Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1001, 1002, dan 1003

٧ - بَابُ الۡقُنُوتِ قَبۡلَ الرُّكُوعِ وَبَعۡدَهُ
7. Bab kunut sebelum rukuk dan setelahnya


١٠٠١ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ زَيۡدٍ، عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ مُحَمَّدٍ، قَالَ: سُئِلَ أَنَسٌ: أَقَنَتَ النَّبِيُّ ﷺ فِي الصُّبۡحِ؟ قَالَ: نَعَمۡ. فَقِيلَ لَهُ: أَوَقَنَتَ قَبۡلَ الرُّكُوعِ؟ قَالَ: بَعۡدَ الرُّكُوعِ يَسِيرًا.

[الحديث ١٠٠١ – أطرافه في: ١٠٠٢، ١٠٠٣، ١٣٠٠، ٢٨٠١، ٢٨١٤، ٣٠٦٤، ٣١٧٠، ٤٠٨٨، ٤٠٨٩، ٤٠٩٠، ٤٠٩١، ٤٠٩٢، ٤٠٩٤، ٤٠٩٥، ٤٠٩٦، ٦٣٩٤، ٧٣٤١].

1001. Musaddad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami dari Ayyub, dari Muhammad. Beliau berkata:

Anas ditanya, “Apakah Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—membaca kunut dalam salat Subuh?”

Anas menjawab, “Iya.”

Lalu beliau ditanya, “Apakah beliau membaca kunut sebelum rukuk?”

Anas menjawab, “Sejenak setelah rukuk.”

١٠٠٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَاحِدِ قَالَ: حَدَّثَنَا عَاصِمٌ قَالَ: سَأَلۡتُ أَنَسَ بۡنَ مَالِكٍ عَنِ الۡقُنُوتِ، فَقَالَ: قَدۡ كَانَ الۡقُنُوتُ. قُلۡتُ: قَبۡلَ الرُّكُوعِ أَوۡ بَعۡدَهُ؟ قَالَ: قَبۡلَهُ. قَالَ: فَإِنَّ فُلَانًا أَخۡبَرَنِي عَنۡكَ أَنَّكَ قُلۡتَ بَعۡدَ الرُّكُوعِ! فَقَالَ: كَذَبَ، إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللهِ ﷺ بَعۡدَ الرُّكُوعِ شَهۡرًا، أُرَاهُ كَانَ بَعَثَ قَوۡمًا يُقَالُ لَهُمُ الۡقُرَّاءُ، زُهَاءَ سَبۡعِينَ رَجُلًا، إِلَى قَوۡمٍ مِنَ الۡمُشۡرِكِينَ دُونَ أُولَٰئِكَ، وَكَانَ بَيۡنَهُمۡ وَبَيۡنَ رَسُولِ اللهِ ﷺ عَهۡدٌ، فَقَنَتَ رَسُولُ اللهِ ﷺ شَهۡرًا يَدۡعُو عَلَيۡهِمۡ. [طرفه في: ١٠٠١].

1002. Musaddad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdul Wahid menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Ashim menceritakan kepada kami.

Beliau berkata: Aku bertanya kepada Anas bin Malik tentang kunut. Beliau berkata, “Dahulu kunut pernah disyariatkan.”

Aku bertanya, “Sebelum rukuk atau setelahnya?”

Anas menjawab, “Sebelumnya.”

‘Ashim berkata, “Sesungguhnya Polan mengabarkan kepadaku darimu bahwa engkau mengatakan setelah rukuk.”

Anas berkata, “Dia keliru. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—hanyalah membaca kunut setelah rukuk selama sebulan. Aku mengira latar belakang disyariatkan kunut itu adalah dahulu beliau mengutus beberapa orang yang disebut qurra` (para ahli qari) kira-kira sebanyak tujuh puluh orang kepada kaum musyrikin yang jumlahnya lebih sedikit. Dahulu ada perjanjian antara kaum musyrikin itu dengan Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, (namun kaum musyrikin malam membunuh utusan tersebut). Lalu Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—membaca kunut selama sebulan mendoakan kejelekan untuk mereka.”

١٠٠٣ - أَخۡبَرَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ يُونُسَ قَالَ: حَدَّثَنَا زَائِدَةُ، عَنِ التَّيۡمِيِّ، عَنۡ أَبِي مِجۡلَزٍ، عَنۡ أَنَسٍ قَالَ: قَنَتَ النَّبِيُّ ﷺ شَهۡرًا، يَدۡعُو عَلَى رِعۡلٍ وَذَكۡوَانَ.

[طرفه في: ١٠٠١].

1003. Ahmad bin Yunus telah mengabarkan kepada kami. Beliau berkata: Za`idah menceritakan kepada kami dari At-Taimi, dari Abu Mijlaz, dari Anas. Beliau berkata: Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—membaca kunut selama sebulan. Beliau mendoakan kejelekan untuk kabilah Ri’l dan Dzakwan.