Cari Blog Ini

Usdul Ghabah - 170. Usaid bin Hudhair

١٧٠ - أُسَيۡدُ بۡنُ حُضَيۡرٍ
170. Usaid bin Hudhair


ب د ع: أُسَيۡدُ، بِضَمِّ الۡهَمۡزَةِ أَيۡضًا هُوَ أُسَيۡدُ بۡنُ حُضَيۡرِ بۡنِ سِمَاكِ بۡنِ عَتِيكِ بۡنِ امۡرِىءِ الۡقَيۡسِ بۡنِ زَيۡدِ بۡنِ عَبۡدِ الۡأَشۡهَلِ بۡنِ جُشَمِ بۡنِ الۡحَارِثِ بۡنِ الۡخَزۡرَجِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ مَالِكِ بۡنِ الۡأَوۡسِ الۡأَنۡصَارِيُّ الۡأَوۡسِيُّ الۡأَشۡهَلِيُّ.

Usaid dengan mendamah huruf hamzah. Beliau adalah Usaid bin Hudhair bin Simak bin ‘Atik bin Imri`il Qais bin Zaid bin ‘Abdul Asyhal bin Jusyam bin Al-Harits bin Al-Khazraj bin ‘Amr bin Malik bin Al-Aus Al-Anshari Al-Ausi Al-Asyhali.

يُكۡنَى: أَبَا يَحۡيَى، بِابۡنِهِ يَحۡيَى، وَقِيلَ: أَبَا عِيسَى، كَنَّاهُ بِهَا النَّبِيُّ ﷺ وَقِيلَ: كُنۡيَتُهُ أَبُو عَتِيكٍ، وَقِيلَ: أَبُو حُضَيۡرٍ، وَقِيلَ: أَبُو عَمۡرٍو.

Dipanggil dengan kunyah Abu Yahya karena putranya bernama Yahya. Ada yang mengatakan Abu ‘Isa. Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memberinya nama kunyah dengannya. Ada yang berkata: Kunyah beliau adalah Abu ‘Atik. Ada pula yang mengatakan: Abu Hudhair. Ada pula yang mengatakan: Abu ‘Amr.

وَكَانَ أَبُوهُ حُضَيۡرٌ فَارِسَ الۡأَوۡسِ فِي حُرُوبِهِمۡ مَعَ الۡخَزۡرَجِ، وَكَانَ لَهُ حِصۡنٌ وَاقِمٌ وَكَانَ رَئِيسَ الۡأَوۡسِ يَوۡمَ بُعَاثٍ، وَأَسۡلَمَ أُسَيۡدُ قَبۡلَ سَعۡدِ بۡنِ مُعَاذٍ عَلَى يَدِ مُصۡعَبِ بۡنِ عُمَيۡرٍ بِالۡمَدِينَةِ، وَكَانَ إِسۡلَامُهُ بَعۡدَ الۡعَقَبَةِ الۡأُولَى، وَقِيلَ: الثَّانِيَةِ، وَكَانَ أَبُو بَكۡرٍ الصِّدِّيقُ، رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، يُكۡرِمُهُ وَلَا يُقَدِّمُ عَلَيۡهِ وَاحٍدًا، وَيَقُولُ: إِنَّه لَا خِلَافَ عِنۡدَهُ.

Ayah beliau, yaitu Hudhair, adalah seorang pasukan penunggang kuda suku Aus dalam perang mereka melawan Khazraj. Dahulu beliau memiliki benteng Waqim dan beliau adalah pemimpin suku Aus pada hari Bu’ats.

Usaid masuk Islam sebelum Sa’d bin Mu’adz melalui perantaraan Mush’ab bin ‘Umair di Madinah. Keislaman beliau adalah setelah baiat ‘Aqabah pertama. Ada yang mengatakan: kedua.

Dahulu, Abu Bakr Ash-Shiddiq—radhiyallahu ‘anhu—memuliakan Usaid dan tidak mendahulukan seorang pun terhadap Usaid. Abu Bakr juga mengatakan: Tidak ada perselisihan di sisinya.

أُمُّهُ أُمُّ أُسَيۡدِ بِنۡتِ السَّكَنِ، وَشَهِدَ الۡعَقَبَةَ الثَّانِيَةَ، وَكَانَ نَقِيبًا لِبَنِي عَبۡدِ الۡأَشۡهَلِ، وَقَدِ اخۡتُلِفَ فِي شُهُودِهِ بَدۡرًا، فَقَالَ ابۡنُ إِسۡحَاقَ وَابۡنُ الۡكَلۡبِيِّ: لَمۡ يَشۡهَدۡهَا، وَقَالَ غَيۡرُهُمَا: شَهِدَهَا وَشَهِدَ أُحُدًا وَمَا بَعۡدَهَا مِنَ الۡمَشَاهِدِ، وَشَهِدَ مَعَ عُمَرَ فَتۡحَ الۡبَيۡتِ الۡمَقۡدِسِ.

Ibunya adalah Umu Usaid binti As-Sakan.

Usaid mengikuti baiat ‘Aqabah kedua. Beliau adalah ketua bani ‘Abdul Asyhal.

Keikutsertaan beliau dalam perang Badr diperselisihkan. Ibnu Ishaq dan Ibnu Al-Kalbi berkata: Usaid tidak mengikutinya. Adapun selain keduanya berkata: Usaid mengikutinya, mengikuti perang Uhud, dan peperangan setelahnya. Beliau juga mengikuti penaklukan Baitulmaqdis bersama ‘Umar.

رَوَى عَنۡهُ كَعۡبُ بۡنُ مَالِكٍ وَأَبُو سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيُّ، وَأَنَسُ بۡنُ مَالِكٍ، وَعَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا.

Yang meriwayatkan dari beliau adalah Ka’b bin Malik, Abu Sa’id Al-Khudri, Anas bin Malik, dan ‘Aisyah—radhiyallahu ‘anha.

وَآخَى رَسُولُ اللهِ ﷺ بَيۡنَهُ وَبَيۡنَ زَيۡدِ بۡنِ حَارِثَةَ، وَكَانَ مِنۡ أَحۡسَنِ النَّاسِ صَوۡتًا بِالۡقُرۡآنِ، وَكَانَ أَحَدَ الۡعُقَلَاءِ الۡكَمَلَةِ أَهۡلَ الرَّأۡيِ، وَلَهُ فِي بَيۡعَةِ أَبِي بَكۡرٍ أَثَرٌ عَظِيمٌ.

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mempersaudarakan Usaid dengan Zaid bin Haritsah. Usaid termasuk orang yang paling bagus suara bacaan Alqurannya. Beliau adalah salah satu sahabat yang cerdas dan yang sempurna dalam menggunakan akal dan kias. Beliau memiliki pengaruh yang besar dalam pembaiatan Abu Bakr.

رَوَى عَنۡهُ أَنَسُ بۡنُ مَالِكٍ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ لِلۡأَنۡصَارِ: (إِنَّكُمۡ سَتَرَوۡنَ بَعۡدِي أَثَرَةً)، قَالُوا: فَمَا تَأۡمُرُنَا يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: (اصۡبِرُوا حَتَّى تَلَقَّوۡنِي عَلَى الۡحَوۡضِ).

Anas bin Malik meriwayatkan dari beliau, bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda kepada sahabat ansar, “Sesungguhnya kalian akan melihat sikap mementingkan diri sendiri sepeninggalku.”

Para sahabat bertanya, “Lalu apa yang engkau perintahkan kepada kami, wahai Rasulullah?”

Nabi bersabda, “Sabarlah kalian sampai kalian menemuiku di haud!”

أَخۡبَرَنَا أَبُو مُحَمَّدٍ الۡقَاسِمُ بۡنُ عَلِيِّ بۡنِ هِبَةِ اللهِ بۡنِ عَسَاكِرَ عَنۡ أَبِي الۡمُظَفَّرِ الۡقُشَيۡرِيِّ إِجَازَةً، قَالَ: أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡقَاسِمِ عَبۡدُ الۡكَرِيمِ، أَخۡبَرَنَا أَبُو نُعَيۡمٍ عَبۡدُ الۡمَلِكِ بۡنُ الۡحَسَنِ الۡأَزۡهَرِيُّ، أَخۡبَرَنَا أَبُو عَوَانَةَ يَعۡقُوبُ بۡنُ إِسۡحَاقَ الۡحَافِظُ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَبۡدِ الۡحَكِيمِ، أَخۡبَرَنَا أَبِي وَشُعَيۡبُ بۡنُ اللَّيۡثِ عَنِ اللَّيۡثِ عن خَالِدٍ، هُوَ ابۡنُ يَزِيدَ، عَنۡ أَبِي هِلَالٍ، يَعۡنِي: سَعۡدًا، عَنۡ يَزِيدَ بۡنِ الۡهَادِ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ خَبَّابٍ، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ، عَنۡ أُسَيۡدِ بۡنِ حُضَيۡرٍ، وَكَانَ مِنۡ أَحۡسَنِ النَّاسِ صَوۡتًا بِالۡقُرۡآنِ، قَالَ: قَرَأۡتُ لَيۡلَةً سُورَةَ الۡبَقَرَةِ، وَفَرَسٌ لِي مَرۡبُوطٌ، وَيَحۡيَى ابۡنِي مُضۡطَجِعٌ قَرِيبٌ مِنِّي وَهُوَ غُلَامٌ، فَجَالَتِ الۡفَرَسُ، فَقُمۡتُ، وَلَيۡسَ لِي هَمٌّ إِلَّا ابۡنِي، ثُمَّ قَرَأۡتُ، فَجَالَتِ الۡفَرَسُ، فَقُمۡتُ وَلَيۡسَ لِي هَمٌّ إِلَّا ابۡنِي، ثُمَّ قَرَأۡتُ فَجَالَتِ الۡفَرَسُ، فَرَفَعۡتُ رَأۡسِي، فَإِذَا شَيۡءٌ كَهَيۡئَةِ الظُّلَّةِ فِي مِثۡلِ الۡمَصَابِيحِ، مُقۡبِلٌ مِنَ السَّمَاءِ فَهَالَنِي، فَسَكَتُّ، فَلَمَّا أَصۡبَحۡتُ غَدَوۡتُ عَلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ فَأَخۡبَرۡتُهُ فَقَالَ: (اقۡرَأۡ يَا أَبَا يَحۡيَى)؛ فَقُلۡتُ: قَدۡ قَرَأۡتُ، فَجَالَتۡ فَقُمۡتُ لَيۡسَ هَمٌّ لِي إِلَّا ابۡنِي، فَقَالَ لِي: (اقۡرَأۡ يَا أَبَا يَحۡيَى)، فَقُلۡتُ: قَدۡ قَرَأۡتُ فَجَالَتِ الۡفَرَسُ فَقَالَ: (اقۡرَأۡ أَبَا حُضَيۡرٍ) فَقُلۡتُ: قَدۡ قَرَأۡتُ فَرَفَعۡتُ رَأۡسِي فَإِذَا كَهَيۡئَةِ الظُّلَّةِ فِيهَا الۡمَصَابِيحُ فَهَالَنِي؛ فَقَالَ: (تِلۡكَ الۡمَلَائِكَةُ دَنَوۡا لِصَوۡتِكَ؛ وَلَوۡ قَرَأۡتَ حَتَّى تُصۡبِحَ لَأَصۡبَحَ النَّاسُ يَنۡظُرُونَ إِلَيۡهِمۡ).

Abu Muhammad Al-Qasim bin ‘Ali bin Hibatullah bin ‘Asakir telah mengabarkan kepada kami dari Abu Al-Muzhaffar Al-Qusyairi dengan metode ijazah. Beliau berkata: Abu Al-Qasim ‘Abdul Karim mengabarkan kepada kami: Abu Nu’aim ‘Abdul Malik bin Al-Hasan Al-Azhari mengabarkan kepada kami: Abu ‘Awanah Ya’qub bin Ishaq Al-Hafizh mengabarkan kepada kami: Muhammad bin ‘Abdullah bin ‘Abdul Hakim menceritakan kepada kami: Ayahku dan Syu’aib bin Al-Laits mengabarkan kepada kami dari Al-Laits, dari Khalid bin Yazid, dari Abu Hilal Sa’d, dari Yazid bin Al-Had, dari ‘Abdullah bin Khabbab, dari Abu Sa’id Al-Khudri, dari Usaid bin Hudhair. Beliau termasuk orang yang suara bacaan Alqurannya bagus. Beliau berkata:

Suatu malam aku membaca surah Al-Baqarah, sementara kudaku tertambat dan putraku yang masih kecil sedang berbaring di dekatku. Kudaku tiba-tiba berjalan berputar. Aku pun berdiri. Tidak ada yang mengkhawatirkanku kecuali putraku. Aku melanjutkan membaca dan kuda itu tetap berjalan berkeliling. Aku mendongakkan kepalaku. Ternyata ada sesuatu seperti halnya naungan dalam bentuk seperti pelita-pelita yang datang dari langit sehingga membuatku takut. Aku pun diam.

Keesokannya, aku pergi menemui Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, lalu aku kabarkan hal itu kepada beliau. Beliau bersabda, “Bacalah, wahai Abu Yahya!”

Aku berkata, “Aku telah membaca, lalu kudaku berkeliling sehingga aku berdiri. Tidak ada yang mengkhawatirkanku kecuali putraku.”

Rasulullah bersabda, “Bacalah, wahai Abu Yahya!”

Aku berkata, “Aku sudah membaca, kudaku tetap saja berkeliling.”

Rasulullah bersabda, “Bacalah, wahai Abu Hudhair!”

Aku berkata, “Aku sudah membaca. Lalu aku dongakkan kepalaku, ternyata ada semacam naungan yang berisi pelita-pelita sehingga membuatku takut.”

Rasulullah bersabda, “Itu adalah malaikat yang mendekat untuk mendengar suaramu. Andai engkau membaca sampai subuh, niscaya orang-orang akan bisa melihat mereka.”

أَخۡبَرَنَا أَبُو مَنۡصُورِ بۡنُ مُكَارِمِ بۡنِ أَحۡمَدَ الۡمُؤَدِّبُ، أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡقَاسِمِ نَصۡرُ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ مُحَمَّدِ بۡنِ صَفۡوَانَ، أَخۡبَرَنَا الۡخَطِيبُ أَبُو الۡحَسَنِ عَلِيُّ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ السَّرَّاجُ، أَخۡبَرَنَا أَبُو طَاهِرٍ هِبَةُ اللهِ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ أَنَسٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الۡحَسَنِ عَلِيُّ بۡنُ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ طَوۡقٍ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو جَابِرٍ عَبۡدُ الۡعَزِيزِ بۡنُ حَيَّانَ قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا الۡمُعَافَى بۡنُ عِمۡرَانَ عَنۡ سُلَيۡمَانَ بۡنِ بِلَالٍ، عَنۡ سُهَيۡلٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (نِعۡمَ الرَّجُلُ أَبُو عُبَيۡدَةَ بۡنُ الۡجَرَّاحِ، نِعۡمَ الرَّجُلُ مُعَاذُ بۡنُ جَبَلٍ، نِعۡمَ الرَّجُلُ أُسَيۡدُ بۡنُ حُضَيۡرٍ، نِعۡمَ الرَّجُلُ مُعَاذُ بۡنُ عَمۡرِو بۡنِ الۡجَمُوحِ).

Abu Manshur bin Mukarim bin Ahmad Al-Muaddib telah mengabarkan kepada kami: Abu Al-Qasim Nashr bin Ahmad bin Muhammad bin Shafwan mengabarkan kepada kami: Al-Khathib Abu Al-Hasan ‘Ali bin Ibrahim As-Sarraj mengabarkan kepada kami: Abu Thahir Hibatulah bin Ibrahim bin Anas mengabarkan kepada kami. Beliau berkata: Abu Al-Hasan ‘Ali bin ‘Ubaidullah bin Thauq menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Jabir ‘Abdul ‘Aziz bin Hayyan menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Muhammad bin ‘Abdullah bin ‘Ammar menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Mu’afa bin ‘Imran menceritakan kepada kami dari Sulaiman bin Bilal, dari Suhail, dari ayahnya, dari Abu Hurairah:

Bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Sebaik-baik pria adalah Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarrah. Sebaik-baik pria adalah Mu’adz bin Jabal. Sebaik-baik pria adalah Usaid bin Hudhair. Sebaik-baik pria adalah Mu’adz bin ‘Amr bin Al-Jamuh.”

تُوُفِّيَ أُسَيۡدُ بۡنُ حُضَيۡرٍ فِي شَعۡبَانَ سَنَةَ عِشۡرِينَ، وَحَمَلَ عُمَرُ بۡنُ الۡخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ السَّرِيرَ حَتَّى وَضَعَهُ بِالۡبَقِيعِ؛ وَصَلَّى عَلَيۡهِ، وَأَوۡصَى إِلَى عُمَرَ، فَنَظَرَ عُمَرُ فِي وَصِيَّتِهِ، فَوَجَدَ عَلَيۡهِ أَرۡبَعَةَ آلَافِ دِينَارٍ، فَبَاعَ ثم نَخۡلَة أَرۡبَعَ سِنِينَ بِأَرۡبَعَةِ آلَافٍ، وَقَضَى دَيۡنَهُ.

Usaid bin Hudhair wafat di bulan Syakban pada tahun 20 H. ‘Umar bin Al-Khaththab—radhiyallahu ‘anhu­—mengusung kerandanya hingga beliau letakkan di Baqi’ dan beliau menyalatkannya.

Usaid menulis wasiat kepada ‘Umar. ‘Umar melihat ke wasiatnya. Beliau dapati bahwa Usaid memiliki utang empat ribu dinar. ‘Umar menjual panenan kebun kurmanya selama empat tahun seharga empat ribu dinar dan ‘Umar pun melunasi utang Usaid.

أَخۡرَجَهُ ثَلَاثَتُهُمۡ.

Biografi beliau disebutkan oleh tiga orang (Ibnu Mandah, Abu Nu’aim, dan Abu ‘Umar).

حُضَيۡرُ بِضَمِّ الۡحَاءِ الۡمُهۡمَلَةِ وَفَتۡحِ الضَّادِ الۡمُعۡجَمَةِ وَبَعۡدَهَا يَاءٌ تَحۡتَهَا نُقۡطَتَانِ، وَآخِرُهُ رَاءٌ.

Hudhair dengan men-damah huruf ha tanpa titik dan mem-fatah huruf ḍad dengan titik. Setelah itu adalah huruf ya yang ada dua titik di bawah. Huruf terakhir adalah huruf ra.