Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 969

١١ – بَابُ فَضۡلِ الۡعَمَلِ فِي أَيَّامِ التَّشۡرِيقِ

11. Bab keutamaan amalan pada hari-hari Tasyriq

وَقَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: ﴿وَيَذْكُرُوا۟ ٱسْمَ ٱللَّهِ فِىٓ أَيَّامٍ مَّعْلُومَـٰتٍ﴾ [الحج: ٢٨]: أَيَّامُ الۡعَشۡرِ، وَالۡأَيَّامُ الۡمَعۡدُودَاتُ: أَيَّامُ التَّشۡرِيقِ. وَكَانَ ابۡنُ عُمَرَ، وَأَبُو هُرَيۡرَةَ يَخۡرُجَانِ إِلَى السُّوقِ فِي أَيَّامِ الۡعَشۡرِ، يُكَبِّرَانِ وَيُكَبِّرُ النَّاسُ بِتَكۡبِيرِهِمَا. وَكَبَّرَ مُحَمَّدُ بۡنُ عَلِيٍّ خَلۡفَ النَّافِلَةِ.
Ibnu 'Abbas berkata: “Dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan.” (QS. Al-Hajj: 28). Maksud ayyam ma'lumaat adalah sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Adapun ayyam ma'dudaat (hari yang berbilang) adalah hari-hari Tasyriq. Ibnu 'Umar dan Abu Hurairah pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah keluar ke pasar, lalu bertakbir. Lantas manusia pun ikut bertakbir dengan sebab takbir keduanya. Dan Muhammad bin 'Ali bertakbir setelah shalat nafilah.
٩٦٩ – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ عَرۡعَرَةَ قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ سُلَيۡمَانَ، عَنۡ مُسۡلِمٍ الۡبَطِينِ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ أَنَّهُ قَالَ: (مَا الۡعَمَلُ فِي أَيَّامٍ أَفۡضَلَ مِنۡهَا فِي هٰذِهِ). قَالُوا: وَلَا الۡجِهَادُ؟ قَالَ: (وَلَا الۡجِهَادُ، إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ يُخَاطِرُ بِنَفۡسِهِ وَمَالِهِ، فَلَمۡ يَرۡجِعۡ بِشَيۡءٍ).
969. Muhammad bin 'Ar'arah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syu'bah menceritakan kepada kami, dari Sulaiman, dari Muslim Al-Bathin, dari Sa'id bin Jubair, dari Ibnu 'Abbas, dari Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Bahwa beliau bersabda, “Tidak ada amalan pada hari-hari (dalam setahun) lebih utama daripada amalan pada hari-hari ini.” Para sahabat bertanya, “Tidak pula jihad?” Beliau bersabda, “Tidak pula jihad, kecuali seseorang yang keluar mempertaruhkan jiwanya dan hartanya, lalu tidak ada sedikitpun yang kembali.”