Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3178

١٧ - بَابُ إِثۡمِ مَنۡ عَاهَدَ ثُمَّ غَدَرَ 
17. Bab dosa siapa saja yang membuat perjanjian, lalu tidak memenuhinya 


وَقَوۡلِهِ: ﴿الَّذِينَ عَاهَدۡتَ مِنۡهُمۡ ثُمَّ يَنۡقُضُونَ عَهۡدَهُمۡ فِي كُلِّ مَرَّةٍ وَهُمۡ لَا يَتَّقُونَ﴾ [الأنفال: ٥٦]. 

Dan firman Allah yang artinya, “(Yaitu) orang-orang yang engkau telah mengambil perjanjian dari mereka, kemudian mereka membatalkan janji mereka dan mereka tidak takut.” (QS. Al-Anfal: 56). 

٣١٧٨ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مُرَّةَ، عَنۡ مَسۡرُوقٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَرۡبَعُ خِلَالٍ مَنۡ كُنَّ فِيهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا: مَنۡ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَإِذَا وَعَدَ أَخۡلَفَ، وَإِذَا عَاهَدَ غَدَرَ، وَإِذَا خَاصَمَ فَجَرَ. وَمَنۡ كَانَتۡ فِيهِ خَصۡلَةٌ مِنۡهُنَّ كَانَتۡ فِيهِ خَصۡلَةٌ مِنَ النِّفَاقِ حَتَّى يَدَعَهَا). [طرفه في: ٣٤]. 

3178. Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami: Jarir menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari ‘Abdullah bin Murrah, dari Masruq, dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Empat perangai siapa saja yang keempat hal itu ada pada dirinya, maka dia munafik tulen: Siapa saja yang apabila bercerita, dia berdusta; apabila berjanji, dia memungkiri; apabila membuat perjanjian, dia tidak penuhi; dan apabila bertengkar, dia menjauh dari kebenaran. Dan siapa saja yang ada salah satu dari empat perangai tersebut pada dirinya, maka pada dirinya ada satu perangai kemunafikan, hingga dia menanggalkannya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar