Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 896 dan 897

٨٩٦ - حَدَّثَنَا مُسۡلِمُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ قَالَ: حَدَّثَنَا وُهَيۡبٌ قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ طَاوُسٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (نَحۡنُ الۡآخِرُونَ السَّابِقُونَ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ، أُوتُوا الۡكِتَابَ مِنۡ قَبۡلِنَا، وَأُوتِينَاهُ مِنۡ بَعۡدِهِمۡ، فَهَٰذَا الۡيَوۡمُ الَّذِي اخۡتَلَفُوا فِيهِ، فَهَدَانَا اللهُ، فَغَدًا لِلۡيَهُودِ، وَبَعۡدَ غَدٍ لِلنَّصَارَى). فَسَكَتَ‏.‏ 

896. Muslim bin Ibrahim telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Wuhaib menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ibnu Thawus menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kita adalah orang-orang yang akhir, namun mendahului pada hari kiamat. Mereka diberi kitab sebelum kita dan kita diberi kitab setelah mereka. (Jumat) ini adalah hari yang mereka berselisih padanya, lalu Allah memberi petunjuk kepada kita, sehingga hari esok untuk Yahudi dan lusa untuk Nasrani.” Lalu beliau diam. 

٨٩٧ - ثُمَّ قَالَ: (حَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسۡلِمٍ أَنۡ يَغۡتَسِلَ فِي كُلِّ سَبۡعَةِ أَيَّامٍ يَوۡمًا، يَغۡسِلُ فِيهِ رَأۡسَهُ وَجَسَدَهُ). [الحديث ٨٩٧ – طرفاه في: ٨٩٨، ٣٤٨٧]. 

897. Kemudian beliau bersabda, “Wajib atas setiap muslim untuk mandi di satu hari pada setiap tujuh hari sehingga dia membasuh kepala dan badannya.”