الۡحَدِيثُ الثَّانِي وَالۡأَرۡبَعُونَ
٤٢ – عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَتَّكِىءُ فِي حِجۡرِي وَأَنَا حَائِضٌ فَيَقۡرَأُ الۡقُرۡآنَ[1].
42. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersandar di pangkuanku ketika aku sedang haid, lalu beliau membaca Al-Qur`an.
غَرِيبُ الۡحَدِيثِ:
-يَتَّكِىءُ فِي حِجۡرِي- (يَتَّكِىءُ) مَهۡمُوزٌ.
وَيَجُوزُ الۡفَتۡحُ وَالۡكَسۡرُ فِي الۡحَاءِ مِنۡ (حجۡرِي) وَهُمَا لُغَتَانِ.
Kosa kata asing di dalam hadits:
يَتَّكِىءُ فِي حِجۡرِي, fi’il يَتَّكِىءُ adalah mahmuz (kata yang huruf asalnya mengandung huruf hamzah).
Huruf ha` di kata حجۡرِي boleh difathah dan dikasrah. Dan keduanya merupakan dua cara pengucapan.
الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِي:
ذَكَرَتۡ عَائِشَةُ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ يَقۡرَأُ الۡقُرۡآنَ فِي حَجۡرِهَا وَهِيَ حَائِضٌ، مِمَّا يَدُلُّ عَلَى أَنَّ بَدَنَ الۡحَائِضِ طَاهِرٌ، لَمۡ يَنۡجُسۡ بِالۡحَيۡضِ.
Makna secara umum:
‘Aisyah menyebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membaca Al-Qur`an di pangkuannya ketika sedang haid. Hal ini termasuk dalil yang menunjukkan bahwa badan wanita haid adalah suci dan tidak najis karena haidnya.
مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:
١- جَوَازُ قِرَاءَةِ الۡقُرۡآنِ فِي حَجۡرِ الۡحَائِضِ، لِأَنَّهَا طَاهِرَةُ الۡبَدَنِ وَالثِّيَابِ.
٢- تَحۡرِيمُ قِرَاءَةِ الۡقُرۡآنِ عَلَى الۡحَائِضِ، أَخۡذًا مِنۡ تَوَهُّمِ امۡتِنَاعِ الۡقِرَاءَةِ فِي حَجۡرِ الۡحَائِضِ. قَالَهُ ابۡنُ دَقِيقِ الۡعِيدُ.
Faidah hadits:
- Bolehnya membaca Al-Qur`an di pangkuan wanita haid, karena ia suci badan dan pakaiannya.
- Haramnya membaca Al-Qur`an bagi wanita haid. Berdasarkan dari adanya prasangka dilarangnya membaca Al-Qur`an di pangkuan wanita haid. Ini diucapkan oleh Ibnu Daqiqil ‘Id.
[1] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٢٩٧) فِي الۡحَيۡضِ، وَ(٧٥٤٩) فِي التَّوۡحِيدِ، وَمُسۡلِمٌ (٣٠١) فِي الۡحَيۡضِ، وَرَوَاهُ أَيۡضًا أَبُو دَاوُدَ (٢٦٠) فِي الطَّهَارَةِ، وَابۡنُ مَاجَهۡ (٦٣٤) فِي الطَّهَارَةِ.