Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 20

١٣ - بَابُ قَوۡلِ النَّبِيِّ ﷺ: (أَنَا أَعۡلَمُكُمۡ بِاللهِ)
13. Bab sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Aku paling berilmu tentang Allah di antara kalian”

وَأَنَّ الۡمَعۡرِفَةَ فِعۡلُ الۡقَلۡبِ لِقَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: ﴿وَلَٰكِنۡ يُؤَاخِذُكُمۡ بِمَا كَسَبَتۡ قُلُوبُكُمۡ﴾ [البقرة: ٢٢٥].
Dan bahwa pengetahuan adalah perbuatan hati berdasarkan firman Allah taala (yang artinya), “Tetapi Allah menghukum kalian disebabkan (sumpahmu) yang disengaja (untuk bersumpah) oleh hati kalian.” (QS. Al-Baqarah: 225).
٢٠ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ سَلَامٍ الۡبَيۡكَنۡدِيُّ قَالَ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدَةُ، عَنۡ هِشَامٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ إِذَا أَمَرَهُمۡ، أَمَرَهُمۡ مِنَ الۡأَعۡمَالِ بِمَا يُطِيقُونَ، قَالُوا: إِنَّا لَسۡنَا كَهَيۡئَتِكَ يَا رَسُولَ اللهِ! إِنَّ اللهَ قَدۡ غَفَرَ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ، فَيَغۡضَبُ حَتَّى يُعۡرَفَ الۡغَضَبُ فِي وَجۡهِهِ، ثُمَّ يَقُولُ: (إِنَّ أَتۡقَاكُمۡ وَأَعۡلَمَكُمۡ بِاللهِ أَنَا).
20. Muhammad bin Salam Al-Baikandi telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdah mengabarkan kepada kami dari Hisyam, dari ayahnya, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila memerintah mereka, maka beliau memerintahkan mereka dengan amalan yang mereka mampu. Mereka berkata, “Sesungguhnya kami tidak seperti keadaan dirimu wahai Rasulullah. Sesungguhnya Allah telah mengampuni dosamu yang lalu dan yang akan datang.” Maka, beliau marah sampai kemarahan beliau terlihat di raut wajah beliau. Kemudian beliau bersabda, “Sesungguhnya yang paling bertakwa dan paling berilmu tentang Allah di antara kalian adalah aku.”