Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 2107

(٢١٠٧) - قَالَ فَأَتَيۡتُ عَائِشَةَ فَقُلۡتُ: إِنَّ هٰذَا يُخۡبِرُنِي، أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (لَا تَدۡخُلُ الۡمَلَائِكَةُ بَيۡتًا فِيهِ كَلۡبٌ وَلَا تَمَاثِيلُ)، فَهَلۡ سَمِعۡتِ رَسُولَ اللهِ ﷺ ذَكَرَ ذٰلِكَ؟ فَقَالَتۡ: لَا. وَلٰكِنۡ سَأُحَدِّثُكُمۡ مَا رَأَيۡتُهُ فَعَلَ. رَأَيۡتُهُ خَرَجَ فِي غَزَاتِهِ، فَأَخَذۡتُ نَمَطًا فَسَتَرۡتُهُ عَلَى الۡبَابِ. فَلَمَّا قَدِمَ فَرَأَى النَّمَطَ، عَرَفۡتُ الۡكَرَاهِيَةَ فِي وَجۡهِهِ، فَجَذَبَهُ حَتَّىٰ هَتَكَهُ أَوۡ قَطَعَهُ. وَقَالَ: (إِنَّ اللهَ لَمۡ يَأۡمُرۡنَا أَنۡ نَكۡسُوَ الۡحِجَارَةَ وَالطِّينَ)، قَالَتۡ: فَقَطَعۡنَا مِنۡهُ وِسَادَتَيۡنِ وَحَشَوۡتُهُمَا لِيفًا، فَلَمۡ يَعِبۡ ذٰلِكَ عَلَيَّ.
2107. Beliau berkata: Lalu aku datang kepada ‘Aisyah dan berkata: Sesungguhnya orang ini mengabarkan kepadaku bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Malaikat tidak akan masuk ke suatu rumah yang di dalamnya ada anjing dan patung-patung.” Apakah engkau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan hal itu? ‘Aisyah menjawab: Tidak, tetapi aku akan menceritakan kepadamu apa yang aku lihat beliau lakukan. Aku melihat beliau keluar untuk perang, lalu aku mengambil namath (kain yang berwarna-warni) dan aku menutupkannya ke pintu. Ketika beliau tiba, beliau melihat kain itu. Aku mengetahui ketidaksukaan di wajahnya, lalu beliau menariknya hingga merobeknya atau memotongnya. Beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak memerintahkan kita untuk membungkus batu dan tanah.” ‘Aisyah berkata: Maka, kami pun memotong sebagiannya menjadi dua sarung bantal dan aku isi keduanya dengan sabut pohon kurma. Lalu beliau tidak mencela perbuatanku itu.
٨٨ – (...) - حَدَّثَنِي زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ دَاوُدَ، عَنۡ عَزۡرَةَ، عَنۡ حُمَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ سَعۡدِ بۡنِ هِشَامٍ، عَنۡ عَائِشَةَ. قَالَتۡ: كَانَ لَنَا سِتۡرٌ فِيهِ تِمۡثَالُ طَائِرٍ، وَكَانَ الدَّاخِلُ إِذَا دَخَلَ اسۡتَقۡبَلَهُ. فَقَالَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ: (حَوِّلِي هٰذَا، فَإِنِّي كُلَّمَا دَخَلۡتُ فَرَأَيۡتُهُ ذَكَرۡتُ الدُّنۡيَا)، قَالَتۡ: وَكَانَتۡ لَنَا قَطِيفَةٌ كُنَّا نَقُولُ عَلَمُهَا حَرِيرٌ، فَكُنَّا نَلۡبَسُهَا.
88. Zuhair bin Harb telah menceritakan kepadaku: Isma’il bin Ibrahim menceritakan kepada kami, dari Dawud, dari ‘Azrah, dari Humaid bin ‘Abdurrahman, dari Sa’d bin Hisyam, dari ‘Aisyah. ‘Aisyah mengatakan: Dahulu kami memiliki tirai yang ada gambar burung. Orang yang masuk pasti akan menghadap ke arahnya. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadaku, “Gantilah ini! Karena setiap kali aku masuk dan melihatnya, aku menjadi teringat kepada dunia.” ‘Aisyah mengatakan: Kami dahulu memiliki qathifah (sejenis kain beledu) yang ada hiasan dari sutra dan kami dahulu biasa memakainya. 
٨٩ – (...) - حَدَّثَنِيهِ مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي عَدِيٍّ وَعَبۡدُ الۡأَعۡلَىٰ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ.
قَالَ ابۡنُ الۡمُثَنَّى: وَزَادَ فِيهِ - يُرِيدُ عَبۡدَ الۡأَعۡلَىٰ -: فَلَمۡ يَأۡمُرۡنَا رَسُولُ اللهِ ﷺ بِقَطۡعِهِ.
89. Muhammad ibnul Mutsanna telah menceritakannya kepadaku: Ibnu Abu ‘Adi dan ‘Abdul A’la menceritakan kepada kami dengan sanad ini.
Ibnul Mutsanna berkata: ‘Abdul A’la menambahkan di dalam hadis tersebut: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memerintahkan kami untuk memotongnya.
٩٠ – (...) - حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَأَبُو كُرَيۡبٍ. قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنۡ هِشَامٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ، قَالَتۡ: قَدِمَ رَسُولُ اللهِ ﷺ مِنۡ سَفَرٍ، وَقَدۡ سَتَرۡتُ عَلَىٰ بَابِي دُرۡنُوكًا فِيهِ الۡخَيۡلُ ذَوَاتُ الۡأَجۡنِحَةِ، فَأَمَرَنِي فَنَزَعۡتُهُ.
90. Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Abu Usamah menceritakan kepada kami, dari Hisyam, dari ayahnya, dari ‘Aisyah, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba dari sebuah perjalanan dan aku telah menutupi pintuku menggunakan sebuah kain tebal yang padanya ada gambar kuda yang memiliki sayap-sayap. Lalu, Nabi memerintahkan aku untuk menanggalkannya.
(...) - وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا عَبۡدَةُ. (ح) وَحَدَّثَنَاهُ أَبُو كُرَيۡبٍ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ. وَلَيۡسَ فِي حَدِيثِ عَبۡدَةَ: قَدِمَ مِنۡ سَفَرٍ.
Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: ‘Abdah menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Abu Kuraib telah menceritakannya kepada kami: Waki’ menceritakan kepada kami, dengan sanad ini. Namun tidak ada di dalam hadis ‘Abdah: Beliau tiba dari sebuah perjalanan.
٩١ – (...) - حَدَّثَنَا مَنۡصُورُ بۡنُ أَبِي مُزَاحِمٍ: حَدَّثَنَا إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ سَعۡدٍ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنِ الۡقَاسِمِ بۡنِ مُحَمَّدٍ، عَنۡ عَائِشَةَ. قَالَتۡ: دَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَأَنَا مُتَسَتِّرَةٌ بِقِرَامٍ فِيهِ صُورَةٌ. فَتَلَوَّنَ وَجۡهُهُ، ثُمَّ تَنَاوَلَ السِّتۡرَ فَهَتَكَهُ. ثُمَّ قَالَ: (إِنَّ مِنۡ أَشَدِّ النَّاسِ عَذَابًا يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ، الَّذِينَ يُشَبِّهُونَ بِخَلۡقِ اللهِ).
[البخاري: كتاب الأدب، باب ما يجوز من الغضب والشدة...، رقم: ٦١٠٩].
91. Manshur bin Abu Muzahim telah menceritakan kepada kami: Ibrahim bin Sa’d menceritakan kepada kami, dari Az-Zuhri, dari Al-Qasim bin Muhammad, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk menemuiku dan aku menjadikan kain yang ada gambarnya sebagai tirai. Raut muka beliau berubah lalu beliau mengambil tirai itu dan menyobeknya. Kemudian beliau bersabda, “Sesungguhnya termasuk orang yang paling keras azabnya pada hari kiamat adalah orang-orang yang membuat sesuatu yang serupa dengan ciptaan Allah.”
(...) - وَحَدَّثَنِي حَرۡمَلَةُ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: أَخۡبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنِ الۡقَاسِمِ بۡنِ مُحَمَّدٍ، أَنَّ عَائِشَةَ حَدَّثَتۡهُ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ دَخَلَ عَلَيۡهَا. بِمِثۡلِ حَدِيثِ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ سَعۡدٍ، غَيۡرَ أَنَّهُ قَالَ: ثُمَّ أَهۡوَىٰ إِلَى الۡقِرَامِ فَهَتَكَهُ بِيَدِهِ.
Harmalah bin Yahya telah menceritakan kepadaku: Ibnu Wahb mengabarkan kepada kami: Yunus mengabarkan kepadaku, dari Ibnu Syihab, dari Al-Qasim bin Muhammad, bahwa ‘Aisyah menceritakan kepadanya bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah masuk menemuinya. Semisal hadis Ibrahim bin Sa’d hanya saja beliau mengatakan: Kemudian beliau beranjak menuju kain tirai itu lalu menyobeknya dengan tangan beliau.
(...) - حَدَّثَنَاهُ يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ وَأَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ، جَمِيعًا عَنِ ابۡنِ عُيَيۡنَةَ. (ح) وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ وَعَبۡدُ بۡنُ حُمَيۡدٍ. قَالَا: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ: أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ.
وَفِي حَدِيثِهِمَا: (إِنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَذَابًا) لَمۡ يَذۡكُرَا: مِنۡ.
Yahya bin Yahya, Abu Bakr bin Abu Syaibah, dan Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami. Semuanya dari Ibnu ‘Uyainah. (Dalam riwayat lain) Ishaq bin Ibrahim dan ‘Abd bin Humaid telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: ‘Abdurrazzaq mengabarkan kepada kami: Ma’mar mengabarkan kepada kami, dari Az-Zuhri dengan sanad ini.
Dan dalam hadis keduanya, “Sesungguhnya manusia yang paling keras azabnya,” keduanya tidak menyebutkan kata min (termasuk).
٩٢ – (...) - وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ، جَمِيعًا عَنِ ابۡنِ عُيَيۡنَةَ - وَاللَّفۡظُ لِزُهَيۡرٍ -: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ الۡقَاسِمِ، عَنۡ أَبِيهِ، أَنَّهُ سَمِعَ عَائِشَةَ تَقُولُ: دَخَلَ عَلَيَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَقَدۡ سَتَرۡتُ سَهۡوَةً لِي بِقِرَامٍ فِيهِ تَمَاثِيلُ، فَلَمَّا رَآهُ هَتَكَهُ وَتَلَوَّنَ وَجۡهُهُ وَقَالَ: (يَا عَائِشَةُ، أَشَدُّ النَّاسِ عَذَابًا عِنۡدَ اللهِ، يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ، الَّذِينَ يُضَاهُونَ بِخَلۡقِ اللهِ).
قَالَتۡ عَائِشَةُ: فَقَطَعۡنَاهُ فَجَعَلۡنَا مِنۡهُ وِسَادَةً أَوۡ وِسَادَتَيۡنِ.
[البخاري: كتاب اللباس، باب ما وطىء من التصاوير، رقم: ٥٩٥٤].
92. Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami. Semuanya dari Ibnu ‘Uyainah –redaksi hadis ini milik Zuhair-. Sufyan bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami, dari ‘Abdurrahman ibnul Qasim, dari ayahnya, bahwa beliau mendengar ‘Aisyah mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk menemuiku dalam keadaan aku telah menutupi bilikku menggunakan kain tirai yang ada gambar-gambarnya. Ketika beliau melihatnya, beliau menyobeknya dan raut muka beliau berubah. Beliau bersabda, “Wahai ‘Aisyah, manusia yang siksanya paling keras di sisi Allah pada hari kiamat adalah orang-orang yang menandingi ciptaan Allah.”
‘Aisyah mengatakan: Lalu kami memotongnya dan membuat satu atau dua bantal darinya.
٩٣ – (...) - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ الۡقَاسِمِ قَالَ: سَمِعۡتُ الۡقَاسِمَ يُحَدِّثُ، عَنۡ عَائِشَةَ؛ أَنَّهُ كَانَ لَهَا ثَوۡبٌ فِيهِ تَصَاوِيرُ مَمۡدُودٌ إِلَى سَهۡوَةٍ، فَكَانَ النَّبِيُّ ﷺ يُصَلِّي إِلَيۡهِ. فَقَالَ: (أَخِّرِيهِ عَنِّي). قَالَتۡ: فَأَخَّرۡتُهُ، فَجَعَلۡتُهُ وَسَائِدَ.
93. Muhammad ibnul Mutsanna telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami: Syu’bah menceritakan kepada kami, dari ‘Abdurrahman ibnul Qasim, beliau berkata: Aku mendengar Al-Qasim menceritakan dari ‘Aisyah; Bahwa beliau dahulu memiliki kain yang ada gambar-gambar dibentangkan ke bilik. Padahal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa salat menghadap ke arahnya. Nabi pun bersabda, “Jauhkan ini dariku!” ‘Aisyah mengatakan: Maka, aku pun menjauhkannya dan aku jadikan beberapa bantal.
(...) - وَحَدَّثَنَاهُ إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ وَعُقۡبَةُ بۡنُ مُكۡرَمٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ عَامِرٍ. (ح) وَحَدَّثَنَاهُ إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: أَخۡبَرَنَا أَبُو عَامِرٍ الۡعَقَدِيُّ، جَمِيعًا عَنۡ شُعۡبَةَ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ.
Ishaq bin Ibrahim dan ‘Uqbah bin Mukram telah menceritakannya kepada kami, dari Sa’id bin ‘Amir. (Dalam riwayat lain) Ishaq bin Ibrahim telah menceritakannya kepada kami: Abu ‘Amir Al-‘Aqadi mengabarkan kepada kami, semuanya dari Syu’bah dengan sanad ini.
٩٤ – (...) - حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ سُفۡيَانَ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ الۡقَاسِمِ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ. قَالَتۡ: دَخَلَ النَّبِيُّ ﷺ عَلَيَّ وَقَدۡ سَتَرۡتُ نَمَطًا فِيهِ تَصَاوِيرُ، فَنَحَّاهُ. فَاتَّخَذۡتُ مِنۡهُ وِسَادَتَيۡنِ.
94. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Waki’ menceritakan kepada kami, dari Sufyan, dari ‘Abdurrahman ibnul Qasim, dari ayahnya, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke rumahku dalam keadaan aku telah memasang tirai menggunakan kain berwarna-warni yang ada gambar-gambarnya. Kemudian beliau menjauhkannya dan meminggirkannya. Lalu aku menjadikan dua bantal darinya.
٩٥ – (...) - وَحَدَّثَنَا هَارُونُ بۡنُ مَعۡرُوفٍ: حَدَّثَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: حَدَّثَنَا عَمۡرُو بۡنُ الۡحَارِثِ، أَنَّ بُكَيۡرًا حَدَّثَهُ، أَنَّ عَبۡدَ الرَّحۡمٰنِ بۡنَ الۡقَاسِمِ حَدَّثَهُ، أَنَّ أَبَاهُ حَدَّثَهُ، عَنۡ عَائِشَةَ، زَوۡجِ النَّبِيِّ ﷺ؛ أَنَّهَا نَصَبَتۡ سِتۡرًا فِيهِ تَصَاوِيرُ، فَدَخَلَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فَنَزَعَهُ. قَالَتۡ: فَقَطَعۡتُهُ وِسَادَتَيۡنِ.
فَقَالَ رَجُلٌ فِي الۡمَجۡلِسِ حِينَئِذٍ، يُقَالُ لَهُ: رَبِيعَةُ بۡنُ عَطَاءٍ، مَوۡلَىٰ بَنِي زُهۡرَةَ: أَفَمَا سَمِعۡتَ أَبَا مُحَمَّدٍ يَذۡكُرُ أَنَّ عَائِشَةَ قَالَتۡ: فَكَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَرۡتَفِقُ عَلَيۡهِمَا؟ قَالَ ابۡنُ الۡقَاسِمِ: لَا. قَالَ: لٰكِنِّي قَدۡ سَمِعۡتُهُ. يُرِيدُ الۡقَاسِمَ بۡنَ مُحَمَّدٍ.
95. Harun bin Ma’ruf telah menceritakan kepada kami: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami: ‘Amr ibnul Harits menceritakan kepada kami, bahwa Bukair menceritakan kepadanya, bahwa ‘Abdurrahman ibnul Qasim menceritakan kepadanya, bahwa ayahnya menceritakan kepadanya, dari ‘Aisyah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau memasang sebuah tirai yang ada gambar-gambarnya. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk dan melepasnya. ‘Aisyah mengatakan: Aku memotongnya menjadi dua bantal.
Seseorang di majlis ketika itu yang bernama Rabi’ah bin ‘Atha`, maula Bani Zuhrah, berkata: Apakah engkau mendengar Abu Muhammad menyebutkan bahwa ‘Aisyah mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa bertelekan pada kedua bantal itu? Ibnul Qasim berkata: Tidak. Beliau berkata: Namun aku benar-benar mendengarnya. Yakni Al-Qasim bin Muhammad.
٩٦ – (...) - حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ قَالَ: قَرَأۡتُ عَلَىٰ مَالِكٍ، عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ الۡقَاسِمِ بۡنِ مُحَمَّدٍ، عَنۡ عَائِشَةَ، أَنَّهَا اشۡتَرَتۡ نُمۡرُقَةً فِيهَا تَصَاوِيرُ، فَلَمَّا رَآهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ قَامَ عَلَى الۡبَابِ فَلَمۡ يَدۡخُلۡ. فَعَرَفۡتُ، أَوۡ فَعُرِفَتۡ، فِي وَجۡهِهِ الۡكَرَاهِيَةُ. فَقَالَتۡ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَتُوبُ إِلَى اللهِ وَإِلَىٰ رَسُولِهِ. فَمَاذَا أَذۡنَبۡتُ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَا بَالُ هٰذِهِ النُّمۡرُقَةِ؟) فَقَالَتِ: اشۡتَرَيۡتُهَا لَكَ. تَقۡعُدُ عَلَيۡهَا وَتَوَسَّدُهَا. فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنَّ أَصۡحَابَ هٰذِهِ الصُّوَرِ يُعَذَّبُونَ، وَيُقَالُ لَهُمۡ: أَحۡيُوا مَا خَلَقۡتُمۡ) ثُمَّ قَالَ: (إِنَّ الۡبَيۡتَ الَّذِي فِيهِ الصُّوَرُ لَا تَدۡخُلُهُ الۡمَلَائِكَةُ).
[البخاري: كتاب البيوع، باب التجارة فيما يكره لبسه للرجال والنساء، رقم: ٢١٠٥].
96. Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku membaca di hadapan Malik, dari Nafi’, dari Al-Qasim bin Muhammad, dari ‘Aisyah, bahwa beliau membeli bantal yang ada gambar-gambarnya. Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihatnya, beliau berdiri di depan pintu dan tidak masuk. Aku mengetahui, atau diketahui, ketidaksukaan di wajah beliau. ‘Aisyah mengatakan: Wahai Rasulullah, aku bertobat kepada Allah dan kepada Rasul-Nya. Apa dosaku? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kenapa ada bantal ini?” ‘Aisyah mengatakan: Aku membelinya untukmu supaya engkau dapat duduk di atasnya dan engkau berbantal dengannya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya pembuat gambar ini akan diazab dan dikatakan kepada mereka: Hidupkanlah apa yang kalian ciptakan!” Kemudian beliau bersabda, “Sesungguhnya rumah yang ada gambar di dalamnya, tidak dimasuki oleh malaikat.”
(...) - وَحَدَّثَنَاهُ قُتَيۡبَةُ وَابۡنُ رُمۡحٍ، عَنِ اللَّيۡثِ بۡنِ سَعۡدٍ. (ح) وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ. أَخۡبَرَنَا الثَّقَفِيُّ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ. (ح) وَحَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَارِثِ بۡنُ عَبۡدِ الصَّمَدِ: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنۡ جَدِّي، عَنۡ أَيُّوبَ. (ح) وَحَدَّثَنَا هَارُونُ بۡنُ سَعِيدٍ الۡأَيۡلِيُّ: حَدَّثَنَا ابۡنُ وَهۡبٍ: أَخۡبَرَنِي أُسَامَةُ بۡنُ زَيۡدٍ. (ح) وَحَدَّثَنِي أَبُو بَكۡرِ بۡنُ إِسۡحَاقَ: حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ الۡخُزَاعِيُّ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الۡعَزِيزِ بۡنُ أَخِي الۡمَاجِشُونِ عَنۡ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ، كُلُّهُمۡ عَنۡ نَافِعٍ، عَنِ الۡقَاسِمِ، عَنۡ عَائِشَةَ، بِهٰذَا الۡحَدِيثِ. وَبَعۡضُهُمۡ أَتَمُّ حَدِيثًا لَهُ مِنۡ بَعۡضٍ.
وَزَادَ فِي حَدِيثِ ابۡنِ أَخِي الۡمَاجِشُونِ: قَالَتۡ فَأَخَذۡتُهُ فَجَعَلۡتُهُ مِرۡفَقَتَيۡنِ. فَكَانَ يَرۡتَفِقُ بِهِمَا فِي الۡبَيۡتِ.
Qutaibah dan Ibnu Rumh telah menceritakannya kepada kami, dari Al-Laits bin Sa’d. (Dalam riwayat lain) Ishaq bin Ibrahim menceritakan kepada kami. Ats-Tsaqafi mengabarkan kepada kami: Ayyub menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) ‘Abdul Warits bin ‘Abdush Shamad telah menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami, dari kakekku, dari Ayyub. (Dalam riwayat lain) Harun bin Sa’id Al-Aili telah menceritakan kepada kami: Ibnu Wahb menceritakan kepada kami: Usamah bin Zaid mengabarkan kepadaku. (Dalam riwayat lain) Abu Bakr bin Ishaq telah menceritakan kepadaku: Abu Salamah Al-Khuza’i menceritakan kepada kami: ‘Abdul ‘Aziz bin Akhi Al-Majisyun mengabarkan kepada kami dari ‘Ubaidullah bin ‘Umar, mereka seluruhnya dari Nafi’, dari Al-Qasim, dari ‘Aisyah, dengan hadis ini. Sebagian mereka lebih lengkap hadisnya daripada sebagian lainnya.
Beliau menambahkan di dalam hadis Ibnu Akhi Al-Majisyun: ‘Aisyah mengatakan: Aku pun mengambilnya dan aku jadikan ia dua bantal. Beliau biasa bertelekan dengan keduanya di dalam rumah.