Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3178

١٧ - بَابُ إِثۡمِ مَنۡ عَاهَدَ ثُمَّ غَدَرَ 
17. Bab dosa siapa saja yang membuat perjanjian, lalu tidak memenuhinya 


وَقَوۡلِهِ: ﴿الَّذِينَ عَاهَدۡتَ مِنۡهُمۡ ثُمَّ يَنۡقُضُونَ عَهۡدَهُمۡ فِي كُلِّ مَرَّةٍ وَهُمۡ لَا يَتَّقُونَ﴾ [الأنفال: ٥٦]. 

Dan firman Allah yang artinya, “(Yaitu) orang-orang yang engkau telah mengambil perjanjian dari mereka, kemudian mereka membatalkan janji mereka dan mereka tidak takut.” (QS. Al-Anfal: 56). 

٣١٧٨ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مُرَّةَ، عَنۡ مَسۡرُوقٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَرۡبَعُ خِلَالٍ مَنۡ كُنَّ فِيهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا: مَنۡ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَإِذَا وَعَدَ أَخۡلَفَ، وَإِذَا عَاهَدَ غَدَرَ، وَإِذَا خَاصَمَ فَجَرَ. وَمَنۡ كَانَتۡ فِيهِ خَصۡلَةٌ مِنۡهُنَّ كَانَتۡ فِيهِ خَصۡلَةٌ مِنَ النِّفَاقِ حَتَّى يَدَعَهَا). [طرفه في: ٣٤]. 

3178. Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami: Jarir menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari ‘Abdullah bin Murrah, dari Masruq, dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Empat perangai siapa saja yang keempat hal itu ada pada dirinya, maka dia munafik tulen: Siapa saja yang apabila bercerita, dia berdusta; apabila berjanji, dia memungkiri; apabila membuat perjanjian, dia tidak penuhi; dan apabila bertengkar, dia menjauh dari kebenaran. Dan siapa saja yang ada salah satu dari empat perangai tersebut pada dirinya, maka pada dirinya ada satu perangai kemunafikan, hingga dia menanggalkannya.”