Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 938 dan 939

٤٠ - بَابُ قَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: ﴿فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانۡتَشِرُوا فِي الۡأَرۡضِ وَابۡتَغُوا مِنۡ فَضۡلِ اللهِ﴾ [الجمعة: ١٠]
40. Bab firman Allah taala, “Apabila salat telah ditunaikan, bertebaranlah di muka bumi dan carilah karunia Allah.” (QS. Al-Jumu’ah: 10)


٩٣٨ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ أَبِي مَرۡيَمَ قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو غَسَّانَ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبُو حَازِمٍ عَنۡ سَهۡلٍ قَالَ: كَانَتۡ فِينَا امۡرَأَةٌ تَجۡعَلُ عَلَى أَرۡبِعَاءَ فِي مَزۡرَعَةٍ لَهَا سِلۡقًا، فَكَانَتۡ إِذَا كَانَ يَوۡمُ جُمُعَةٍ، تَنۡزِعُ أُصُولَ السِّلۡقِ فَتَجۡعَلُهُ فِي قِدۡرٍ، ثُمَّ تَجۡعَلُ عَلَيۡهِ قَبۡضَةً مِنۡ شَعِيرٍ تَطۡحَنُهَا، فَتَكُونُ أُصُولُ السِّلۡقِ عَرۡقَهُ، وَكُنَّا نَنۡصَرِفُ مِنۡ صَلَاةِ الۡجُمُعَةِ فَنُسَلِّمُ عَلَيۡهَا، فَتُقَرِّبُ ذٰلِكَ الطَّعَامَ إِلَيۡنَا فَنَلۡعَقُهُ، وَكُنَّا نَتَمَنَّى يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ لِطَعَامِهَا ذٰلِكَ.

[الحديث ٩٣٨ - أطرافه في: ٩٣٩، ٩٤١، ٢٣٤٩، ٥٤٠٣، ٦٢٤٨، ٦٢٧٩].

938. Sa’id bin Abu Maryam telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Ghassan menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Hazim menceritakan kepadaku dari Sahl. Beliau berkata: Dahulu di tempat kami ada seorang wanita yang menanam semacam tumbuhan umbi di tepi sungai kecil di ladangnya. Ketika datang hari Jumat, dia mencabut akar tumbuhan itu lalu meletakkannya di dalam sebuah periuk. Kemudian dia menaburkan segenggam barli yang dia tumbuk di atasnya sehingga akar tumbuhan itu sebagai pengganti daging. Setelah kami salat Jumat, kami biasa mengucapkan salam kepadanya, lalu dia mendekatkan makanan itu kepada kami, lalu kamipun menyantap makanan tersebut dengan cara menjilatinya. Kami dahulu mengharapkan (kedatangan) hari Jumat karena makanan yang dia hidangkan itu.

٩٣٩ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ سَهۡلٍ بِهٰذَا، وَقَالَ: مَا كُنَّا نَقِيلُ وَلَا نَتَغَدَّى إِلَّا بَعۡدَ الۡجُمُعَةِ. [طرفه في: ٩٣٨].

939. ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ibnu Abu Hazim menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Sahl dengan hadis ini dan beliau berkata: Kami dahulu tidak beristirahat siang dan tidak makan siang kecuali setelah salat Jumat.