Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 750 dan 751

٤٧ - بَابُ كَرَاهِيَةِ صَوۡمِ يَوۡمِ عَرَفَةَ بِعَرَفَةَ 
47. Bab dibencinya puasa Arafah di Arafah 


٧٥٠ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ مَنِيعٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ ابۡنُ عُلَيَّةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنۡ عِكۡرِمَةَ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ أَفۡطَرَ بِعَرَفَةَ، وَأَرۡسَلَتۡ إِلَيۡهِ أُمُّ الۡفَضۡلِ بِلَبَنٍ فَشَرِبَ. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، وَابۡنِ عُمَرَ، وَأُمِّ الۡفَضۡلِ. حَدِيثُ ابۡنِ عَبَّاسٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَقَدۡ رُوِيَ عَنِ ابۡنِ عُمَرَ، قَالَ: حَجَجۡتُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ فَلَمۡ يَصُمۡهُ - يَعۡنِي يَوۡمَ عَرَفَةَ - وَمَعَ أَبِي بَكۡرٍ فَلَمۡ يَصُمۡهُ، وَمَعَ عُمَرَ فَلَمۡ يَصُمۡهُ، وَمَعَ عُثۡمَانَ فَلَمۡ يَصُمۡهُ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ أَكۡثَرِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ؛ يَسۡتَحِبُّونَ الۡإِفۡطَارَ بِعَرَفَةَ لِيَتَقَوَّى بِهِ الرَّجُلُ عَلَى الدُّعَاءِ. وَقَدۡ صَامَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ يَوۡمَ عَرَفَةَ بِعَرَفَةَ. [(صحيح أبي داود)(٢١٠٩)، (التعليق على ابن خزيمة)(٢١٠٢): ق أم الفضل]. 

750. [Sahih] Ahmad bin Mani’ telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Isma’il bin ‘Ulayyah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ayyub menceritakan kepada kami dari ‘Ikrimah, dari Ibnu ‘Abbas bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak berpuasa di Arafah. Ummu Al-Fadhl mengirimkan susu kepada beliau lalu beliau minum. 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Abu Hurairah, Ibnu ‘Umar, dan Ummu Al-Fadhl. Hadis Ibnu ‘Abbas adalah hadis hasan sahih. Diriwayatkan dari Ibnu ‘Umar, beliau berkata: Aku berhaji bersama Nabi namun beliau tidak berpuasa di hari Arafah. Juga bersama Abu Bakr, beliau tidak berpuasa di hari Arafah. Juga bersama ‘Umar, beliau tidak berpuasa di hari Arafah. Juga bersama ‘Utsman, beliau tidak berpuasa di hari Arafah. Mayoritas ulama beramal sesuai hadis ini. Mereka menyukai untuk tidak berpuasa di Arafah agar seseorang dapat memperkuat dirinya untuk berdoa. Namun, sebagian ulama ada yang berpuasa di hari Arafah di Arafah. 

٧٥١ – (صحيح الإسناد) حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ مَنِيعٍ وَعَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ، قَالَا: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ وَإِسۡمَاعِيلُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ، عَنِ ابۡنِ أَبِي نَجِيحٍ، عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: سُئِلَ ابۡنُ عُمَرَ عَنۡ صَوۡمِ يَوۡمِ عَرَفَةَ بِعَرَفَةَ؟ فَقَالَ: حَجَجۡتُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ فَلَمۡ يَصُمۡهُ، وَمَعَ أَبِي بَكۡرٍ فَلَمۡ يَصُمۡهُ، وَمَعَ عُمَرَ فَلَمۡ يَصُمۡهُ، وَمَعَ عُثۡمَانَ فَلَمۡ يَصُمۡهُ، وَأَنَا لَا أَصُومُهُ وَلَا آمُرُ بِهِ وَلَا أَنۡهَى عَنۡهُ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ. وَقَدۡ رُوِيَ هَٰذَا الۡحَدِيثُ أَيۡضًا عَنِ ابۡنِ أَبِي نَجِيحٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ رَجُلٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ. وَأَبُو نَجِيحٍ: اسۡمُهُ يَسَارٌ، وَقَدۡ سَمِعَ مِنۡ ابۡنِ عُمَرَ. 

751. [Sahih sanadnya] Ahmad bin Mani’ dan ‘Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Sufyan bin ‘Uyainah dan Isma’il bin Ibrahim menceritakan kepada kami dari Ibnu Abu Najih, dari ayahnya. Beliau berkata: Ibnu ‘Umar ditanya tentang puasa pada hari Arafah di Arafah. Beliau menjawab, “Aku telah haji bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam namun beliau tidak berpuasa di hari itu. Aku juga telah haji bersama Abu Bakr namun beliau tidak berpuasa di hari itu. Aku juga telah haji bersama ‘Umar namun beliau tidak berpuasa di hari itu. Aku juga telah haji bersama ‘Utsman namun beliau tidak berpuasa di hari itu. Aku tidak berpuasa di hari itu (ketika haji), aku tidak memerintahkannya, dan aku juga tidak melarangnya.” 

Ini adalah hadis hasan. Hadis ini juga diriwayatkan dari Ibnu Abu Najih, dari ayahnya, dari seseorang, dari Ibnu ‘Umar. Abu Najih namanya adalah Yasar. Beliau telah mendengar dari Ibnu ‘Umar.