Shahih Muslim hadits nomor 108

١٧٣ - (١٠٨) - وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَأَبُو كُرَيۡبٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ - وَهَٰذَا حَدِيثُ أَبِي بَكۡرٍ - قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (ثَلَاثٌ لَا يُكَلِّمُهُمُ اللهُ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ، وَلَا يَنۡظُرُ إِلَيۡهِمۡ وَلَا يُزَكِّيهِمۡ، وَلَهُمۡ عَذَابٌ أَلِيمٌ: رَجُلٌ عَلَى فَضۡلِ مَاءٍ بِالۡفَلَاةِ يَمۡنَعُهُ مِنَ ابۡنِ السَّبِيلِ، وَرَجُلٌ بَايَعَ رَجُلًا بِسِلۡعَةٍ بَعۡدَ الۡعَصۡرِ فَحَلَفَ لَهُ بِاللهِ لَأَخَذَهَا بِكَذَا وَكَذَا فَصَدَّقَهُ، وَهُوَ عَلَى غَيۡرِ ذٰلِكَ، وَرَجُلٌ بَايَعَ إِمَامًا لَا يُبَايِعُهُ إِلَّا لِدُنۡيَا، فَإِنۡ أَعۡطَاهُ مِنۡهَا وَفَىٰ، وَإِنۡ لَمۡ يُعۡطِهِ مِنۡهَا لَمۡ يَفِ). 
173. (108). Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah—ini adalah hadis Abu Bakr—. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tiga golongan orang yang Allah tidak ajak bicara mereka pada hari kiamat, Allah tidak memandang mereka dan tidak menyucikan mereka, dan bagi mereka azab yang pedih. Yaitu, seseorang yang memiliki kelebihan air di padang tandus yang tidak ada airnya lalu dia tidak memberikan air itu kepada orang yang sedang melakukan perjalanan; seseorang yang menjual dagangannya kepada orang lain setelah asar lalu ia bersumpah dengan nama Allah bahwa dia membelinya dengan harga sekian dan sekian kemudian si pembeli mempercayai si penjual itu padahal keadaan sebenarnya tidak demikian; dan seseorang yang membaiat seorang pemimpin namun dia tidak membaiatnya kecuali untuk kepentingan duniawi, jika pemimpin itu memberinya, maka dia menunaikan baiat tersebut dan jika pemimpin itu tidak memberinya, maka dia tidak menunaikannya.” 
(...) - وَحَدَّثَنِي زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ. (ح) وَحَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ عَمۡرٍو الۡأَشۡعَثِيُّ: أَخۡبَرَنَا عَبۡثَرٌ، كِلَاهُمَا عَنِ الۡأَعۡمَشِ، بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ... مِثۡلَهُ. غَيۡرَ أَنَّ فِي حَدِيثِ جَرِيرٍ: (وَرَجُلٌ سَاوَمَ رَجُلًا بِسِلۡعَةٍ). 
[البخاري: كتاب المساقاة، باب من رأى صاحب الحوض والقربة أحق بمائه، رقم: ٢٢٤٠]. 
Zuhair bin Harb telah menceritakan kepadaku: Jarir menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Sa’id bin ‘Amr Al-Asy’atsi telah menceritakan kepada kami: ‘Abtsar mengabarkan kepada kami. Masing-masing keduanya dari Al-A’masy melalui sanad ini… semisal hadis tersebut. Hanya saja di dalam hadis Jarir, “Dan seseorang yang membicarakan harga dagangannya dengan orang lain.” 
١٧٤ - (...) - وَحَدَّثَنِي عَمۡرٌو النَّاقِدُ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ عَمۡرٍو، عَنۡ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ قَالَ: أُرَاهُ مَرۡفُوعًا. قَالَ: (ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمُ اللهُ وَلَا يَنۡظُرُ إِلَيۡهِمۡ وَلَهُمۡ عَذَابٌ أَلِيمٌ: رَجُلٌ حَلَفَ عَلَى يَمِينٍ بَعۡدَ صَلَاةِ الۡعَصۡرِ عَلَى مَالِ مُسۡلِمٍ فَاقۡتَطَعَهُ). وَبَاقِي حَدِيثِهِ نَحۡوُ حَدِيثِ الۡأَعۡمَشِ. 
174. ‘Amr An-Naqid telah menceritakan kepadaku: Sufyan menceritakan kepada kami dari ‘Amr, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Aku mengiranya hadis yang marfuk. Nabi bersabda, “Tiga golongan orang yang Allah tidak ajak bicara mereka, tidak pandang mereka, dan bagi mereka azab yang pedih. Yaitu: seseorang bersumpah pada suatu sumpah setelah salat Asar terhadap harta seorang muslim, sehingga ia bisa mengambil sebagiannya.” Sisa hadisnya semisal hadis Al-A’masy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar