Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 979

١ – (٩٧٩) – وَحَدَّثَنِي عَمۡرُو بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ بُكَيۡرٍ النَّاقِدُ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ، قَالَ: سَأَلۡتُ عَمۡرَو بۡنَ يَحۡيَىٰ بۡنِ عُمَارَةَ، فَأَخۡبَرَنِي عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (لَيۡسَ فِيمَا دُونَ خَمۡسَةِ أَوۡسُقٍ صَدَقَةٌ، وَلَا فِيمَا دُونَ خَمۡسِ ذَوۡدٍ صَدَقَةٌ، وَلَا فِيمَا دُونَ خَمۡسِ أَوَاقِيَ صَدَقَةٌ).
1. (979). 'Amr bin Muhammad bin Bukair An-Naqid telah menceritakan kepadaku: Sufyan bin 'Uyainah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Aku bertanya kepada 'Amr bin Yahya bin 'Umarah, lalu beliau mengabarkan kepadaku dari ayahnya, dari Abu Sa'id Al-Khudri, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Tidak ada zakat pada hasil tanaman yang takarannya kurang dari lima wasaq. Tidak ada zakat pada unta yang berjumlah kurang dari lima ekor. Dan tidak ada zakat pada perak yang beratnya kurang dari lima uqiyah.”
[البخاري: كتاب الزكاة، باب ما أدي زكاته فليس بكنز، رقم: ١٤٠٥].
٢ - (…) - وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ رُمۡحِ بۡنِ الۡمُهَاجِرِ: أَخۡبَرَنَا اللَّيۡثُ. (ح) وَحَدَّثَنِي عَمۡرٌو النَّاقِدُ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ إِدۡرِيسَ. كِلَاهُمَا عَنۡ يَحۡيَىٰ بۡنِ سَعِيدٍ، عَنۡ عَمۡرٍو بۡنِ يَحۡيَىٰ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، مِثۡلَهُ.
2. Muhammad bin Rumh ibnul Muhajir telah menceritakan kepada kami: Al-Laits mengabarkan kepada kami. (Dalam riwayat lain) 'Amr An-Naqid telah menceritakan kepadaku: 'Abdullah bin Idris menceritakan kepada kami. Keduanya dari Yahya bin Sa'id, dari 'Amr bin Yahya, dengan sanad ini, semisal hadits tersebut.
(…) - وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ جُرَيۡجٍ: أَخۡبَرَنِي عَمۡرُو بۡنُ يَحۡيَىٰ بۡنِ عُمَارَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، يَحۡيَىٰ بۡنِ عُمَارَةَ؛ قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيَّ يَقُولُ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ - وَأَشَارَ النَّبِيُّ ﷺ بِكَفِّهِ بِخَمۡسِ أَصَابِعِهِ - ثُمَّ ذَكَرَ بِمِثۡلِ حَدِيثِ ابۡنِ عُيَيۡنَةَ.
Muhammad bin Rafi' telah menceritakan kepada kami: 'Abdurrazzaq menceritakan kepada kami: Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami: 'Amr bin Yahya bin 'Umarah mengabarkan kepadaku, dari ayahnya, Yahya bin 'Umarah; Beliau berkata: Aku mendengar Abu Sa'id Al-Khudri berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda – Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berisyarat dengan lima jari beliau – kemudian beliau menyebutkan seperti hadits Ibnu 'Uyainah.
٣ - (…) - وَحَدَّثَنِي أَبُو كَامِلٍ فُضَيۡلُ بۡنُ حُسَيۡنٍ الۡجَحۡدَرِيُّ: حَدَّثَنَا بِشۡرٌ - يَعۡنِي ابۡنَ مُفَضَّلٍ -: حَدَّثَنَا عُمَارَةُ بۡنُ غَزِيَّةَ، عَنۡ يَحۡيَىٰ بۡنِ عُمَارَةَ؛ قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيَّ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَيۡسَ فِيمَا دُونَ خَمۡسَةِ أَوۡسُقٍ صَدَقَةٌ، وَلَيۡسَ فِيمَا دُونَ جَمۡسِ ذَوۡدٍ صَدَقَةٌ، وَلَيۡسَ فِيمَا دُونَ خَمۡسِ أَوَاقٍ صَدَقَةٌ).
3. Abu Kamil Fudhail bin Husain Al-Jahdari telah menceritakan kepadaku: Bisyr bin Mufadhdhal menceritakan kepada kami: 'Umarah bin Ghaziyyah menceritakan kepada kami, dari Yahya bin 'Umarah; Beliau berkata: Aku mendengar Abu Sa'id Al-Khudri berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada zakat pada hasil tanaman yang takarannya kurang dari lima wasaq. Tidak ada zakat pada unta yang kurang dari lima ekor. Dan tidak ada zakat pada perak yang beratnya kurang dari lima uqiyah.”
٤ - (…) - وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَعَمۡرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ. قَالُوا: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ سُفۡيَانَ، عَنۡ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ أُمَيَّةَ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ يَحۡيَىٰ بۡنِ حَبَّانَ، عَنۡ يَحۡيَىٰ بۡنِ عُمَارَةَ، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ؛ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَيۡسَ فِيمَا دُونَ خَمۡسَةِ أَوۡسَاقٍ مِنۡ تَمۡرٍ وَلَا حَبٍّ صَدَقَةٌ).
4. Abu Bakr bin Abu Syaibah, 'Amr An-Naqid, dan Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami. Mereka berkata: Waki' menceritakan kepada kami, dari Sufyan, dari Isma'il bin Umayyah, dari Muhammad bin Yahya bin Habban, dari Yahya bin 'Umarah, dari Abu Sa'id Al-Khudri; Beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada zakat pada kurma dan biji-bijian yang kurang dari lima wasaq.”
٥ - (…) - وَحَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ مَنۡصُورٍ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ - يَعۡنِي ابۡنَ مَهۡدِيِّ -: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ أُمَيَّةَ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ يَحۡيَىٰ بۡنِ حَبَّانَ، عَنۡ يَحۡيَىٰ بۡنِ عُمَارَةَ، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (لَيۡسَ فِي حَبٍّ وَلَا تَمۡرٍ صَدَقَةٌ حَتَّىٰ يَبۡلُغَ خَمۡسَةَ أَوۡسُقٍ، وَلَا فِيمَا دُونَ خَمۡسِ ذَوۡدٍ صَدَقَةٌ، وَلَا فِيمَا دُونَ خَمۡسِ أَوَاقٍ صَدَقَةٌ).
5. Ishaq bin Manshur telah menceritakan kepada kami: 'Abdurrahman bin Mahdi mengabarkan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami, dari Isma'il bin Umayyah, dari Muhammad bin Yahya bin Habban, dari Yahya bin 'Umarah, dari Abu Sa'id Al-Khudri; Bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada zakat pada biji-bijian dan kurma hingga mencapai lima wasaq. Tidak ada zakat pada unta yang berjumlah kurang dari lima ekor. Dan tidak ada zakat pada perak yang beratnya kurang dari lima uqiyah.”
(…) - وَحَدَّثَنِي عَبۡدُ بۡنُ حُمَيۡدٍ: حَدَّثَنَا يَحۡيَىٰ بۡنُ آدَمَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ الثَّوۡرِيُّ، عَنۡ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ أُمَيَّةَ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، مِثۡلَ حَدِيثِ ابۡنِ مَهۡدِيِّ.
'Abd bin Humaid telah menceritakan kepadaku: Yahya bin Adam menceritakan kepada kami: Sufyan Ats-Tsauri menceritakan kepada kami, dari Isma'il bin Umayyah, dengan sanad ini, semisal hadits Ibnu Mahdi.
(…) - وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بۡنُ رَافِعٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الرَّزَّاقِ: أَخۡبَرَنَا الثَّوۡرِيُّ وَمَعۡمَرٌ، عَنۡ إِسۡمَاعِيلَ بۡنِ أُمَيَّةَ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، مِثۡلَ حَدِيثِ ابۡنِ مَهۡدِيِّ وَيَحۡيَىٰ بۡنِ آدَمَ. غَيۡرَ أَنَّهُ قَالَ - بَدَلَ التَّمۡرِ -: ثَمَرٍ.
Muhammad bin Rafi' telah menceritakan kepadaku: 'Abdurrazzaq menceritakan kepada kami: Ats-Tsauri dan Ma'mar mengabarkan kepada kami, dari Isma'il bin Umayyah, dengan sanad ini, semisal hadits Ibnu Mahdi dan Yahya bin Adam. Bedanya, beliau berkata – sebagai ganti lafazh kurma -: buah-buahan.