٥٦ – بَابُ الۡعُشۡرِ فِيمَا يُسۡقَى مِنۡ مَاءِ السَّمَاءِ وَبِالۡمَاءِ الۡجَارِي
56. Bab sepersepuluh pada tanaman yang diairi hujan dan air mengalir
وَلَمۡ يَرَ عُمَرُ بۡنُ عَبۡدِ الۡعَزِيزِ فِي الۡعَسَلِ شَيۡئًا.
'Umar bin 'Abdul 'Aziz tidak berpendapat ada zakat pada madu.
١٤٨٣ – حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ أَبِي مَرۡيَمَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ وَهۡبٍ قَالَ: أَخۡبَرَنِي يُونُسُ بۡنُ يَزِيدَ عَنِ الزُّهۡرِيِّ، عَنۡ سَالِمِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، عَنۡ أَبِيهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (فِيمَا سَقَتِ السَّمَاءُ وَالۡعُيُونُ، أَوۡ كَانَ عَثَرِيًّا، الۡعُشۡرُ، وَمَا سُقِيَ بِالنَّضۡحِ نِصۡفُ الۡعُشۡرِ). قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: هٰذَا تَفۡسِيرُ الۡأَوَّلِ، لِأَنَّهُ لَمۡ يُوَقِّتۡ فِي الۡأَوَّلِ، يَعۡنِي حَدِيثَ ابۡنِ عُمَرَ: (فِيمَا سَقَتِ السَّمَاءُ الۡعُشۡرُ). وَبَيَّنَ فِي هٰذَا وَوَقَّتَ، وَالزِّيَادَةُ مَقۡبُولَةٌ، وَالۡمُفَسَّرُ يَقۡضِي عَلَى الۡمُبۡهَمِ إِذَا رَوَاهُ أَهۡلُ الثَّبَتِ، كَمَا رَوَى الۡفَضۡلُ بۡنُ عَبَّاسٍ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ لَمۡ يُصَلِّ فِي الۡكَعۡبَةِ، وَقَالَ بِلَالٌ: قَدۡ صَلَّى، فَأُخِذَ بِقَوۡلِ بِلَالٍ، وَتُرِكَ قَوۡلُ الۡفَضۡلِ.
1483. Sa'id bin Abu Maryam telah menceritakan kepada kami: 'Abdullah bin Wahb menceritakan kepada kami, beliau berkata: Yunus bin Yazid mengabarkan kepadaku dari Az-Zuhri, dari Salim bin 'Abdullah, dari ayahnya radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Tanaman yang diairi dari langit (hujan) dan mata air atau tumbuhan yang tidak butuh disirami zakatnya sepersepuluh (10%). Dan tanaman yang diairi dengan disiram zakatnya ½ dari 1/10 (5%).” Abu 'Abdillah berkata: Ini adalah tafsiran pertama, karena beliau tidak menentukan waktu pengeluaran zakatnya pada awalnya, yakni hadits Ibnu 'Umar ini: “Pada tanaman yang diairi hujan zakatnya sepersepuluh.” Dan beliau menjelaskan pada hadits (Abu Sa'id Al-Khudri, hadits setelah ini) dan beliau menentukan waktu pengeluaran zakat ini. Dan tambahan ini diterima. Dan riwayat yang terperinci menghukumi atas riwayat yang maknanya umum jika diriwayatkan oleh periwayat yang terpercaya. Sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Fadhl bin 'Abbas: Bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tidak shalat di dalam Ka'bah. Bilal berkata: Sungguh beliau pernah shalat. Jadi, ucapan Bilal diambil dan ucapan Al-Fadhl ditinggalkan.