Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4680

٢ – بَابٌ ﴿وَجَاوَزْنَا بِبَنِي إِسْرَائِيلَ الْبَحْرَ فَأَتْبَعَهُمْ فِرْعَوْنُ وَجُنُودُهُ بَغْيًا وَعَدْوًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا أَدْرَكَهُ الْغَرَقُ قَالَ آمَنتُ أَنَّهُ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا الَّذِي آمَنَتْ بِهِ بَنُو إِسْرَائِيلَ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ﴾ ۝٩٠
2. Bab “Dan Kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Fir'aun dan bala tentaranya, karena hendak menganiaya dan menindas (mereka); hingga bila Fir'aun itu telah hampir tenggelam berkatalah dia: Saya beriman bahwa tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi melainkan Tuhan yang diimani oleh Bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).” (QS. Yunus: 90).

﴿نُنَجِّيكَ﴾ [٩٢] نُلۡقِيكَ عَلَى نَجۡوَةٍ مِنَ الۡأَرۡضِ، وَهُوَ النَّشَزُ: الۡمَكَانُ الۡمُرۡتَفِعُ.
“Kami selamatkan (badanmu)” (QS. Yunus: 92) artinya kami damparkan badanmu di atas sebuah tempat yang tinggi di muka bumi.
٤٦٨٠ – حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ: حَدَّثَنَا غُنۡدَرٌ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ أَبِي بِشۡرٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ ﷺ الۡمَدِينَةَ، وَالۡيَهُودُ تَصُومُ عَاشُورَاءَ، فَقَالُوا: هَٰذَا يَوۡمٌ ظَهَرَ فِيهِ مُوسَى عَلَى فِرۡعَوۡنَ، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ لِأَصۡحَابِهِ: (أَنۡتُمۡ أَحَقُّ بِمُوسَى مِنۡهُمۡ، فَصُومُوا). [طرفه في: ٢٠٠٤].
4680. Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepadaku: Ghundar menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami, dari Abu Bisyr, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbas, beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Madinah dan orang-orang Yahudi berpuasa hari Asyura. Mereka mengatakan: Ini adalah hari saat Musa menang terhadap Fir’aun. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada para sahabatnya, “Kalian lebih berhak terhadap Musa daripada mereka. Oleh karena itu, berpuasalah kalian.”