Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 273

٧٣ – (٢٧٣) - حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ التَّمِيمِيُّ: أَخۡبَرَنَا أَبُو خَيۡثَمَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ شَقِيقٍ، عَنۡ حُذَيۡفَةَ؛ قَالَ: كُنۡتُ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ، فَانۡتَهَىٰ إِلَى سُبَاطَةِ قَوۡمٍ، فَبَالَ قَائِمًا، فَتَنَحَّيۡتُ، فَقَالَ: (ادۡنُهۡ) فَدَنَوۡتُ حَتَّى قُمۡتُ عِنۡدَ عَقِبَيۡهِ. فَتَوَضَّأَ، فَمَسَحَ عَلَى خُفَّيۡهِ. 


73. (273). Yahya bin Yahya At-Tamimi telah menceritakan kepada kami: Abu Khaitsamah mengabarkan kepada kami dari Al-A’masy, dari Syaqiq, dari Hudzaifah. Beliau mengatakan: 

Aku pernah bersama Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, lalu beliau sampai ke tempat pembuangan sampah suatu kaum. Beliau lalu kencing dengan berdiri, maka aku menyingkir. Beliau bersabda, “Mendekatlah!” 

Aku pun mendekat hingga aku berdiri di dekat dua tumit beliau. Lalu beliau berwudu dan mengusap di atas kedua khuff-nya. 

٧٤ – (...) - حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا جَرِيرٌ، عَنۡ مَنۡصُورٍ، عَنۡ أَبِي وَائِلٍ؛ قَالَ: كَانَ أَبُو مُوسَىٰ يُشَدِّدُ فِي الۡبَوۡلِ. وَيَبُولُ فِي قَارُورَةٍ وَيَقُولُ: إِنَّ بَنِي إِسۡرَائِيلَ كَانَ إِذَا أَصَابَ جِلۡدَ أَحَدِهِمۡ بَوۡلٌ قَرَضَهُ بِالۡمَقَارِيضِ. فَقَالَ حُذَيۡفَةُ: لَوَدِدۡتُ أَنَّ صَاحِبَكُمۡ لَا يُشَدِّدُ هَٰذَا التَّشۡدِيدَ، فَلَقَدۡ رَأَيۡتُنِي أَنَا وَرَسُولُ اللهِ ﷺ نَتَمَاشَىٰ، فَأَتَى سُبَاطَةً خَلۡفَ حَائِطٍ، فَقَامَ كَمَا يَقُومُ أَحَدُكُمۡ، فَبَالَ. فَانۡتَبَذۡتُ مِنۡهُ، فَأَشَارَ إِلَىَّ فَجِئۡتُ، فَقُمۡتُ عِنۡدَ عَقِبِهِ حَتَّى فَرَغَ. 

74. Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami: Jarir mengabarkan kepada kami dari Manshur, dari Abu Wa`il. Beliau berkata: 

Dahulu Abu Musa terlalu bersikap kaku dalam perkara kencing. Beliau biasa kencing di dalam bejana kaca. Beliau berkata, “Sesungguhnya bani Israil itu, apabila kencing mengenai kulit salah seorang mereka, maka dia memotongnya dengan alat pemotong.” 

Hudzaifah berkata, “Aku sangat ingin kalau teman kalian itu tidak terlalu bersikap kaku seperti ini. Sungguh aku dan Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—pernah berjalan bersama. Beliau mendatangi tempat pembuangan sampah di belakang sebuah dinding. Beliau berdiri sebagaimana salah seorang kalian berdiri, lalu beliau kencing. Aku pun menyingkir dari beliau. Beliau memberi isyarat agar aku datang mendekat. Aku pun berdiri di belakang beliau hingga beliau selesai.”