Cari Blog Ini

At-Tuhfatus Saniyyah - Syarat-syarat Hal dan Shahibul Hal

شُرُوطُ الۡحَالِ وَشُرُوطُ صَاحِبِهَا

وَلَا يَكُونُ إِلَّا نَكِرَةً، وَلَا يَكُونُ إِلَّا بَعْدَ تَمَامِ الْكَلَامِ، وَلَا يَكُونُ صَاحِبُهَا إِلَّا مَعْرِفَةً.
Hal hanya bisa berupa isim nakirah, terletak setelah sempurnanya kalimat, dan shahibul halnya berupa isim ma’rifah.
وَأَقُولُ: يَجِبُ فِي الۡحَالِ أَنۡ يَكُونَ نَكِرَةً، وَلَا يَجُوزُ أَنۡ يَكُونَ مَعۡرِفَةً، وَإِذَا جَاءَ تَرۡكِيبٌ فِيهِ الۡحَالُ مَعۡرِفَةً فِي الظَّاهِرِ، فَإِنَّهُ يَجِبُ تَأۡوِيلُ هَٰذِهِ الۡمَعۡرِفَةِ بِنَكِرَةٍ مِثۡل قَوۡلِهِمۡ: (جَاءَ الۡأَمِيرُ وَحۡدَهُ)، فَإِنَّ (وَحۡدَهُ) حَالٌ مِنَ الۡأَمِيرِ، وَهُوَ مَعۡرِفَةٌ بِالۡإِضَافَةِ إِلَى الضَّمِيرِ، وَلَكِنَّهُ فِي تَأۡوِيلِ نَكِرَةٍ هِيَ قَوۡلُكَ: (مُنۡفَرِدًا) فَكَأَنَّكَ قُلۡتَ: (جَاءَ الۡأَمِيرُ مُنۡفَرِدًا)، وَمِثۡلُ قَوۡلِهِمۡ: (أَرۡسَلَهَا الۡعِرَاكَ)، أَيۡ: مُعۡتَرِكَةً، وَ (جَاءُوا الۡأَوَّلَ فَالۡأَوَّلَ) أَيۡ مُتَرَتِّبِينَ.
Hal harus berupa isim nakirah, tidak boleh berupa isim ma’rifah. Apabila datang susunan kalimat yang padanya ada hal yang berupa isim ma’rifah secara zhahir, maka wajib menta`wil isim ma’rifah ini dengan isim nakirah. Contoh ucapan mereka: جَاءَ الۡأَمِيرُ وَحۡدَهُ, maka sesungguhnya وَحۡدَهُ adalah hal dari الۡأَمِيرُ dan ia berupa isim ma’rifah karena idhafah kepada dhamir. Akan tetapi ia, dalam ta`wil nakirah, adalah ucapanmu: مُنۡفَرِدًا (sendirian). Sehingga seakan-akan engkau mengatakan: جَاءَ الۡأَمِيرُ مُنۡفَرِدًا. Dan semisal perkataan mereka: أَرۡسَلَهَا الۡعِرَاكَ (ia menggiring unta-unta menuju air dalam keadaan unta-unta tersebut berdesak-desakan). Dan جَاءُوا الۡأَوَّلَ فَالۡأَوَّلَ yakni berurutan.
وَالۡأَصۡلُ فِي الۡحَالِ أَنۡ يَجِيءَ بَعۡدَ اسۡتِيفَاءِ الۡكَلَامِ، وَمَعۡنَى اسۡتِيفَاءِ الۡكَلَامِ: أَنۡ يَأۡخُذَ الۡفِعۡلُ فَاعِلَهُ وَالۡمُبۡتَدَأُ خَبَرَهُ.
وَرُبَّمَا وَجَبَ تَقۡدِيمُ الۡحَالِ عَلَى جَمِيعِ أَجۡزَاءِ الۡكَلَامِ، كَمَا إِذَا كَانَ الۡحَالُ اسۡمَ اسۡتِفۡهَامٍ، نَحۡوُ: (كَيۡفَ قَدِمَ عَلِيٌّ) فَكَيۡفَ: اسۡمُ اسۡتِفۡهَامٍ مَبۡنِيٌّ عَلَى الۡفَتۡحِ فِي مَحَلِّ نَصۡبٍ حَالٌ مِنۡ عَلِيٍّ، وَلَا يَجُوزُ تَأۡخِيرُ اسۡمِ الۡاسۡتِفۡهَامِ.
Asal hal adalah terletak setelah sempurnanya kalimat. Makna sempurnanya kalimat adalah: fi’il sudah ada fa’ilnya dan mubtada` sudah ada khabarnya. Terkadang wajib mendahulukan hal dari seluruh bagian-bagian kalimat lainnya. Sebagaimana jika hal berupa isim istifham (kata tanya). Contoh: كَيۡفَ قَدِمَ عَلِيٌّ. Di sini كَيۡفَ adalah kata tanya mabni di atas tanda fathah pada kedudukan nashab sebagai hal dari ‘Ali. Dan kata tanya tidak boleh diakhirkan.
وَيُشۡتَرَطُ فِي صَاحِبِ الۡحَالِ أَنۡ يَكُونَ مَعۡرِفَةً، فَلَا يَجُوزُ أَنۡ يَكُونَ نَكِرَةً بِغَيۡرِ مُسَوِّغٍ.
وَمِمَّا يُسَوِّغُ مَجِيءَ الۡحَالِ مِنَ النَّكِرَةِ أَنۡ تَتَقَدَّمَ الۡحَالُ عَلَيۡهَا، كَقَوۡلِ الشَّاعِرِ:
لِمَيَّةَ مُوحِشًا طَلَلُ     يَلُوحُ كَأَنَّهُ خِلَلُ
فَمُوحِشًا: حَالٌ مِنۡ (طَلَل)، وَطَلَلٌ نَكِرَةٌ، وَسَوَّغَ مَجِيءَ الۡحَالِ مِنۡهُ تَقَدُّمُهَا عَلَيۡهِ.
وَمِمَّا يُسَوِّغُ مَجِيءَ الۡحَالِ مِنَ النَّكِرَةِ أَنۡ تُخَصَّصَ هَٰذِهِ النَّكِرَةُ بِإِضَافَةٍ أَوۡ وَصۡفٍ فَمِثَالُ الۡأَوَّلِ قَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿فِي أَرۡبَعَةِ أَيَّامٍ سَوَاءً﴾ فَسَوَاءً: حَالٌ مِنۡ (أَرۡبَعَةِ) وَهُوَ نَكِرَةٌ، وَسَاغَ مَجِيءَ الۡحَالِ مِنۡهَا لِكَوۡنِهَا مُضَافَةً، وَمِثَالُ الثَّانِي قَوۡلُ الشَّاعِرِ:
نَجَّيۡتَ يَا رَبِّ نُوحًا وَاسۡتَجَبۡتَ لَهُ    فِي فُلُكٍ مَاخِرِ فِي الۡيَمِّ مِشۡحُونًا
Shahibul hal disyaratkan berupa isim ma’rifah, tidak boleh berupa nakirah jika tidak ada sesuatu yang membolehkan. Termasuk hal yang membolehkan shahibul hal berupa nakirah adalah didahulukannya hal sebelum shahibul halnya. Seperti ucapan penyair:
لِمَيَّةَ مُوحِشًا طَلَلُ     يَلُوحُ كَأَنَّهُ خِلَلُ
Mayyah memiliki benda peninggalan rumah yang tidak berpenghuni… yang bersinar seakan-akan ia adalah bagian dalam pembungkus sarung pedang yang terukir dari emas.
Di sini مُوحِشًا adalah hal dari طَلَل dan طَلَل adalah isim nakirah. Yang membolehkan shahibul hal dari isim nakirah adalah didahulukannya hal sebelum shahibul hal.
Termasuk yang membolehkan shahibul hal dari isim nakirah adalah dikhususkannya isim nakirah ini dengan idhafah atau sifat. Contoh dengan idhafah adalah firman Allah ta’ala: فِي أَرۡبَعَةِ أَيَّامٍ سَوَاءً. Di sini سَوَاءً adalah hal dari أَرۡبَعَة dan ia berupa nakirah. Dan boleh shahibul hal dari isim nakirah karena ia diidhafahkan. Contoh dengan sifat adalah ucapan penyair:
نَجَّيۡتَ يَا رَبِّ نُوحًا وَاسۡتَجَبۡتَ لَهُ    فِي فُلُكٍ مَاخِرِ فِي الۡيَمِّ مَشۡحُونًا
Wahai Rabbku, Engkau telah menyelamatkan Nuh dan Engkau perkenankan doanya… di dalam perahu yang mengarungi laut dalam keadaan perahu itu penuh muatan.


Lihat pula: