١١ - بَابُ نَهۡيِ النِّسَاءِ عَنِ اتِّبَاعِ الۡجَنَائِزِ
11. Bab larangan bagi wanita dari mengiringi jenazah
٣٤ - (٩٣٨) - حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ أَيُّوبَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ عُلَيَّةَ: أَخۡبَرَنَا أَيُّوبُ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ سِيرِينَ. قَالَ: قَالَتۡ أُمُّ عَطِيَّةَ: كُنَّا نُنۡهَىٰ عَنِ اتِّبَاعِ الۡجَنَائِزِ، وَلَمۡ يُعۡزَمۡ عَلَيۡنَا.
34. (938). Yahya bin Ayyub telah menceritakan kepada kami: Ibnu ‘Ulayyah menceritakan kepada kami: Ayyub mengabarkan kepada kami dari Muhammad bin Sirin. Beliau berkata: Ummu ‘Athiyyah mengatakan, “Kami dahulu dilarang dari mengiringi jenazah, namun larangan tersebut tidak diharuskan kepada kami.”
٣٥ - (...) - وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ. (ح) وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: أَخۡبَرَنَا عِيسَى بۡنُ يُونُسَ. كِلَاهُمَا عَنۡ هِشَامٍ، عَنۡ حَفۡصَةَ، عَنۡ أُمِّ عَطِيَّةَ، قَالَتۡ: نُهِينَا عَنِ اتِّبَاعِ الۡجَنَائِزِ وَلَمۡ يُعۡزَمۡ عَلَيۡنَا.
[البخاري: كتاب الحيض، باب الطيب للمرأة عند غسلها من المحيض، رقم: ٣١٣].
35. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Abu Usamah menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Ishaq bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami: ‘Isa bin Yunus mengabarkan kepada kami. Masing-masing keduanya dari Hisyam, dari Hafshah, dari Ummu ‘Athiyyah. Beliau mengatakan, “Kami telah dilarang dari mengiringi jenazah namun larangan tersebut tidak diharuskan kepada kami.”
٦٦ - (٩٣٨) - وَحَدَّثَنَا حَسَنُ بۡنُ الرَّبِيعِ: حَدَّثَنَا ابۡنُ إِدۡرِيسَ، عَنۡ هِشَامٍ، عَنۡ حَفۡصَةَ، عَنۡ أُمِّ عَطِيَّةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (لَا تُحِدُّ امۡرَأَةٌ عَلَىٰ مَيِّتٍ فَوۡقَ ثَلَاثٍ، إِلَّا عَلَىٰ زَوۡجٍ، أَرۡبَعَةَ أَشۡهُرٍ وَعَشۡرًا. وَلَا تَلۡبَسُ ثَوۡبًا مَصۡبُوغًا إِلَّا ثَوۡبَ عَصۡبٍ، وَلَا تَكۡتَحِلُ، وَلَا تَمَسُّ طِيبًا. إِلَّا إِذَا طَهُرَتۡ، نُبۡذَةً مِنۡ قُسۡطٍ أَوۡ أَظۡفَارٍ).
[البخاري: كتاب الحيض، باب الطيب للمرأة عند غسلها من المحيض، رقم: ٣١٣].
66. (938). Hasan bin Ar-Rabi’ telah menceritakan kepada kami: Ibnu Idris menceritakan kepada kami dari Hisyam, dari Hafshah, dari Ummu ‘Athiyyah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seorang wanita tidak boleh berihdad (berkabung) lebih dari tiga hari terhadap orang yang meninggal, kecuali terhadap suami selama empat bulan sepuluh hari. Dia tidak boleh mengenakan pakaian yang dicelup kecuali pakaian ‘ashb (pakaian orang Yaman yang dibuat dengan cara benangnya diikat, lalu dicelup, lalu ditenun dalam keadaan masih terikat sehingga akan memunculkan motif karena ikatan benangnya tetap berwarna putih akibat tidak terkena celupan). Dia juga tidak boleh bercelak, mengenakan wewangian, kecuali ketika suci dari haid boleh mengenakan sedikit qusth dan azhfar (dua jenis dupa untuk menghilangkan bau tidak sedap, bukan untuk wewangian).”
(...) - حَدَّثَنَاهُ أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ نُمَيۡرٍ. (ح) وَحَدَّثَنَا عَمۡرٌو النَّاقِدُ: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بۡنُ هَارُونَ. كِلَاهُمَا عَنۡ هِشَامٍ، بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ. وَقَالَا: (عِنۡدَ أَدۡنَىٰ طُهۡرِهَا نُبۡذَةً مِنۡ قُسۡطٍ وَأَظۡفَارٍ).
Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakannya kepada kami: ‘Abdullah bin Numair menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) ‘Amr An-Naqid telah menceritakan kepada kami: Yazid bin Harun menceritakan kepada kami. Masing-masing keduanya dari Hisyam melalui sanad ini. Keduanya berkata, “Ketika baru saja suci boleh mengenakan sedikit qusth dan azhfar.”
٦٧ - (...) - وَحَدَّثَنِي أَبُو الرَّبِيعِ الزَّهۡرَانِيُّ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنۡ حَفۡصَةَ، عَنۡ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتۡ: كُنَّا نُنۡهَىٰ أَنۡ نُحِدَّ عَلَىٰ مَيِّتٍ فَوۡقَ ثَلَاثٍ، إِلَّا عَلَىٰ زَوۡجٍ، أَرۡبَعَةَ أَشۡهُرٍ وَعَشۡرًا، وَلَا نَكۡتَحِلُ، وَلَا نَتَطَيَّبُ، وَلَا نَلۡبَسُ ثَوۡبًا مَصۡبُوغًا، وَقَدۡ رُخِّصَ لِلۡمَرۡأَةِ فِي طُهۡرِهَا، إِذَا اغۡتَسَلَتۡ إِحۡدَانَا مِنۡ مَحِيضِهَا، فِي نُبۡذَةٍ مِنۡ قُسۡطٍ وَأَظۡفَارٍ.
[البخاري: كتاب الحيض، باب الطيب للمرأة عند غسلها من المحيض، رقم: ٣١٣].
67. (938). Abu Ar-Rabi’ Az-Zahrani telah menceritakan kepadaku: Hammad menceritakan kepada kami: Ayyub menceritakan kepada kami dari Hafshah, dari Ummu ‘Athiyyah. Beliau berkata: Kami dahulu dilarang dari berihdad (berkabung) lebih dari tiga hari terhadap orang yang meninggal kecuali terhadap suami selama empat bulan sepuluh hari. Kami tidak boleh bercelak, tidak boleh mengenakan wewangian, tidak boleh memakai pakaian yang dicelup. Dan diberi keringanan bagi wanita di masa sucinya ketika salah seorang kami telah mandi dari haidnya untuk mengenakan sedikit qusth dan azhfar.