Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1760, 1761, dan 1762

١٧٦٠ – حَدَّثَنَا مُسۡلِمٌ: حَدَّثَنَا وُهَيۡبٌ: حَدَّثَنَا ابۡنُ طَاوُسٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: رُخِّصَ لِلۡحَائِضِ أَنۡ تَنۡفِرَ إِذَا أَفَاضَتۡ. [طرفه في: ٣٢٩].
1760. Muslim telah menceritakan kepada kami: Wuhaib menceritakan kepada kami: Ibnu Thawus menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan: Wanita yang sedang haid diberi keringanan untuk berangkat pergi (meninggalkan Makkah) apabila sudah tawaf ifadhah.
١٧٦١ – قَالَ وَسَمِعۡتُ ابۡنَ عُمَرَ يَقُولُ: إِنَّهَا لَا تَنۡفِرُ، ثُمَّ سَمِعۡتُهُ يَقُولُ بَعۡدُ: إِنَّ النَّبِيَّ ﷺ رَخَّصَ لَهُنَّ. [طرفه في: ٣٣٠].
1761. Thawus mengatakan: Dan aku mendengar Ibnu ‘Umar mengatakan: Sesungguhnya wanita yang sedang haid tidak boleh pergi. Kemudian setelah itu aku mendengar beliau mengatakan: Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi keringanan bagi mereka.
١٧٦٢ – حَدَّثَنَا أَبُو النُّعۡمَانِ: حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنۡ مَنۡصُورٍ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنِ الۡأَسۡوَدِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: خَرَجۡنَا مَعَ النَّبِيِّ ﷺ، وَلَا نُرَى إِلَّا الۡحَجَّ، فَقَدِمَ النَّبِيُّ ﷺ فَطَافَ بِالۡبَيۡتِ وَبَيۡنَ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ وَلَمۡ يَحِلَّ، وَكَانَ مَعَهُ الۡهَدۡيُ، فَطَافَ مَنۡ كَانَ مَعَهُ مِنۡ نِسَائِهِ وَأَصۡحَابِهِ، وَحَلَّ مِنۡهُمۡ مَنۡ لَمۡ يَكُنۡ مَعَهُ الۡهَدۡيُ، فَحَاضَتۡ هِيَ، فَنَسَكۡنَا مَنَاسِكَنَا مِنۡ حَجِّنَا، فَلَمَّا كَانَ لَيۡلَةُ الۡحَصۡبَةِ، لَيۡلَةُ النَّفَرِ، قَالَتۡ: يَا رَسُولَ اللهِ، كُلُّ أَصۡحَابِكَ يَرۡجِعُ بِحَجٍّ وَعُمۡرَةٍ غَيۡرِي، قَالَ: (مَا كُنۡتِ تَطُوفِينَ بِالۡبَيۡتِ لَيَالِيَ قَدِمۡنَا؟) قُلۡتُ: لَا، قَالَ: (فَاخۡرُجِي مَعَ أَخِيكِ إِلَى التَّنۡعِيمِ، فَأَهِلِّي بِعُمۡرَةٍ، وَمَوۡعِدُكِ مَكَانَ كَذَا وَكَذَا). فَخَرَجۡتُ مَعَ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ إِلَى التَّنۡعِيمِ، فَأَهۡلَلۡتُ بِعُمۡرَةٍ، وَحَاضَتۡ صَفِيَّةُ بِنۡتُ حُيَيٍّ، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (عَقۡرَى حَلۡقَى، إِنَّكِ لَحَابِسَتُنَا، أَمَا كُنۡتِ طُفۡتِ يَوۡمَ النَّحۡرِ؟) قَالَتۡ: بَلَى، قَالَ: (فَلَا بَأۡسَ، انۡفِرِي). فَلَقِيتُهُ مُصۡعِدًا عَلَى أَهۡلِ مَكَّةَ، وَأَنَا مُنۡهَبِطَةٌ، أَوۡ أَنَا مُصۡعِدَةٌ وَهُوَ مُنۡهَبِطٌ. وَقَالَ مُسَدَّدٌ: قُلۡتُ: لَا. تَابَعَهُ جَرِيرٌ، عَنۡ مَنۡصُورٍ، فِي قَوۡلِهِ: لَا. [طرفه في: ٢٩٤].
1762. Abun Nu’man telah menceritakan kepada kami: Abu ‘Awanah menceritakan kepada kami, dari Manshur, dari Ibrahim, dari Al-Aswad, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Kami pernah keluar bepergian bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kami hanya berpikiran haji. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba di Makkah, beliau tawaf di Kakbah, sai antara Shafa dan Marwah, dan beliau tidak tahalul. Waktu itu beliau membawa serta hewan sesembelihan haji. Waktu itu juga ada para istri dan sahabat beliau yang ikut tawaf bersama beliau. Di antara mereka yang tidak membawa hewan sembelihan haji bertahalul. ‘Aisyah mengalami haid. Lalu kami melakukan manasik ibadah haji. Ketika tiba malam Hashbah, yaitu malam nafar, ‘Aisyah mengatakan: Wahai Rasulullah, setiap sahabatmu kembali dengan haji dan umrah kecuali aku. Beliau bertanya, “Apa engkau belum tawaf di Kakbah pada malam-malam ketika kita tiba (di Makkah)?” Aku jawab: Belum. Beliau bersabda, “Keluarlah engkau bersama saudaramu ke Tan’im lalu mulailah ihram untuk umrah. Dan tempat pertemuanmu di tempat ini dan ini.” Aku pun keluar bersama ‘Abdurrahman ke Tan’im dan aku memulai ihram untuk umrah. Shafiyyah bintu Huyay mengalami haid, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Celaka! Engkau menghalangi kami. Apakah engkau sudah tawaf pada hari nahar?” Shafiyyah menjawab: Sudah. Beliau bersabda, “Kalau begitu tidak mengapa, pergilah!” Aku (‘Aisyah) bertemu Nabi ketika beliau naik ke tempat penduduk Makkah dalam keadaan aku sedang turun. Atau aku yang naik dan beliau sedang turun. Musaddad mengatakan: Aku berkata: Tidak. Jarir mengiringi Musaddad, dari Manshur, pada ucapannya: Tidak.