Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7053 dan 7054

٧٠٥٣ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، عَنۡ عَبۡدِ الۡوَارِثِ، عَنِ الۡجَعۡدِ، عَنۡ أَبِي رَجَاءٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (مَنۡ كَرِهَ مِنۡ أَمِيرِهِ شَيۡئًا فَلۡيَصۡبِرۡ، فَإِنَّهُ مَنۡ خَرَجَ مِنَ السُّلۡطَانِ شِبۡرًا مَاتَ مِيتَةً جَاهِلِيَّةً). [الحديث ٧٠٥٣ – طرفاه في: ٧٠٥٤، ٧١٤٣]. 

7053. Musaddad telah menceritakan kepada kami dari ‘Abdul Warits, dari Al-Ja’d, dari Abu Raja`, dari Ibnu ‘Abbas, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Siapa saja yang membenci suatu hal dari amirnya, maka hendaknya dia bersabar, karena siapa saja yang keluar dari ketaatan kepada penguasa sejarak satu jengkal saja, niscaya dia meninggal dalam keadaan jahiliah.” 

٧٠٥٤ - حَدَّثَنَا أَبُو النُّعۡمَانِ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ زَيۡدٍ، عَنِ الۡجَعۡدِ أَبِي عُثۡمَانَ: حَدَّثَنِي أَبُو رَجَاءٍ الۡعُطَارِدِيُّ قَالَ: سَمِعۡتُ ابۡنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (مَنۡ رَأَى مِنۡ أَمِيرِهِ شَيۡئًا يَكۡرَهُهُ فَلۡيَصۡبِرۡ عَلَيۡهِ فَإِنَّهُ مَنۡ فَارَقَ الۡجَمَاعَةَ شِبۡرًا فَمَاتَ، إِلَّا مَاتَ مِيتَةً جَاهِلِيَّةً). [طرفه في: ٧٠٥٣]. 

7054. Abu An-Nu’man telah menceritakan kepada kami: Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami dari Al-Ja’d Abu ‘Utsman: Abu Raja` Al-‘Utharidi menceritakan kepadaku. Beliau berkata: Aku mendengar Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Siapa saja yang melihat sesuatu yang tidak dia sukai dari amirnya, maka hendaknya dia bersabar, karena siapa saja yang memisahkan diri dari jemaah kaum muslimin sejarak satu jengkal saja, lalu meninggal, tidaklah dia meninggal kecuali dalam keadaan jahiliah.”