Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 970 dan 971

١٢ – بَابُ التَّكۡبِيرِ أَيَّامَ مِنًى، وَإِذَا غَدَا إِلَى عَرَفَةَ
12. Bab membaca takbir pada hari-hari Mina dan ketika berangkat pagi hari menuju Arafah

وَكَانَ عُمَرُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ يُكَبِّرُ فِي قُبَّتِهِ بِمِنًى، فَيَسۡمَعُهُ أَهۡلُ الۡمَسۡجِدِ فَيُكَبِّرُونَ، وَيُكَبِّرُ أَهۡلُ الۡأَسۡوَاقِ حَتَّى تَرۡتَجَّ مِنًى تَكۡبِيرًا. وَكَانَ ابۡنُ عُمَرَ يُكَبِّرُ بِمِنًى تِلۡكَ الۡأَيَّامَ وَخَلۡفَ الصَّلَوَاتِ، وَعَلَى فِرَاشِهِ وَفِي فُسۡطَاطِهِ وَمَجۡلِسِهِ وَمَمۡشَاهُ، تِلۡكَ الۡأَيَّامَ جَمِيعًا. وَكَانَتۡ مَيۡمُونَةُ تُكَبِّرُ يَوۡمَ النَّحۡرِ، وَكُنَّ النِّسَاءُ يُكَبِّرۡنَ خَلۡفَ أَبَانَ بۡنِ عُثۡمَانَ وَعُمَرَ بۡنِ عَبۡدِ الۡعَزِيزِ لَيَالِيَ التَّشۡرِيقِ مَعَ الرِّجَالِ فِي الۡمَسۡجِدِ.
‘Umar radhiyallahu ‘anhu bertakbir di kemahnya di Mina sehingga orang-orang di masjid mendengarnya lalu mereka ikut bertakbir. Orang-orang di pasar-pasar pun ikut bertakbir sehingga Mina bergemuruh karena suara takbir. Ibnu ‘Umar juga biasa membaca takbir di Mina pada hari-hari itu dan setelah selesai salat-salat, ketika sedang di atas ranjangnya, di dalam kemahnya, di majlisnya, dan di jalan yang dilaluinya, pada seluruh hari-hari itu. Maimunah pun membaca takbir pada hari nahar. Begitu pula para wanita membaca takbir di belakang Aban bin ‘Utsman dan ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz pada malam-malam tasyrik bersama para lelaki di dalam masjid.
٩٧٠ – حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيۡمٍ قَالَ: حَدَّثَنَا مَالِكُ بۡنُ أَنَسٍ قَالَ: حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ أَبِي بَكۡرٍ الثَّقَفِيُّ، قَالَ: سَأَلۡتُ أَنَسًا، وَنَحۡنُ غَادِيَانِ مِنۡ مِنًى إِلَى عَرَفَاتٍ، عَنِ التَّلۡبِيَةِ: كَيۡفَ كُنۡتُمۡ تَصۡنَعُونَ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ؟ قَالَ: كَانَ يُلَبِّي الۡمُلَبِّي لَا يُنۡكِرُ عَلَيۡهِ، وَيُكَبِّرُ الۡمُكَبِّرُ فَلَا يُنۡكِرُ عَلَيۡهِ. [الحديث ٩٧٠ – طرفه في: ١٦٥٩].
970. Abu Nu’aim telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Malik bin Anas menceritakan kepada kami, beliau berkata: Muhammad bin Abu Bakr Ats-Tsaqafi menceritakan kepadaku, beliau berkata: Aku bertanya kepada Anas –dalam keadaan kami berangkat pagi hari dari Mina menuju Arafah – mengenai talbiah: Bagaimana kalian dahulu melakukannya bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam? Anas menjawab: Dahulu ada yang membaca talbiah dan beliau tidak mengingkarinya. Ada pula yang membaca takbir dan beliau juga tidak mengingkarinya.
٩٧١ – حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ: حَدَّثَنَا عُمَرُ بۡنُ حَفۡصٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنۡ عَاصِمٍ، عَنۡ حَفۡصَةَ، عَنۡ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتۡ: كُنَّا نُؤۡمَرُ أَنۡ نَخۡرُجَ يَوۡمَ الۡعِيدِ، حَتَّى نُخۡرِجَ الۡبِكۡرَ مِنۡ خِذۡرِهَا، حَتَّى نُخۡرِجَ الۡحُيَّضَ، فَيَكُنَّ خَلۡفَ النَّاسِ، فَيُكَبِّرۡنَ بِتَكۡبِيرِهِمۡ، وَيَدۡعُونَ بِدُعَائِهِمۡ، يَرۡجُونَ بَرَكَةَ ذٰلِكَ الۡيَوۡمِ وَطُهۡرَتَهُ. [طرفه في: ٣٢٤].
971. Muhammad telah menceritakan kepada kami: ‘Umar bin Hafsh menceritakan kepada kami, beliau berkata: Ayahku menceritakan kepada kami, dari ‘Ashim, dari Hafshah, dari Ummu ‘Athiyyah, beliau mengatakan: Kami para wanita dahulu diperintahkan untuk keluar pada hari id. Sampai-sampai kami mengeluarkan perawan dari kamarnya. Sampai-sampai kami mengeluarkan para wanita yang sedang haid. Mereka berada di belakang orang-orang. Mereka membaca takbir dengan takbir mereka dan mereka berdoa dengan doa mereka. Mereka mengharapkan berkah dan penyucian dosa di hari itu.