Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 3075 dan 3076

٣٠٧٥ – (حسن الإسناد) حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بِشۡرٍ الۡعَبۡدِيُّ عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ عَمۡرٍو، قَالَ: حَدَّثَنِي يَحۡيَى بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ حَاطِبٍ، عَنۡ عَائِشَةَ قَالَتۡ: خَرَجۡنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ لِلۡحَجِّ عَلَى أَنۡوَاعٍ ثَلَاثَةٍ، فَمِنَّا مَنۡ أَهَلَّ بِحَجٍّ وَعُمۡرَةٍ مَعًا، وَمِنَّا مَنۡ أَهَلَّ بِحَجٍّ مُفۡرَدٍ، وَمِنَّا مَنۡ أَهَلَّ بِعُمۡرَةٍ مُفۡرَدَةٍ، فَمَنۡ كَانَ أَهَلَّ بِحَجٍّ وَعُمۡرَةٍ مَعًا، لَمۡ يَحۡلِلۡ مِنۡ شَىۡءٍ مِمَّا حَرُمَ مِنۡهُ، حَتَّى يَقۡضِيَ مَنَاسِكَ الۡحَجِّ، وَمَنۡ أَهَلَّ بِالۡحَجِّ مُفۡرَدًا لَمۡ يَحۡلِلۡ مِنۡ شَىۡءٍ مِمَّا حَرُمَ مِنۡهُ، حَتَّى يَقۡضِيَ مَنَاسِكَ الۡحَجِّ، وَمَنۡ أَهَلَّ بِعُمۡرَةٍ مُفۡرَدَةٍ فَطَافَ بِالۡبَيۡتِ وَبَيۡنَ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ حَلَّ مَا حَرُمَ مِنۡهُ حَتَّى يَسۡتَقۡبِلَ حَجًّا. 

3075. [Hasan sanadnya] Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Muhammad bin Bisyr Al-‘Abdi menceritakan kepada kami dari Muhammad bin ‘Amr. Beliau berkata: Yahya bin ‘Abdurrahman bin Hathib menceritakan kepadaku dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Kami keluar bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk haji dengan tiga jenis. Di antara kami ada yang memulai ihram haji dan umrah sekaligus. Di antara kami ada yang memulai ihram dengan haji saja. Dan di antara kami ada yang memulai ihram dengan umrah saja. Maka, siapa saja yang memulai ihram dengan haji dan umrah sekaligus, dia tidak tahalul dari segala larangan ihram hingga dia menyelesaikan manasik haji. Dan siapa saja yang memulai ihram dengan haji saja, maka dia tidak tahalul dari segala larangan ihram hingga dia menyelesaikan manasik haji. Dan siapa saja yang memulai ihram dengan umrah saja, apabila dia telah tawaf di Kakbah dan sai antara Shafa dan Marwah, maka dia tahalul dari larangan ihram sampai dia menyambut haji. 

٣٠٧٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا الۡقَاسِمُ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ عَبَّادٍ الۡمُهَلَّبِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ دَاوُدَ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، قَالَ: حَجَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ ثَلَاثَ حَجَّاتٍ، حِجَّتَيۡنِ قَبۡلَ أَنۡ يُهَاجِرَ، وَحَجَّةً بَعۡدَ مَا هَاجَرَ مِنَ الۡمَدِينَةِ، وَقَرَنَ مَعَ حَجَّتِهِ عُمۡرَةً، وَاجۡتَمَعَ مَا جَاءَ بِهِ النَّبِيُّ ﷺ، وَمَا جَاءَ بِهِ عَلِيٌّ مِئَةَ بَدَنَةٍ، مِنۡهَا جَمَلٌ لِأَبِي جَهۡلٍ، فِي أَنۡفِهِ بُرَةٌ مِنۡ فِضَّةٍ، فَنَحَرَ النَّبِيُّ ﷺ بِيَدِهِ ثَلَاثًا وَسِتِّينَ، وَنَحَرَ عَلِيٌّ مَا غَبَرَ. قِيلَ لَهُ: مَنۡ ذَكَرَهُ؟ قَالَ: جَعۡفَرٌ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ جَابِرٍ، وَابۡنُ أَبِي لَيۡلَى، عَنِ الۡحَكَمِ، عَنۡ مِقۡسَمٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ. [(حجة النبي ﷺ)(٦٧-٨٣)، دون الحجتين وجمل أبي جهل]. 

3076. [Sahih] Al-Qasim bin Muhammad bin ‘Abbad Al-Muhallabi telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah bin Dawud menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Sufyan menceritakan kepada kami. Beliau berkata: 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan haji sebanyak tiga kali. Dua haji sebelum beliau hijrah dan satu haji setelah hijrah, berangkat dari Madinah. Beliau menggabungkan umrah dengan hajinya. Unta yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bawa dan yang ‘Ali bawa berjumlah seratus unta. Di antaranya ada seekor unta milik Abu Jahl. Di hidung unta itu ada sebuah cincin dari perak. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelih dengan tangan beliau sebanyak 63 ekor dan ‘Ali menyembelih sisanya. 

Ada yang bertanya kepada Sufyan, “Siapa yang menyebutkan riwayat ini?” 

Sufyan menjawab, “Ja’far dari ayahnya, dari Jabir. Juga Ibnu Abu Laila dari Al-Hakam, dari Miqsam, dari Ibnu ‘Abbas.”