Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3860

٣٨٦٠ - حَدَّثَنَا مُوسَى بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ: حَدَّثَنَا عَمۡرُو بۡنُ يَحۡيَى بۡنِ سَعِيدٍ قَالَ: أَخۡبَرَنِي جَدِّي، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّهُ كَانَ يَحۡمِلُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ إِدَاوَةً لِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ، فَبَيۡنَمَا هُوَ يَتۡبَعُهُ بِهَا، فَقَالَ: (مَنۡ هَٰذَا؟) فَقَالَ: أَنَا أَبُو هُرَيۡرَةَ، فَقَالَ: (ابۡغِنِي أَحۡجَارًا أَسۡتَنۡفِضۡ بِهَا، وَلَا تَأۡتِنِي بِعَظۡمٍ وَلَا بِرَوۡثَةٍ). فَأَتَيۡتُهُ بِأَحۡجَارٍ أَحۡمِلُهَا فِي طَرَفِ ثَوۡبِي، حَتَّى وَضَعۡتُ إِلَى جَنۡبِهِ، ثُمَّ انۡصَرَفۡتُ، حَتَّى إِذَا فَرَغَ مَشَيۡتُ، فَقُلۡتُ: مَا بَالُ الۡعَظۡمِ وَالرَّوۡثَةِ؟ قَالَ: (هُمَا مِنۡ طَعَامِ الۡجِنِّ، وَإِنَّهُ أَتَانِي وَفۡدُ جِنِّ نَصِيبِينَ، وَنِعۡمَ الۡجِنُّ، فَسَأَلُونِي الزَّادَ، فَدَعَوۡتُ اللهَ لَهُمۡ أَنۡ لَا يَمُرُّوا بِعَظۡمٍ وَلَا بِرَوۡثَةٍ إِلَّا وَجَدُوا عَلَيۡهَا طَعَامًا). [طرفه في: ١٥٥]. 

3860. Musa bin Isma’il telah menceritakan kepada kami: ‘Amr bin Yahya bin Sa’id menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Kakekku mengabarkan kepadaku dari Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—: 

Dahulu, beliau membawakan sekantong air untuk air wudu dan hajat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Ketika Abu Hurairah mengikuti beliau dengan membawa itu, Nabi bertanya, “Siapa ini?” 

Abu Hurairah menjawab, “Saya Abu Hurairah.” 

Nabi bersabda, “Carikan untukku batu-batu yang bisa aku gunakan beristinja dan jangan bawakan tulang atau kotoran binatang untukku!” 

Aku pun memberi batu-batu kepada beliau yang aku bawa menggunakan ujung pakaianku hingga aku letakkan di samping beliau. Kemudian aku pergi. Hingga ketika beliau selesai, aku berjalan, lalu bertanya, “Ada apa dengan tulang dan kotoran binatang?” 

Nabi bersabda, “Keduanya termasuk makanan jin. Sungguh utusan jin dari Nashibin mendatangiku—mereka adalah sebaik-baik jin—dan mereka meminta bekal kepadaku. Aku berdoa kepada Allah untuk mereka agar tidaklah mereka melewati suatu tulang atau kotoran binatang kecuali mereka akan dapati makanan padanya.”