Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 890

١ – بَابُ ذِكۡرِ إِبَاحَةِ خُرُوجِ النِّسَاءِ فِي الۡعِيدَيۡنِ إِلَى الۡمُصَلَّى وَشُهُودِ الۡخُطۡبَةِ مُفَارِقَاتٍ لِلرِّجَالِ 

1. Bab penyebutan bolehnya wanita keluar pada dua hari raya ke tanah lapang dan menyaksikan khotbah di tempat yang terpisah dari laki-laki 

١٠ – (٨٩٠) – حَدَّثَنِي أَبُو الرَّبِيعِ الزَّهۡرَانِيُّ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ: حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنۡ مُحَمَّدٍ، عَنۡ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتۡ: أَمَرَنَا – تَعۡنِي النَّبِيَّ ﷺ – أَنۡ نُخۡرِجَ فِي الۡعِيدَيۡنِ الۡعَوَاتِقَ وَذَوَاتِ الۡخُدُورِ. وَأَمَرَ الۡحُيَّضَ أَنۡ يَعۡتَزِلۡنَ مُصَلَّى الۡمُسۡلِمِينَ. 
10. (890). Abur Rabi' Az-Zahrani telah menceritakan kepadaku: Hammad menceritakan kepada kami: Ayyub menceritakan kepada kami, dari Muhammad, dari Ummu 'Athiyyah, beliau berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk membawa keluar -pada dua hari raya- para gadis dan wanita yang sedang dipingit. Beliau juga memerintahkan wanita-wanita yang sedang haidh untuk menjauh dari tempat shalat kaum muslimin. 
[البخاري: كتاب العيدين، باب خروج النساء والحيَّض إلى المصلى، رقم: ٩٧٤]. 
١١ - (…) - حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا أَبُو خَيۡثَمَةَ، عَنۡ عَاصِمٍ الۡأَحۡوَلِ، عَنۡ حَفۡصَةَ بِنۡتِ سِيرِينَ، عَنۡ أُمِّ عَطِيَّةَ. قَالَتۡ: كُنَّا نُؤۡمَرُ بِالۡخُرُوجِ فِي الۡعِيدَيۡنِ وَالۡمُخَبَّأَةُ وَالۡبِكۡرُ. قَالَتِ: الۡحُيَّضُ يَخۡرُجۡنَ فَيَكُنَّ خَلۡفَ النَّاسِ، يُكَبِّرۡنَ مَعَ النَّاسِ. 
11. Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami: Abu Khaitsamah mengabarkan kepada kami, dari 'Ashim Al-Ahwal, dari Hafshah binti Sirin, dari Ummu 'Athiyyah. Beliau berkata: Dulu kami, wanita yang dipingit, dan gadis diperintah untuk keluar pada dua hari raya. Beliau berkata: Wanita-wanita yang sedang haidh juga keluar, mereka berada di belakang orang-orang, mereka bertakbir bersama orang-orang. 
[البخاري: كتاب العيدين، باب التكبير أيام منى...، رقم: ٩٧١]. 
١٢ - (…) - وَحَدَّثَنَا عَمۡرٌو النَّاقِدُ: حَدَّثَنَا عِيسَى بۡنُ يُونُسَ: حَدَّثَنَا هِشَامٌ، عَنۡ حَفۡصَةَ بِنۡتِ سِيرِينَ، عَنۡ أُمِّ عَطِيَّةَ، قَالَتۡ: أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ ﷺ، أَنۡ نُخۡرِجَهُنَّ فِي الۡفِطۡرِ وَالۡأَضۡحَى، الۡعَوَاتِقَ وَالۡحُيَّضَ وَذَوَاتِ الۡخُدُورِ، فَأَمَّا الۡحُيَّضُ فَيَعۡتَزِلۡنَ الصَّلَاةَ وَيَشۡهَدۡنَ الۡخَيۡرَ وَدَعۡوَةَ الۡمُسۡلِمِينَ. قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِحۡدَانَا لَا يَكُونُ لَهَا جِلۡبَابٌ. قَالَ: (لِتُلۡبِسۡهَا أُخۡتُهَا مِنۡ جِلۡبَابِهَا). 
12. 'Amr An-Naqid telah menceritakan kepada kami: 'Isa bin Yunus menceritakan kepada kami: Hisyam menceritakan kepada kami, dari Hafshah bintu Sirin, dari Ummu 'Athiyyah. Beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk membawa keluar para wanita pada hari raya 'Idul Fithri dan 'Idul Adhha. Yaitu para gadis, wanita-wanita yang sedang haidh, dan wanita-wanita yang sedang dipingit. Adapun wanita yang sedang haidh menjauh dari tempat shalat dan ikut menyaksikan kebaikan dan dakwah kaum muslimin. Aku berkata: Wahai Rasulullah, salah seorang dari kami tidak mempunyai jilbab. Beliau bersabda, “Hendaknya saudara perempuannya meminjaminya jilbab.”