡبَعِيدُ- نَحۡوُ: (سَوۡفَ يَقُومُ زَيۡدٌ) أَيۡ: فِي الۡمُسۡتَقۡبِلِ الۡبَعِيدِ. قَالَ تَعَالَى: ﴿سَوۡفَ يُؤۡتِيهِمۡ أُجُورَهُمۡ﴾ [النساء: ١٥٢] فَـ(سَوۡفَ) حَرۡفُ تَسۡوِيفٍ. وَكُلٌّ مِنۡ (يَقُومُ وَيُؤۡتِي) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ؛ بِدَلِيلِ دُخُولِ (سَوۡفَ) عَلَيۡهِ.
Adapun سَوۡفَ adalah tanda khusus untuk fi'il mudhari' dan menunjukkan taswif, yaitu masa mendatang yang masih jauh. Contoh: سَوۡفَ يَقُومُ زَيۡدٌ yakni kelak. Allah ta'ala berfirman: سَوۡفَ يُؤۡتِيهِمۡ أُجُورَهُمۡ (QS. An-Nisa`: 152). Jadi سَوۡفَ adalah huruf taswif. Setiap dari يَقُومُ dan يُؤۡتِي adalah fi'il mudhari' dengan alasan diawali oleh سَوۡفَ.
وَأَمَّا (تَاءُ التَّأۡنِيثِ السَّاكِنَةُ) فَإِنَّهَا عَلَامَةٌ تَخۡتَصُّ بِالۡمَاضِي، وَتَدُلُّ عَلَى تَأۡنِيثِ الۡفَاعِلِ، كَمَا فِي نَحۡوِ: (قَامَتۡ هِنۡدٌ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿وَجَآءَتۡ سَكۡرَةُ الۡمَوۡتِ بِالۡحَقِّ﴾ [ق: ١٩] فَكُلٌّ مِنۡ (قَامَ وَجَاءَ) فِعۡلٌ مَاضٍ؛ بِدَلِيلِ لُحُوقِ تَاءِ التَّأۡنِيثِ بِهِ.
وَقَوۡلُهُ (السَّاكِنَةُ) أَيۡ: فِي أَصۡلِ الۡوَضۡعِ؛ فَلَا يَضُرُّ تَحۡرِيكُهَا لِعَارِضٍ كِالتَّخَلُّصِ مِنَ الۡتِقَاءِ السَّاكِنَيۡنِ نَحۡوُ قَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿قَالَتِ امۡرَأَتُ الۡعَزِيزِ﴾ [يوسف: ٥١] فَـ(قَالَ) فِعۡلٌ مَاضٍ وَ(التَّاءُ) تَاءُ التَّأۡنِيثِ السَّاكِنَةُ، وَإِنَّمَا حُرِكَتۡ بِالۡكَسۡرِ؛ لِالۡتِقَاءِ السَّاكِنَيۡنِ، وَهُمَا: التَّاءُ وَالۡمِيمُ.
Adapun huruf ta` ta`nits yang disukun adalah tanda khusus untuk fi'il madhi dan menunjukkan muannatsnya fa'il. Sebagaimana pada contoh: قَامَتۡ هِنۡدٌ dan firman Allah ta'ala: وَجَآءَتۡ سَكۡرَةُ الۡمَوۡتِ بِالۡحَقِّ (QS. Qaf: 19). Jadi setiap dari قَامَ dan جَاءَ adalah fi'il madhi dengan bukti diakhiri oleh huruf ta` ta`nits.
Ucapan beliau: “yang disukun” yakni pada asal katanya. Jadi, tidak masalah mengharakatinya karena ada yang memalingkannya seperti membersihkan pertemuan dua sukun. Contohnya firman Allah ta'ala: قَالَتِ امۡرَأَةُ الۡعَزِيزِ (QS. Yusuf: 51). Jadi قَالَ adalah fi'il madhi dan huruf ta` adalah ta` ta`nits yang disukun. Huruf ta` tersebut diberi harakat kasrah hanya karena bertemunya dua sukun. Yaitu: sukun di huruf ta` dan huruf mim.
وَالۡحَاصِلُ مِمَّا سَبَقَ: أَنَّ عَلَامَاتِ الۡفِعۡلِ الۡمُتَقَدِّمَةِ تَنۡقَسِمُ إِلَى ثَلَاثَةِ أَقۡسَامٍ:
١) قِسۡمٌ مُخۡتَصٌّ بِالۡمَاضِي: وَهُوَ (تَاءُ التَّأۡنِيثِ السَّاكِنَةُ).
٢) وَقِسۡمٌ مُخۡتَصٌّ بِالۡمُضَارِعِ: وَهُوَ (السِّينُ وَسَوۡفَ).
٣) وَقِسۡمٌ مُشۡتَرِكٌ بَيۡنَهُمَا: وَهُوَ (قَدۡ).
Kesimpulannya bahwa tanda-tanda fi'il yang telah berlalu adalah terbagi menjadi tiga bagian: 
  1. Bagian yang khusus untuk fi'il madhi, yaitu huruf ta` ta`nits yang disukun. 
  2. Bagian yang khusus untuk fi'il mudhari', yaitu huruf sin dan سَوۡفَ. 
  3. Bagian yang bisa untuk keduanya, yaitu قَدۡ. 
تَنۡبِيهَاتٌ:
الۡأَوَّلُ: سَكَتَ الۡمُصَنِّفُ عَنۡ عَلَامَةِ فِعۡلِ الۡأَمۡرِ، وَعَلَامَتُهُ مُرَكَّبَةٌ مِنۡ أَمۡرَيۡنِ: أَحَدِهِمَا: أَنۡ يَدُلَّ عَلَى الطَّلَبِ. وَالثَّانِي: أَنۡ يَقۡبَلَ يَاءَ الۡمُؤَنَّثَةِ الۡمُخَاطَبَةَ. نَحۡوُ: (اجۡتَهِدۡ يَا زَيۡدُ) فَـ(اجۡتَهِدۡ) فِعۡلُ أَمۡرٍ؛ لِأَنَّهُ دَلَّ عَلَى الطَّلَبِ. وَهُوَ تَحۡصِيلُ الۡاجۡتِهَادِ، وَيَقۡبَلُ يَاءَ الۡمُؤَنَّثَةِ الۡمُخَاطَبَةَ، تَقُولُ إِذَا أَمَرۡتَ الۡمَرۡأَةَ: (اجۡتَهِدِي يَا هِنۡدُ)، قَالَ تَعَالَى: ﴿وَاسۡتَغۡفِرۡ لِذَنۡبِكَ﴾ [محمد: ١٩] وَ﴿وَاسۡتَغۡفِرِي لِذَنۡبِكِ﴾ [يوسف: ٢٩].
Perhatian:
1. Penulis tidak menyebutkan tanda fi'il amr. Tandanya adalah tersusun dari dua perkara: 
  • Menunjukkan suatu tuntutan. 
  • Menerima huruf ya` muannats mukhathabah. 
Contoh: اجۡتَهِدۡ يَا زَيۡدُ. Maka اجۡتَهِدۡ adalah fi'il amr karena menunjukkan tuntutan, yaitu pewujudan kesungguh-sungguhan, dan menerima huruf ya` muannats mukhathabah. Engkau katakan jika engkau menyuruh seorang perempuan: اجۡتَهِدِي يَا هِنۡدُ. Allah ta'ala berfirman: وَاسۡتَغۡفِرۡ لِذَنۡبِكَ (QS. Muhammad: 19) dan وَاسۡتَغۡفِرِي لِذَنۡبِكِ (QS. Yusuf: 29).
الثَّانِي: يَكۡفِي فِي الۡحُكۡمِ عَلَى الۡكَلِمَةِ بِأَنَّهَا فِعۡلٌ عَلَامَةٌ وَاحِدَةٌ، وَقَدۡ تَجۡتَمِعُ فِيهَا أَكۡثَرُ مِنۡ عَلَامَةٍ، نَحۡوُ: (قَدۡ غَرَبَتِ الشَّمۡسُ)، فَـ(غَرَبَ) فِعۡلٌ مَاضٍ؛ بِدَلِيلِ دُخُولِ (قَدۡ) عَلَيۡهِ مِنۡ أَوَّلِهِ، وَلُحُوقِ تَاءِ التَّأۡنِيثِ مِنۡ آخِرِهِ.
2. Di dalam menghukumi suatu kata sebagai fi'il cukup dengan adanya satu tanda. Dan terkadang terkumpul pada satu kata lebih dari satu tanda. Contoh: قَدۡ غَرَبَتِ الشَّمۡسُ. Jadi غَرَبَ adalah fi'il madhi dengan bukti diawali oleh قَدۡ di awal kata dan diakhiri dengan huruf ta` ta`nits yang disukun.
الثَّالِثُ: عَلَامَةُ الۡفِعۡلِ إِنۡ كَانَتۡ مَوۡجُودَةً فِيهِ، نَحۡوُ: (قَدۡ سَافَرَ عَلِيٌّ)، وَإِنَّكَ تَقُولُ: (سَافَرَ) فِعۡلٌ مَاضٍ؛ لِوُجُودِ عَلَامَةِ الۡفِعۡلِ فِيهِ، وَهِيَ: (قَدۡ) مِنۡ أَوَّلِهِ، وَإِنۡ كَانَتۡ غَيۡرَ مَوۡجُودَةٍ فِيهِ، نَحۡوُ: (سَافَرَ عَلِيٌّ)، فَإِنَّكَ تَقُولُ: (سَافَرَ) فِعۡلٌ مَاضٍ؛ لِأَنَّهُ يَقۡبَلُ عَلَامَةَ الۡفِعۡلِ، وَهِيَ: (قَدۡ) مِنۡ أَوَّلِهِ، نَحۡوُ: (قَدۡ سَافَرَ عَلِيٌّ)، وَتَاءُ التَّأۡنِيثِ السَّاكِنَةُ مِنۡ آخِرِهِ، فِي نَحۡوِ: (سَافَرَتۡ هِنۡدٌ).
3. Tanda fi'il itu jika ada padanya, seperti pada contoh: قَدۡ سَافَرَ عَلِيٌّ, maka cara i'rabnya engkau katakan: سَافَرَ adalah fi'il madhi karena adanya tanda fi'il yaitu قَدۡ di awal katanya. Dan apabila tidak ada tanda fi'ilnya, seperti: سَافَرَ عَلِيٌّ, maka engkau katakan: سَافَرَ adalah fi'il madhi, karena ia bisa menerima tanda fi'il, yaitu قَدۡ di awal katanya, misal: قَدۡ سَافَرَ عَلِيٌّ dan bisa menerima huruf ta` ta`nits yang disukun di akhir kata, misal: سَافَرَتۡ هِنۡدٌ.


Lihat juga: