Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Penggantian Huruf Wawu dari Dhammah

نِيَابَةُ الۡوَاوِ عَنِ الضَّمَّةِ

قَالَ: وَأَمَّا الۡوَاوُ فَتَكُونُ عَلَامَةً لِلرَّفۡعِ فِي مَوۡضِعَيۡنِ: فِي جَمۡعِ الۡمُذَكَّرِ السَّالِمِ، وَفِي الۡأَسۡمَاءِ الۡخَمۡسَةِ، وَهِيَ: أَبُوكَ، وَأَخُوكَ، وَحَمُوكِ، وَفُوكَ، وَذُو مَالٍ.
Adapun wawu menjadi tanda rafa' di dua tempat: di jamak mudzakkar salim dan di asma`ul khamsah, yaitu: أَبُوكَ, أَخُوكَ, حَمُوكِ, فُوكَ, dan ذُو مَالٍ.
أَقُولُ: لَمَّا أَنۡهَى الۡمُصَنِّفُ الۡكَلَامَ عَلَى الضَّمَّةِ أَخَذَ يَتَكَلَّمُ عَلَى مَا يَنُوبُ عَنۡهَا مُقَدِّمًا الۡوَاوَ عَلَى غَيۡرِهَا، فَذَكَرَ أَنَّهَا تَكُونُ عَلَامَةً عَلَى رَفۡعِ الۡكَلِمَةِ فِي مَوۡضِعَيۡنِ:
Tatkala penyusun selesai membicarakan dhammah, beliau mulai membicarakan pengganti dhammah dengan memulai dengan wawu daripada yang lainnya. Beliau menyebutkan bahwa wawu merupakan tanda rafa' suatu kata di dua tempat.
أَحَدُهُمَا: جَمۡعُ الۡمُذَكَّرِ السَّالِمُ وَهُوَ (كُلُّ اسۡمٍ دَلَّ عَلَى أَكۡثَرَ مِنَ اثۡنَيۡنِ بِزِيَادَةٍ فِي آخِرِهِ، صَالِحٌ لِلتَّجۡرِيدِ عَنۡ هَٰذِهِ الزِّيَادَةِ، وَعَطۡفِ مِثۡلِهِ عَلَيۡهِ) نَحۡوُ: (جَاءَ الزَّيۡدُونَ) وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿فَرِحَ الۡمُخَلَّفُونَ﴾ [التوبة: ٨١] فَكُلٌّ مِنۡ (الزَّيۡدُونَ وَالۡمُخَلَّفُونَ) جَمۡعُ مُذَكَّرٍ سَالِمٌ؛ لِأَنَّهُ اسۡمٌ دَلَّ عَلَى أَكۡثَرَ مِنَ اثۡنَيۡنِ، بِسَبَبِ زِيَادَةٍ فِي آخِرِهِ. وَهِيَ (الۡوَاوُ وَالنُّونُ) فِي هَٰذَيۡنِ الۡمِثَالَيۡنِ وَ(الۡيَاءُ وَالنُّونُ) فِي نَحۡوِ (رَأَيۡتُ الزَّيۡدِينَ وَمَرَرۡتُ بِالزَّيۡدِينَ) وَصَالِحٌ لِلتَّجۡرِيدِ أَيۡ التَّفۡرِيقِ فَتَقُولُ (زَيۡدٌ وَزَيۡدٌ وَزَيۡدٌ)، وَ(مُخَلَّفٌ وَمُخَلَّفٌ وَمُخَلَّفٌ)، وَصَالِحٌ لِعَطۡفِ مِثۡلِهِ عَلَيۡهِ. كَمَا رَأَيۡتَ فِي هَٰذَيۡنِ الۡمِثَالَيۡنِ.
فَكُلٌّ مِنۡ (الزَّيۡدُونَ وَالۡمُخَلَّفُونَ) فَاعِلٌ مَرۡفُوعٌ وَعَلَامَةُ رَفۡعِهِ الۡوَاوُ نِيَابَةً عَنِ الضَّمَّةِ؛ لِأَنَّهُ جَمۡعُ مُذَكَّرٍ سَالِمٌ. وَالنُّونُ عِوَضٌ عَنِ التَّنۡوِينِ فِي الۡاسۡمِ الۡمُفۡرَدِ.
وَسُمِّيَ هَٰذَا الۡجَمۡعُ سَالِمًا؛ لِسَلَامَةِ مُفۡرَدِهِ مِنَ التَّكۡسِيرِ.
Tempat pertama adalah jamak mudzakkar salim, yaitu setiap isim yang menunjukkan lebih dari dua dengan tambahan di akhir kata. Di mana boleh untuk menanggalkan tambahan ini dengan mengathafkan semisal kata itu kepadanya. Contoh: جَاءَ الزَّيۡدُونَ dan firman Allah ta'ala: فَرِحَ الۡمُخَلَّفُونَ (QS. At-Taubah: 81). Maka, setiap dari الزَّيۡدُونَ dan الۡمُخَلَّفُونَ adalah jamak mudzakkar salim karena ia merupakan isim yang menunjukkan lebih dari dua dengan sebab tambahan di akhir kata. Yaitu huruf wawu dan nun di dua contoh tersebut. Dan huruf ya` dan nun pada contoh: رَأَيۡتُ الزَّيۡدِينَ وَمَرَرۡتُ بِالزَّيۡدِينَ. Serta boleh untuk menanggalkannya, yaitu memisahkannya, sehingga engkau katakan زَيۡدٌ وَزَيۡدٌ وَزَيۡدٌ dan مُخَلَّفٌ وَمُخَلَّفٌ وَمُخَلَّفٌ. Serta boleh untuk mengathafkan semisalnya kepadanya sebagaimana engkau telah lihat di dua contoh ini.
Sehingga setiap dari الزَّيۡدُونَ dan الۡمُخَلَّفُونَ adalah fa'il marfu', tanda rafa'nya adalah wawu sebagai ganti dari dhammah karena ia merupakan jamak mudzakkar salim. Dan nun adalah ganti dari tanwin pada isim mufrad.
Dan jamak ini dinamakan salim karena bentuk mufradnya selamat dari perubahan.
الۡمَوۡضِعُ الثَّانِي: الۡأَسۡمَاءُ الۡخَمۡسَةُ وَهِيَ: أَبُوكَ، وَأَخُوكَ، وَحَمُوكِ، وَفُوكَ، وَذُو مَالٍ.
فَمِثَالُ الۡأَوَّلِ: قَوۡلُكَ: (حَضَرَ أَبُوكَ) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿قَالَ أَبُوهُمۡ﴾ [يوسف: ٩٤] وَ﴿وَأَبُونَا شَيۡخٌ كَبِيرٌ﴾ [القصص: ٢٣].
وَمِثَالُ الثَّانِي: قَوۡلُكَ: (نَجَحَ أَخُوكَ) وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿إِذۡ قَالَ لَهُمۡ أَخُوهُمۡ﴾ [الشعراء: ١٠٦].
وَمِثَالُ الثَّالِثِ: قَوۡلُكَ: (جَاءَ حَمُوكِ) بِكَسۡرِ الۡكَافِ كَمَا سَيَأۡتِي بَيَانُهُ.
وَمِثَالُ الرَّابِعِ: قَوۡلُكَ: (صَدَقَ فُوكَ).
وَمِثَالُ الۡخَامِسِ: قَوۡلُكَ: (زَيۡدٌ ذُو مَالٍ) أَيۡ: صَاحِبُ مَالٍ. وَقَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿وَاللهُ ذُو الۡفَضۡلِ الۡعَظِيمِ﴾ [البقرة: ١٠٥] فَكُلُّ وَاحِدٍ مِنۡ هَٰذِهِ الۡأَسۡمَاءِ مَرۡفُوعٌ وَعَلَامَةُ رَفۡعِهِ الۡوَاوُ نِيَابَةً عَنِ الضَّمَّةِ؛ لِأَنَّهُ مِنَ الۡأَسۡمَاءِ الۡخَمۡسَةِ وَهُوَ مُضَافٌ وَمَا بَعۡدَهُ مِنۡ ضَمِيرٍ أَوِ اسۡمٍ ظَاهِرٍ مُضَافٌ إِلَيۡهِ.
Tempat yang kedua adalah asma`ul khamsah, yaitu: أَبُوكَ, أَخُوكَ, حَمُوكِ, فُوكَ, dan ذُو مَالٍ.
Contoh pertama adalah ucapanmu: حَضَرَ أَبُوكَ dan firman Allah ta'ala: قَالَ أَبُوهُمۡ (QS. Yusuf: 94) dan وَأَبُونَا شَيۡخٌ كَبِيرٌ (QS. Al-Qashash: 23).
Contoh kedua adalah ucapanmu: نَجَحَ أَخُوكَ dan firman Allah ta'ala: إِذۡ قَالَ لَهُمۡ أَخُوهُمۡ (QS. Asy-Syu'ara`: 106).
Contoh ketiga adalah ucapanmu: جَاءَ حَمُوكِ dengan mengkasrah huruf kaf sebagaimana yang akan datang penjelasannya.
Contoh keempat adalah ucapanmu: صَدَقَ فُوكَ.
Contoh kelima adalah ucapanmu: زَيۡدٌ ذُو مَالٍ yakni mempunyai harta. Dan firman Allah ta'ala: وَاللهُ ذُو الۡفَضۡلِ الۡعَظِيمِ (QS. Al-Baqarah: 105). Jadi setiap satu dari isim-isim ini adalah marfu' dan tanda rafa'nya adalah wawu sebagai ganti dari dhammah karena ia termasuk asma`ul khamsah dan ia mudhaf. Dan kata setelahnya berupa dhamir atau isim zhahir adalah mudhaf ilaih.
وَقَوۡلُهُ: وَ(حَمُوكِ) هُوَ بِكَسۡرِ الۡكَافِ؛ لِأَنَّ (الۡحَمَ) اسۡمٌ لِأَقَارِبِ الزَّوۡجِ عَلَى الۡمَشۡهُورِ، وَقِيلَ: اسۡمٌ لِأَقَارِبِ الزَّوۡجَةِ. وَقِيلَ: مُشۡتَرِكٌ بَيۡنَهُمَا. فَهَٰذِهِ أَقۡوَالٌ ثَلَاثَةٌ. أَصَحُّهَا عِنۡدِي الۡقَوۡلُ الثَّالِثُ إِلَّا أَنَّ إِطۡلَاقَهُ عَلَى أَقَارِبِ الزَّوۡجِ أَكۡثَرَ وَاللهُ أَعۡلَمُ.
Dan ucapan beliau: حَمُوكِ dengan mengkasrah huruf kaf karena الۡحَم adalah nama untuk kerabat suami menurut pendapat yang masyhur. Dan dikatakan pula nama untuk kerabat istri. Dan dikatakan pula gabungan antara keduanya. Jadi inilah tiga pendapat. Yang paling shahih menurutku adalah pendapat ketiga. Namun memutlakkannya kepada kerabat suami lebih banyak digunakan. Wallahu a'lam.