Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 1175 dan 1176

٣١ – بَابُ صَلَاةِ الضُّحَى فِي السَّفَرِ
31. Bab salat Duha ketika safar


١١٧٥ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا يَحۡيَى، عَنۡ شُعۡبَةَ، عَنۡ تَوۡبَةَ، عَنۡ مُوَرِّقٍ قَالَ: قُلۡتُ لِابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَتُصَلِّي الضُّحَى؟ قَالَ: لَا، قُلۡتُ: فَعُمَرُ؟ قَالَ: لَا، قُلۡتُ: فَأَبُو بَكۡرٍ؟ قَالَ: لَا، قُلۡتُ فَالنَّبِيُّ ﷺ؟ قَالَ: لَا إِخَالُهُ.

1175. Musaddad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Yahya menceritakan kepada kami dari Syu’bah, dari Taubah, dari Muwarriq. Beliau berkata:

Aku bertanya kepada Ibnu ‘Umar—radhiyallahu ‘anhuma—, “Apa engkau salat Duha?”

Beliau menjawab, “Tidak.”

Aku bertanya, “Kalau ‘Umar?”

Beliau menjawab, “Tidak.”

Aku bertanya, “Kalau Abu Bakr?”

Beliau menjawab, “Tidak.”

Aku bertanya, “Kalau Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—?”

Beliau menjawab, “Aku mengira beliau tidak melakukannya.”

١١٧٦ - حَدَّثَنَا آدَمُ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ: حَدَّثَنَا عَمۡرُو بۡنُ مُرَّةَ قَالَ: سَمِعۡتُ عَبۡدَ الرَّحۡمٰنِ بۡنَ أَبِي لَيۡلَى يَقُولُ: مَا حَدَّثَنَا أَحَدٌ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ ﷺ يُصَلِّي الضُّحَى غَيۡرَ أُمِّ هَانِيءٍ، فَإِنَّهَا قَالَتۡ: إِنَّ النَّبِيَّ ﷺ دَخَلَ بَيۡتَهَا يَوۡمَ فَتۡحِ مَكَّةَ، فَاغۡتَسَلَ، وَصَلَّى ثَمَانِيَ رَكَعَاتٍ، فَلَمۡ أَرَ صَلَاةً قَطُّ أَخَفَّ مِنۡهَا غَيۡرَ أَنَّهُ يُتِمُّ الرُّكُوعَ وَالسُّجُودَ. [طرفاه في: ٦٧٠، ١١٠٣].

1176. Adam telah menceritakan kepada kami: Syu’bah memceritakan kepada kami: ‘Amr bin Murrah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar ‘Abdurrahman bin Abu Laila berkata:

Tidak ada seorang pun yang menceritakan kepada kami bahwa dia melihat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—melakukan salat Duha kecuali Umu Hani`. Beliau mengatakan bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—masuk rumahnya pada hari fatah Makkah, lalu mandi, dan salat delapan rakaat. Beliau berkata, “Aku tidak pernah melihat beliau salat lebih ringan daripada itu hanya saja beliau tetap menyempurnakan rukuk dan sujud.”