Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 1231

١٨ - بَابُ مَا جَاءَ فِي النَّهۡيِ عَنۡ بَيۡعَتَيۡنِ فِي بَيۡعَةٍ
18. Bab riwayat tentang larangan dua jual beli dalam satu transaksi


١٢٣١ – (صحيح) حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدَةُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ عَمۡرٍو، عَنۡ أَبِي سَلَمَةَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: نَهَى رَسُولُ اللهِ ﷺ عَنۡ بَيۡعَتَيۡنِ فِي بَيۡعَةٍ. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو، وَابۡنِ عُمَرَ، وَابۡنِ مَسۡعُودٍ. حَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ. وَقَدۡ فَسَّرَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ، قَالُوا: بَيۡعَتَيۡنِ، فِي بَيۡعَةٍ، أَنۡ يَقُولَ: أَبِيعُكَ هَٰذَا الثَّوۡبَ بِنَقۡدٍ بِعَشَرَةٍ، وَبِنَسِيئَةٍ بِعِشۡرِينَ، وَلَا يُفَارِقُهُ عَلَى أَحَدِ الۡبَيۡعَيۡنِ، فَإِذَا فَارَقَهُ عَلَى أَحَدِهِمَا، فَلَا بَأۡسَ إِذَا كَانَتِ الۡعُقۡدَةُ عَلَى وَاحِدٍ مِنۡهُمَا. قَالَ الشَّافِعِيُّ: وَمِنۡ مَعۡنَى نَهۡيِ النَّبِيِّ ﷺ عَنۡ بَيۡعَتَيۡنِ فِي بَيۡعَةٍ، أَنۡ يَقُولَ: أَبِيعُكَ دَارِي هَٰذِهِ بِكَذَا. عَلَى أَنۡ تَبِيعَنِي غُلَامَكَ بِكَذَا. فَإِذَا وَجَبَ لِي غُلَامُكَ وَجَبَتۡ لَكَ دَارِي، وَهَٰذَا يُفَارِقُ عَنۡ بَيۡعٍ بِغَيۡرِ ثَمَنٍ مَعۡلُومٍ، وَلَا يَدۡرِي كُلُّ وَاحِدٍ مِنۡهُمَا عَلَى مَا وَقَعَتۡ عَلَيۡهِ صَفۡقَتُهُ. [(المشكاة)(٢٨٦٨)، (الإرواء)(٥/١٤٩)].

1231. [Sahih] Hannad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdah bin Sulaiman menceritakan kepada kami dari Muhammad bin ‘Amr, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah. Beliau berkata: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—melarang dua jual beli dalam satu transaksi.

Di dalam bab ini, ada riwayat dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Ibnu ‘Umar, dan Ibnu Mas’ud.

Hadis Abu Hurairah adalah hadis hasan sahih. Para ulama beramal atas dasar hadis ini.

Sebagian ulama telah menafsirkan. Mereka berkata, “Dua jual beli dalam satu transaksi adalah seseorang mengatakan: Aku menjual pakaian ini kepadamu dengan harga sepuluh secara kontan dan dua puluh secara kredit. Dia tidak memisahkan (memilih) salah satu dari dua cara tersebut. Jadi, apabila dia sudah memilih salah satunya, tidak mengapa ketika akad dengan salah satu cara tersebut.

Asy-Syafi’i berkata: Termasuk makna larangan Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dari dua jual beli dalam satu transaksi adalah seseorang berkata: Aku menjual rumahku ini kepadamu seharga sekian dengan syarat engkau menjual budakmu kepadaku seharga sekian. Jika budakmu sudah menjadi milikku, rumahku menjadi milikmu. Dia melakukan jual beli yang terpisah dengan harga yang tidak diketahui dan setiap salah satu pihak dari keduanya tidak tahu, transaksinya terjadi pada syarat yang mana.