Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 3079 dan 3080

٨٦ – بَابُ فِدۡيَةُ الۡمُحۡصَرِ 
86. Bab fidiahnya muhshar 


٣٠٧٩ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ وَمُحَمَّدُ بۡنُ الۡوَلِيدِ، قَالَا: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ بۡنِ الۡأَصۡبَهَانِيِّ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مَعۡقِلٍ قَالَ: قَعَدۡتُ إِلَى كَعۡبِ بۡنِ عُجۡرَةَ فِي الۡمَسۡجِدِ، فَسَأَلۡتُهُ عَنۡ هَٰذِهِ الۡآيَةِ ﴿فَفِدۡيَةٌ مِنۡ صِيَامٍ أَوۡ صَدَقَةٍ أَوۡ نُسُكٍ﴾ قَالَ كَعۡبٌ: فِيَّ أُنۡزِلَتۡ، كَانَ بِي أَذًى مِنۡ رَأۡسِي فَحُمِلۡتُ إِلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ وَالۡقَمۡلُ يَتَنَاثَرُ عَلَى وَجۡهِي، فَقَالَ: (مَا كُنۡتُ أُرَى الۡجُهۡدَ بَلَغَ مِنۡكَ مَا أَرَى، أَتَجِدُ شَاةً؟) قُلۡتُ: لَا، قَالَ: فَنَزَلَتۡ هَٰذِهِ الۡآيَةُ: ﴿فَفِدۡيَةٌ مِنۡ صِيَامٍ أَوۡ صَدَقَةٍ أَوۡ نُسُكٍ﴾. قَالَ: فَالصَّوۡمُ ثَلَاثَةُ أَيَّامٍ، وَالصَّدَقَةُ عَلَى سِتَّةِ مَسَاكِينَ، لِكُلِّ مِسۡكِينٍ نِصۡفُ صَاعٍ مِنۡ طَعَامٍ، وَالنُّسُكُ شَاةٌ. [(الإرواء)(٤/٢٣١): ق]. 

3079. [Sahih] Muhammad bin Basysyar dan Muhammad bin Al-Walid telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami dari ‘Abdurrahman bin Al-Ashbahani, dari ‘Abdullah bin Ma’qil. 

Beliau berkata: Aku duduk menghadap Ka’b bin ‘Ujrah di dalam masjid, lalu aku bertanya kepada beliau tentang ayat ini, yang artinya, “Maka wajiblah atasnya berfidiah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau berkurban.” 

Ka’b berkata: Tentang akulah ayat ini diturunkan. Dahulu, aku menderita gangguan di kepalaku sehingga aku dibawa menghadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam keadaan kutu bertebaran di wajahku. 

Rasulullah bersabda, “Aku tadinya tidak mengira kesulitan menimpamu sampai seperti yang aku lihat. Apakah engkau mendapati seekor kambing?” 

Aku menjawab, “Tidak.” 

Ka’b berkata: Lalu ayat ini turun, yang artinya, “Maka wajiblah atasnya berfidiah, yaitu: berpuasa atau bersedekah atau berkurban.” Beliau berkata: Jadi fidiahnya adalah puasa tiga hari, sedekah kepada setiap enam orang miskin, setiap orang miskin setengah sha’ makanan, dan nusuk adalah seekor kambing. 

٣٠٨٠ – (حسن) حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمَٰنِ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ نَافِعٍ، عَنۡ أُسَامَةَ بۡنِ زَيۡدٍ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ كَعۡبٍ، عَنۡ كَعۡبِ بۡنِ عُجۡرَةَ قَالَ: أَمَرَنِي النَّبِيُّ ﷺ حِينَ آذَانِي الۡقَمۡلُ أَنۡ أَحۡلِقَ رَأۡسِي، وَأَصُومَ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ أَوۡ أُطۡعِمَ سِتَّةَ مَسَاكِينَ، وَقَدۡ عَلِمَ أَنۡ لَيۡسَ عِنۡدِي مَا أَنۡسُكُ. [(الإرواء)(٤/٢٣٢)]. 

3080. [Hasan] ‘Abdurrahman bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah bin Nafi’ menceritakan kepada kami dari Usamah bin Zaid, dari Muhammad bin Ka’b, dari Ka’b bin ‘Ujrah. Beliau berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan aku ketika kutu menggangguku agar menggundul kepalaku dan agar aku berpuasa tiga hari atau memberi makan enam orang miskin. Dan beliau telah mengetahui bahwa aku tidak memiliki hewan sembelihan.