Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 6321

١٤ - بَابُ الدُّعَاءِ نِصۡفَ اللَّيۡلِ
14. Bab doa di separuh malam


٦٣٢١ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡعَزِيزِ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: حَدَّثَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ أَبِي عَبۡدِ اللهِ الۡأَغَرِّ، وَأَبِي سَلَمَةَ بۡنِ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيۡلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنۡيَا، حِينَ يَبۡقَى ثُلُثُ اللَّيۡلِ الۡآخِرُ، يَقُولُ: مَنۡ يَدۡعُونِي فَأَسۡتَجِيبَ لَهُ؟ مَنۡ يَسۡأَلُنِي فَأُعۡطِيَهُ؟ وَمَنۡ يَسۡتَغۡفِرُنِي فَأَغۡفِرَ لَهُ؟). [طرفه في: ١١٤٥].

6321. ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami: Malik menceritakan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari Abu ‘Abdullah Al-Agharr dan Abu Salamah bin ‘Abdurrahman, dari Abu Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—:

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Tuhan kita yang Mahasuci dan Mahatinggi turun pada setiap malam ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam yang akhir. Dia berkata: Siapakah yang berdoa kepada-Ku, lalu Aku akan mengabulkannya? Siapakah yang meminta kepada-Ku, lalu Aku akan memberinya? Siapakah yang meminta ampun kepada-Ku, lalu Aku akan mengampuninya?”