Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 6636

٦٦٣٦ - حَدَّثَنَا أَبُو الۡيَمَانِ: أَخۡبَرَنَا شُعَيۡبٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي عُرۡوَةُ، عَنۡ أَبِي حُمَيۡدٍ السَّاعِدِيِّ أَنَّهُ أَخۡبَرَهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ اسۡتَعۡمَلَ عَامِلًا، فَجَاءَهُ الۡعَامِلُ حِينَ فَرَغَ مِنۡ عَمَلِهِ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، هٰذَا لَكُمۡ وَهٰذَا أُهۡدِيَ لِي. فَقَالَ لَهُ: (أَفَلَا قَعَدۡتَ فِي بَيۡتِ أَبِيكَ وَأُمِّكَ، فَنَظَرۡتَ أَيُهۡدَى لَكَ أَمۡ لَا!؟) ثُمَّ قَامَ رَسُولُ اللهِ ﷺ عَشِيَّةً بَعۡدَ الصَّلَاةِ، فَتَشَهَّدَ وَأَثۡنَى عَلَى اللهِ بِمَا هُوَ أَهۡلُهُ، ثُمَّ قَالَ: (أَمَّا بَعۡدُ، فَمَا بَالُ الۡعَامِلِ نَسۡتَعۡمِلُهُ، فَيَأۡتِينَا فَيَقُولُ: هٰذَا مِنۡ عَمَلِكُمۡ، وَهٰذَا أُهۡدِيَ لِي، أَفَلَا قَعَدَ فِي بَيۡتِ أَبِيهِ وَأُمِّهِ فَنَظَرَ: هَلۡ يُهۡدَى لَهُ أَمۡ لَا؟! فَوَالَّذِي نَفۡسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ، لَا يَغُلُّ أَحَدُكُمۡ مِنۡهَا شَيۡئًا إِلَّا جَاءَ بِهِ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ يَحۡمِلُهُ عَلَى عُنُقِهِ، إِنۡ كَانَ بَعِيرًا جَاءَ بِهِ لَهُ رُغَاءٌ، وَإِنۡ كَانَتۡ بَقَرَةً جَاءَ بِهَا لَهَا خُوَارٌ، وَإِنۡ كَانَتۡ شَاةً جَاءَ بِهَا تَيۡعَرُ، فَقَدۡ بَلَّغۡتُ). فَقَالَ أَبُو حُمَيۡدٍ: ثُمَّ رَفَعَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَدَهُ، حَتَّى إِنَّا لَنَنۡظُرُ إِلَى عُفۡرَةِ إِبۡطَيۡهِ. قَالَ أَبُو حُمَيۡدٍ: وَقَدۡ سَمِعَ ذٰلِكَ مَعِي زَيۡدُ بۡنُ ثَابِتٍ، مِنَ النَّبِيِّ ﷺ، فَسَلُوهُ. [طرفه في: ٩٢٥].

6636. Abu Al-Yaman telah menceritakan kepada kami: Syu’aib mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri. Beliau berkata: ‘Urwah mengabarkan kepadaku dari Abu Humaid As-Sa’idi, bahwa beliau mengabarkan kepadanya:

Bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menugaskan seorang petugas pemungut zakat. Selesai dari tugasnya, petugas itu datang kepada beliau lalu berkata, “Wahai Rasulullah, ini untuk Anda dan ini dihadiahkan kepadaku.”

Rasulullah bersabda, “Mengapa engkau tidak duduk di rumah ayah atau ibumu, lalu engkau tunggu apakah harta itu dihadiahkan kepadamu atau tidak?!”

Kemudian Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berdiri di sore hari setelah salat. Beliau membaca syahadat dan menyanjung Allah dengan sanjungan kemuliaan yang Dia miliki. Kemudian beliau bersabda, “Amabakdu, ada apa dengan petugas yang kami tugaskan lalu dia datang kepada kami seraya berkata, ‘Ini hasil dari tugas yang Anda amanatkan kepada saya, sedangkan ini hadiah untuk saya.’ Mengapa dia tidak duduk saja di rumah ayah atau ibunya lalu dia tunggu apakah dia diberi hadiah atau tidak?! Demi Allah yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, tidaklah salah seorang kalian berkhianat sedikit saja dalam harta zakat, kecuali dia akan datang pada hari kiamat dengan memikulnya di atas lehernya. Bisa jadi nanti yang dipikulnya berupa seekor unta yang bersuara atau berupa seekor sapi yang melenguh atau seekor kambing yang mengembik. Aku telah menyampaikan.”

Abu Humaid berkata: Kemudian Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengangkat tangannya hingga kami benar-benar bisa melihat putih kedua ketiak beliau. Abu Humaid berkata: Zaid bin Tsabit juga telah mendengar hal itu bersamaku dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, silakan kalian bertanya kepadanya.