١٦٥ – (١٢٢٦) – وَحَدَّثَنِي زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: حَدَّثَنَا الۡجُرَيۡرِيُّ، عَنۡ أَبِي الۡعَلَاءِ، عَنۡ مُطَرِّفٍ، قَالَ: قَالَ لِي عِمۡرَانُ بۡنُ حُصَيۡنٍ: إِنِّي لَأُحَدِّثُكَ بِالۡحَدِيثِ، الۡيَوۡمَ، يَنۡفَعُكَ اللهُ بِهِ بَعۡدَ الۡيَوۡمِ. وَاعۡلَمۡ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَدۡ أَعۡمَرَ طَائِفَةً مِنۡ أَهۡلِهِ فِي الۡعَشۡرِ، فَلَمۡ تَنۡزِلۡ آيَةٌ تَنۡسَخُ ذٰلِكَ، وَلَمۡ يَنۡهَ عَنۡهُ حَتَّىٰ مَضَىٰ لِوَجۡهِهِ. ارۡتَأَىٰ كُلُّ امۡرِىءٍ، بَعۡدُ، مَا شَاءَ أَنۡ يَرۡتَئِيَ.
165. (1226). Zuhair bin Harb telah menceritakan kepadaku: Isma’il bin Ibrahim menceritakan kepada kami: Al-Jurairi menceritakan kepada kami, dari Abul ‘Ala`, dari Mutharrif, beliau berkata: ‘Imran bin Hushain berkata kepadaku: Sungguh, aku benar-benar akan menceritakan kepadamu suatu hadis pada hari ini. Semoga Allah memberikan manfaat kepadamu dengan hadis ini setelah hari ini. Ketahuilah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah membolehkan sebagian keluarganya untuk berihram untuk umrah pada sepuluh Zulhijah dan tidak ada satu ayat pun yang turun menghapuskan hal itu dan beliau pun tidak melarangnya sampai beliau meninggal. Setelah itu, setiap orang bisa saja berpendapat dengan apa saja yang ia inginkan.
١٦٦ - (...) – وَحَدَّثَنَاهُ إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ وَمُحَمَّدُ بۡنُ حَاتِمٍ. كِلَاهُمَا عَنۡ وَكِيعٍ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنِ الۡجُرَيۡرِيِّ، فِي هٰذَا الۡإِسۡنَادِ.
وَقَالَ ابۡنُ حَاتِمٍ فِي رِوَايَتِهِ: ارۡتَأَىٰ رَجُلٌ بِرَأۡيِهِ مَا شَاءَ. يَعۡنِي عُمَرَ.
166. Ishaq bin Ibrahim dan Muhammad bin Hatim telah menceritakan hadis tersebut kepada kami. Masing-masing keduanya dari Waki’: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Al-Jurairi, pada sanad ini.
Ibnu Hatim berkata di dalam riwayatnya: Ada seseorang yang berpendapat dengan pendapat yang ia mau. Yakni ‘Umar.
١٦٧ – (...) – وَحَدَّثَنِي عُبَيۡدُ اللهِ بۡنُ مُعَاذٍ: حَدَّثَنَا أَبِي: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ حُمَيۡدِ بۡنِ هِلَالٍ، عَنۡ مُطَرِّفٍ قَالَ: قَالَ لِي عِمۡرَانُ بۡنُ حُصَيۡنٍ: أُحَدِّثُكَ حَدِيثًا عَسَى اللهُ أَنۡ يَنۡفَعَكَ بِهِ: إِنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ جَمَعَ بَيۡنَ حَجَّةٍ وَعُمۡرَةٍ، ثُمَّ لَمۡ يَنۡهَ عَنۡهُ حَتَّىٰ مَاتَ، وَلَمۡ يَنۡزِلۡ فِيهِ قُرۡآنٌ يُحَرِّمُهُ. وَقَدۡ كَانَ يُسَلَّمُ عَلَيَّ حَتَّى اكۡتَوَيۡتُ، فَتُرِكۡتُ، ثُمَّ تَرَكۡتُ الۡكَيَّ فَعَادَ.
127. ‘Ubaidullah bin Mu’adz telah menceritakan kepadaku: Ayahku menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami, dari Humaid bin Hilal, dari Mutharrif, beliau berkata: ‘Imran bin Hushain mengatakan kepadaku: Aku ceritakan kepadamu suatu hadis. Semoga Allah akan memberikan manfaatnya kepadamu: Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan antara haji dan umrah. Kemudian beliau tidak pernah melarangnya hingga beliau meninggal dan tidak ada satu ayat Alquran pun yang turun mengharamkannya. Dahulu, aku disalami (oleh malaikat) sampai aku berobat dengan cara kay, aku dibiarkan (tidak disalami lagi). Kemudian aku pun meninggalkan kay, maka malaikat kembali (menyalami).
١٦٨ – (...) – حَدَّثَنَاهُ مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى وَابۡنُ بَشَّارٍ. قَالَا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ حُمَيۡدِ بۡنِ هِلَالٍ قَالَ: سَمِعۡتُ مُطَرِّفًا قَالَ: قَالَ لِي عِمۡرَانُ بۡنُ حُصَيۡنٍ. بِمِثۡلِ حَدِيثِ مُعَاذٍ.
128. Muhammad ibnul Mutsanna dan Ibnu Basysyar telah menceritakannya kepada kami. Keduanya berkata: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami, dari Humaid bin Hilal, beliau berkata: Aku mendengar Mutharrif berkata: ‘Imran bin Hushain mengatakan kepadaku. Semisal hadis Mu’adz.
(...) – وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى وَابۡنُ بَشَّارٍ. قَالَ ابۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ، عَنۡ شُعۡبَةَ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ مُطَرِّفٍ قَالَ: بَعَثَ إِلَيَّ عِمۡرَانُ بۡنُ حُصَيۡنٍ فِي مَرَضِهِ الَّذِي تُوُفِّيَ فِيهِ، فَقَالَ: إِنِّي كُنۡتُ مُحَدِّثَكَ بِأَحَادِيثَ، لَعَلَّ اللهَ أَنۡ يَنۡفَعَكَ بِهَا بَعۡدِي، فَإِنۡ عِشۡتُ فَاكۡتُمۡ عَنِّي، وَإِنۡ مُتُّ فَحَدِّثۡ بِهَا إِنۡ شِئۡتَ: إِنَّهُ قَدۡ سُلِّمَ عَلَيَّ. وَاعۡلَمۡ أَنَّ نَبِيَّ اللهِ ﷺ قَدۡ جَمَعَ بَيۡنَ حَجٍّ وَعُمۡرَةٍ، ثُمَّ لَمۡ يَنۡزِلۡ فِيهَا كِتَابُ اللهِ، وَلَمۡ يَنۡهَ عَنۡهَا نَبِيُّ اللهِ ﷺ. قَالَ رَجُلٌ فِيهَا بِرَأۡيِهِ مَا شَاءَ.
Muhammad ibnul Mutsanna dan Ibnu Basysyar telah menceritakan kepada kami. Ibnul Mutsanna berkata: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami, dari Syu’bah, dari Qatadah, dari Mutharrif, beliau berkata: ‘Imran bin Hushain mengutus seseorang kepadaku ketika beliau mengalami sakit yang menyebabkan kematiannya. Beliau mengatakan: Sesungguhnya aku ingin menceritakan kepadamu dengan beberapa hadis. Semoga Allah akan memberikan manfaatnya kepadamu sepeninggalku. Apabila aku masih hidup, maka sembunyikan bahwa ini dariku. Namun jika aku sudah meninggal, maka ceritakanlah hadis tersebut jika engkau mau. Sungguh aku pernah disalami (oleh malaikat). Ketahuilah, bahwa Nabi Allah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan antara haji dan umrah. Kemudian tidak ada ayat dari kitab Allah yang turun (melarangnya) dan Nabi Allah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melarangnya. Ada seseorang yang mengatakan apa yang ia inginkan dalam hal ini dengan pendapatnya.
١٦٩ – (...) - وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: حَدَّثَنَا عِيسَى بۡنُ يُونُسَ: حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ أَبِي عَرُوبَةَ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنۡ مُطَرِّفِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الشِّخِّيرِ، عَنۡ عِمۡرَانَ بۡنِ الۡحُصَيۡنِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: اعۡلَمۡ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ جَمَعَ بَيۡنَ حَجٍّ وَعُمۡرَةٍ، ثُمَّ لَمۡ يَنۡزِلۡ فِيهَا كِتَابٌ، وَلَمۡ يَنۡهَنَا عَنۡهُمَا رَسُولُ اللهِ ﷺ. قَالَ فِيهَا رَجُلٌ بِرَأۡيِهِ مَا شَاءِ.
169. Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami: ‘Isa bin Yunus menceritakan kepada kami: Sa’id bin Abu ‘Arubah menceritakan kepada kami, dari Qatadah, dari Mutharrif bin ‘Abdullah ibnusy Syikhkhir, dari ‘Imran ibnul Hushain radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Ketahuilah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengumpulkan antara haji dan umrah, lalu tidak ada satu ayat pun dalam Kitab Allah yang turun (melarangnya) dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melarang kami darinya. Ada seseorang yang mengatakan yang ia kehendaki dalam masalah ini dengan pendapatnya.
١٧٠ – (...) – وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنِي عَبۡدُ الصَّمَدِ: حَدَّثَنَا هَمَّامٌ: حَدَّثَنَا قَتَادَةُ، عَنۡ مُطَرِّفٍ، عَنۡ عِمۡرَانَ بۡنِ حُصَيۡنٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: تَمَتَّعۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ، وَلَمۡ يَنۡزِلۡ فِيهِ الۡقُرۡآنُ. قَالَ رَجُلٌ بِرَأۡيِهِ مَا شَاءِ.
170. Muhammad ibnul Mutsanna telah menceritakan kepada kami: ‘Abdush Shamad menceritakan kepadaku: Hammam menceritakan kepada kami: Qatadah menceritakan kepada kami, dari Mutharrif, dari ‘Imran bin Hushain radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Kami pernah melakukan haji tamatuk bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan tidak ada ayat Alquran turun (melarang) tentangnya. Ada seseorang yang mengatakan apa yang ia mau dengan pendapatnya.
١٧١ – (...) – وَحَدَّثَنِيهِ حَجَّاجُ بۡنُ الشَّاعِرِ: حَدَّثَنَا عُبَيۡدُ اللهِ بۡنُ عَبۡدِ الۡمَجِيدِ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ مُسۡلِمٍ: حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ وَاسِعٍ، عَنۡ مُطَرِّفِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الشِّخِّيرِ، عَنۡ عِمۡرَانَ بۡنِ حُصَيۡنٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، بِهٰذَا الۡحَدِيثِ. قَالَ: تَمَتَّعَ نَبِيُّ اللهِ ﷺ وَتَمَتَّعۡنَا مَعَهُ.
171. Hajjaj ibnusy Sya’ir telah menceritakannya kepadaku: ‘Ubaidullah bin ‘Abdul Majid menceritakan kepada kami: Isma’il bin Muslim menceritakan kepada kami: Muhammad bin Wasi’ menceritakan kepadaku, dari Mutharrif bin ‘Abdullah ibnusy Syikhkhir, dari ‘Imran bin Hushain radhiyallahu ‘anhu, dengan hadis ini. Beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan haji tamatuk dan kami pun ikut haji tamatuk bersama beliau.
١٧٢ – (...) – حَدَّثَنَا حَامِدُ بۡنُ عُمَرَ الۡبَكۡرَاوِيُّ وَمُحَمَّدُ بۡنُ أَبِي بَكۡرٍ الۡمُقَدَّمِيُّ. قَالَا: حَدَّثَنَا بِشۡرُ بۡنُ الۡمُفَضَّلِ: حَدَّثَنَا عِمۡرَانُ بۡنُ مُسۡلِمٍ، عَنۡ أَبِي رَجَاءٍ قَالَ: قَالَ عِمۡرَانُ بۡنُ حُصَيۡنٍ: نَزَلَتۡ آيَةُ الۡمُتۡعَةِ فِي كِتَابِ اللهِ – يَعۡنِي مُتۡعَةَ الۡحَجِّ -. وَأَمَرَنَا بِهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ. ثُمَّ لَمۡ تَنۡزِلۡ آيَةٌ تَنۡسَخُ آيَةَ مُتۡعَةِ الۡحَجِّ، وَلَمۡ يَنۡهَ عَنۡهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ حَتَّىٰ مَاتَ. قَالَ رَجُلٌ بِرَأۡيِهِ، بَعۡدُ، مَا شَاءَ.
[البخاري: كتاب التفسير، باب: ﴿فمن تمتع بالعمرة إلى الحج﴾، رقم: ٤٥١٨].
172. Hamid bin ‘Umar Al-Bakrawi dan Muhammad bin Abu Bakr Al-Muqaddami telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Bisyr ibnul Mufadhdhal menceritakan kepada kami: ‘Imran bin Muslim menceritakan kepada kami, dari Abu Raja`, beliau berkata: ‘Imran bin Hushain mengatakan: Ayat tentang haji tamatuk telah turun di kitab Allah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun memerintahkannya kepada kami. Kemudian tidak turun satu ayat pun yang menghapus ayat tentang haji tamatuk dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak melarangnya sampai beliau meninggal. Setelahnya, ada seseorang yang mengatakan apa yang ia kehendaki dengan pendapatnya.
١٧٣ – (...) – وَحَدَّثَنِيهِ مُحَمَّدُ بۡنُ حَاتِمٍ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ سَعِيدٍ، عَنۡ عِمۡرَانَ الۡقَصِيرِ: حَدَّثَنَا أَبُو رَجَاءٍ، عَنۡ عِمۡرَانَ بۡنِ حُصَيۡنٍ، بِمِثۡلِهِ، غَيۡرَ أَنَّهُ قَالَ: وَفَعَلۡنَاهَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ. وَلَمۡ يَقُلۡ: وَأَمَرَنَا بِهَا.
173. Muhammad bin Hatim telah menceritakannya kepadaku: Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami, dari ‘Imran Al-Qashir: Abu Raja` menceritakan kepada kami, dari ‘Imran bin Hushain, dengan semisalnya. Hanya saja beliau mengatakan: Kami melakukannya bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan beliau tidak mengatakan: Beliau memerintahkannya kepada kami.