Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 867

٤٣ – (٨٦٧) – وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّىٰ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَهَّابِ بۡنُ عَبۡدِ الۡمَجِيدِ، عَنۡ جَعۡفَرِ بۡنِ مُحَمَّدٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ؛ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ إِذَا خَطَبَ احۡمَرَّتۡ عَيۡنَاهُ، وَعَلَا صَوۡتُهُ، وَاشۡتَدَّ غَضَبُهُ. حَتَّىٰ كَأَنَّهُ مُنۡذِرُ جَيۡشٍ، يَقُولُ: (صَبَّحَكُمۡ وَمَسَّاكُمۡ). وَيَقُولُ: (بُعِثۡتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيۡنِ) وَيَقۡرُنُ بَيۡنَ إِصۡبَعَيۡهِ السَّبَابَةِ وَالۡوُسۡطَىٰ. وَيَقُولُ: (أَمَّا بَعۡدُ، فَإِنَّ خَيۡرَ الۡحَدِيثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيۡرُ الۡهُدَىٰ هُدَىٰ مُحَمَّدٍ، وَشَرُّ الۡأُمُورِ مُحۡدَثَاتُهَا، وَكُلُّ بِدۡعَةٍ ضَلَالَةٌ). ثُمَّ يَقُولُ: (أَنَا أَوۡلَىٰ بِكُلِّ مُؤۡمِنٍ مِنۡ نَفۡسِهِ. مَنۡ تَرَكَ مَالًا فَلِأَهۡلِهِ، وَمَنۡ تَرَكَ دَيۡنًا أَوۡ ضَيَاعًا فَإِلَيَّ وَعَلَيَّ). 
43. (867). Muhammad ibnul Mutsanna telah menceritakan kepadaku: 'Abdul Wahhab bin 'Abdul Majid menceritakan kepada kami, dari Ja'far bin Muhammad, dari ayahnya, dari Jabir bin 'Abdullah. Beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika berkhotbah, kedua mata beliau merah, suaranya lantang, dan emosinya menggebu-gebu, sampai seakan-akan beliau pemberi peringatan pasukan yang berkata: Musuh akan datang di pagi hari, musuh akan datang di sore hari. Beliau bersabda, “Aku diutus ketika hari kiamat seperti dua jari ini.” Beliau menggabungkan jari telunjuk dan jari tengah. Beliau juga bersabda, “Amma ba'du, sesungguhnya sebaik-baik ucapan adalah kitab Allah, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad, sejelek-jelek perkara adalah yang diada-adakan, dan setiap bid’ah adalah sesat.” Kemudian beliau bersabda, “Aku lebih utama bagi setiap mukmin daripada dirinya sendiri. Barangsiapa yang meninggalkan hartanya, maka itu milik keluarganya, dan barangsiapa meninggalkan hutang atau keluarga yang terlantar, maka itu adalah tanggung jawabku.” 
٤٤ - (…) - وَحَدَّثَنَا عَبۡدُ بۡنُ حُمَيۡدٍ: حَدَّثَنَا خَالِدُ بۡنُ مَخۡلَدٍ: حَدَّثَنِي سُلَيۡمَانُ بۡنُ بِلَالٍ: حَدَّثَنِي جَعۡفَرُ بۡنُ مُحَمَّدٍ، عَنۡ أَبِيهِ؛ قَالَ: سَمِعۡتُ جَابِرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ يَقُولُ: كَانَتۡ خُطۡبَةُ النَّبِيِّ ﷺ يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ يَحۡمَدُ اللهَ وَيُثۡنِي عَلَيۡهِ. ثُمَّ يَقُولُ عَلَىٰ إِثۡرِ ذٰلِكَ، وَقَدۡ عَلَا صَوۡتُهُ. ثُمَّ سَاقَ الۡحَدِيثَ بِمِثۡلِهِ. 
44. 'Abd bin Humaid telah menceritakan kepada kami: Khalid bin Makhlad menceritakan kepada kami: Sulaiman bin Bilal menceritakan kepadaku: Ja'far bin Muhammad menceritakan kepadaku, dari ayahnya. Beliau berkata: Aku mendengar Jabir bin 'Abdullah berkata: Khotbah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Jum’at adalah beliau memuji dan menyanjung Allah, kemudian beliau bersabda setelahnya, dan suara beliau lantang. Kemudian beliau menuturkan hadits yang semisalnya. 
٤٥ - (…) - وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ سُفۡيَانَ، عَنۡ جَعۡفَرٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ جَابِرٍ؛ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَخۡطُبُ النَّاسَ: يَحۡمَدُ اللهَ وَيُثۡنِي عَلَيۡهِ بِمَا هُوَ أَهۡلُهُ. ثُمَّ يَقُولُ: (مَنۡ يَهۡدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ، وَمَنۡ يُضۡلِلۡ فَلَا هَادِيَ لَهُ. وَخَيۡرُ الۡحَدِيثِ كِتَابُ اللهِ). ثُمَّ سَاقَ الۡحَدِيثَ بِمِثۡلِ حَدِيثِ الثَّقَفِيِّ. 
45. Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Waki' menceritakan kepada kami, dari Sufyan, dari Ja'far, dari ayahnya, dari Jabir. Beliau berkata: Dulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berkhotbah kepada manusia, beliau memuji dan menyanjung Allah dengan sanjungan yang layak bagiNya. Kemudian beliau bersabda, “Barangsiapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya. Dan barangsiapa yang Allah sesatkan, tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Dan sebaik-baik perkataan adalah Kitab Allah.” Kemudian beliau menuturkan hadits semisal hadits Ats-Tsaqafi.