Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Mustatsna

الۡمُسۡتَثۡنَى

قَالَ: (بَابُ: الۡإِسۡتِثۡنَاءِ) وَحُرُوفُ الۡإِسۡتِثۡنَاءِ ثَمَانِيَةٌ، وَهِيَ: (إِلَّا، وَغَيۡرٌ، وَسِوَى، وَسُوًى، وَسَوَاءٌ، وَخَلَا، وَعَدَا، وَحَاشَا).
Ibnu Ajrum berkata: Bab Al-Istitsna`. Huruf-huruf istitsna (pengecualian) ada delapan, yaitu: إِلَّا، وَغَيۡرٌ، وَسِوَى، وَسُوًى، وَسَوَاءٌ، وَخَلَا، وَعَدَا، وَحَاشَا.
أَقُولُ: السَّادِسُ مِنَ الۡمَنۡصُوبَاتِ الۡمُسۡتَثۡنَى، وَهُوَ: (الۡإِسۡمُ الۡوَاقِعُ بَعۡدَ (إِلَّا) أَوۡ إِحۡدَى أَخَوَاتِهَا، مُخَالِفًا فِي الۡحُكۡمِ لِمَا قَبۡلَهَا نَفۡيًا وَإِثۡبَاتًا). وَمَعۡنَى هٰذَا: أَنَّ مَا قَبۡلَ أَدَاةِ الۡإِسۡتِثۡنَاءِ يُخَالِفُ مَا بَعۡدَهَا فِي الۡإِثۡبَاتِ وَالنَّفۡيِ، فَإِنۡ كَانَ مَا قَبۡلَهَا مُثۡبَتًا كَانَ مَا بَعۡدَهَا مَنۡفِيًّا نَحۡوُ: (قَامَ الۡقَوۡمُ إِلَّا زَيۡدًا) فَحُكۡمُ الۡقِيَامِ ثَابِتٌ لِـ(الۡقَوۡمِ) وَمَنۡفِيٌّ عَنۡ (زَيۡدٍ) وَإِنۡ كَانَ مَا قَبۡلَهَا مَنۡفِيًّا كَانَ مَا بَعۡدَهَا مُثۡبَتًا نَحۡوُ: (مَا قَامَ الۡقَوۡمُ إِلَّا زَيۡدًا) فَحُكۡمُ الۡقِيَامِ مَنۡفِيٌّ عَنِ (الۡقَوۡمِ) وَثَابِتٌ لِـ(زَيۡدٍ).
Ahmad bin Tsabit berkata: Jenis keenam dari isim yang dinashab adalah mustatsna, yaitu: isim yang terletak setelah illa (إِلَّا) atau salah satu saudara-saudaranya untuk menyelisihi hukum dari pernyataan sebelumnya baik nafi (peniadaan) atau penetapan. Makna definisi ini adalah bahwa pernyataan sebelum alat istitsna` menyelisihi pernyataan setelahnya dalam penetapan atau peniadaan. Sehingga, jika pernyataan sebelumnya menetapkan, maka pernyataan setelahnya meniadakan, contoh: قَامَ الۡقَوۡمُ إِلَّا زَيۡدًا (Kaum itu berdiri kecuali Zaid). Hukum berdiri telah tetap untuk kaum dan ditiadakan dari Zaid. Dan jika pernyataan sebelum alat istitsna` ditiadakan, maka pernyataan setelahnya ditetapkan, contoh: مَا قَامَ الۡقَوۡمُ إِلَّا زَيۡدًا (Kaum itu tidak berdiri kecuali Zaid). Hukum berdiri ditiadakan dari kaum dan tetap untuk Zaid.
وَأَدَوَاتُ الۡإِسۡتِثۡنَاءِ الَّتِي ذَكَرَهَا الۡمُصَنِّفُ رَحِمَهُ اللهُ ثَمَانِيَةٌ وَهِيَ عَلَى ثَلَاثَةِ أَقۡسَامٍ:
الۡأَوَّلُ: مَا يُسۡتَعۡمَلُ حَرۡفًا دَائِمًا وَهُوَ (إِلَّا) وَقَدَّمَهَا الۡمُصَنِّفُ عَلَى غَيۡرِهَا؛ لِأَنَّهَا الۡأَصۡلُ فِي الۡإِسۡتِثۡنَاءِ.
الثَّانِي: مَا يُسۡتَعۡمَلُ اسۡمًا دَائِمًا، وَهُوَ أَرۡبَعُ أَدَوَاتٍ، وَهِيَ:
١- (غَيۡرٌ).
٢- (سِوًى) -بِالۡقَصۡرِ وَكَسۡرِ السِّينِ عَلَى وَزۡنِ (رِضًا). وَهٰذِهِ هِيَ اللُّغَةُ الۡفُصۡحَى.
٣- (سُوًى) -بِالۡقَصۡرِ وَضَمِّ السِّينِ عَلَى وَزۡنِ (هُدًى).
٤- (سَوَاءٌ) -بِالۡمَدِّ وَفَتۡحِ السِّينِ- عَلَى وَزۡنِ (سَمَاءٍ). وَيَجُوزُ فِيهَا أَيۡضًا كَسۡرُ السِّينِ مَعَ الۡمَدِّ عَلَى وَزۡنِ (بِنَاءٍ). فَاللُّغَاتُ أَرۡبَعٌ، أَيۡ: لُغَاتُ (سِوًى).
الثَّالِثُ: مَا يُسۡتَعۡمَلُ تَارَةً حَرۡفًا وَتَارَةً فِعۡلًا، وَهُوَ ثَلَاثُ أَدَوَاتٍ، وَهِيَ: (خَلَا وَعَدَا وَحَاشَا).
Alat-alat istitsna` yang penulis rahimahullah sebutkan ada delapan yang terbagi ke dalam tiga bagian: 

  1. Alat-alat yang selalu ber'amal huruf, yaitu إِلَّا. Penulis telah mendahulukannya daripada yang lain, karena alat ini adalah asal istitsna`. 
  2. Alat-alat yang selalu ber'amal isim, ada empat alat, yaitu: 
    1. غَيۡرٌ 
    2. سِوًى dengan dibaca pendek dan mengkasrah huruf sin sesuai wazan رِضًا. Dan ini adalah bahasa yang paling fasih. 
    3. سُوًى dengan dibaca pendek dan mendhammah huruf sin sesuai wazan هُدًى. 
    4. سَوَاءٌ dengan dibaca panjang dan memfathah huruf sin sesuai wazan سَمَاءٍ. Boleh juga mengkasrah sin dengan dibaca panjang sesuai wazan بِنَاءٍ. Jadi cara baca سِوًى ada empat. 
  3. Alat-alat yang satu saat bisa ber'amal huruf, saat lain ber'amal fi'il. Ada tiga alat, yaitu: خَلَا, عَدَا, dan حَاشَا. 
تَنۡبِيهَاتٌ: الۡأَوَّلُ: إِنۡ قِيلَ: كَيۡفَ عَبَّرَ الۡمُصَنِّفُ بِالۡحُرُوفِ، مَعَ أَنَّ أَدَوَاتِ الۡإِسۡتِثۡنَاءِ فِيهَا أَفۡعَالٌ وَأَسۡمَاءٌ؟ أُجِيبَ عَنِ الۡمُصَنِّفِ بِجَوَابَيۡنِ:
أَحَدِهِمَا: أَنَّهُ سَلَكَ طَرِيقَ التَغۡلِيبِ؛ فَغَلَّبَ الۡحُرُوفَ عَلَى غَيۡرِهَا.
وَثَانِيهِمَا: أَنَّهُ رَاعَى طَرِيقَةَ الۡمُتَقَدِّمِينَ؛ فَإِنَّهُمۡ يُطۡلِقُونَ الۡحُرُوفَ وَيُرِيدُونَ بِهَا الۡكَلِمَاتِ، سَوَاءً كَانَتۡ أَفۡعَالًا أَوۡ أَسۡمَاءً أَوۡ حُرُوفًا.
التَّنۡبِيهُ الثَّانِي: قَوۡلُهُ: (ثَمَانِيَةٌ) أَيۡ: بِنَاءً عَلَى أَنَّ كُلًّا مِنۡ لُغَاتِ (سِوًى) أَدَاةٌ مُسۡتَقِلَّةٌ، وَإِلَّا فَهِيَ سِتٌّ.
الثَّالِثُ: الۡإِسۡمُ الۡمَذۡكُورُ بَعۡدَ أَدَاةِ الۡإِسۡتِثۡنَاءِ يُسَمَّى (مُسۡتَثۡنَى) وَالۡإِسۡمُ الۡمَذۡكُورُ قَبۡلَهَا يُسَمَّى (مُسۡتَثۡنَى مِنۡهُ)، وَالۡأَدَاةُ الَّتِي بَيۡنَهُمَا تُسَمَّى أَدَاةَ اسۡتِثۡنَاءٍ).
Peringatan.

  1. Jika ada yang menanyakan, bagaimana penyusun menggunakan ungkapan “huruf”, padahal alat-alat istitsna` ada yang fi'il dan isim? Bisa dijawab dari penyusun dengan dua jawaban: 
    1. bahwa beliau menempuh metode taghlib. Beliau memenangkan / mementingkan huruf atas yang lainnya. 
    2. bahwa beliau menempuh metode ahli nahwu terdahulu; bahwa mereka memutlakkan huruf dan yang mereka inginkan adalah semua jenis kata. Sama saja apakah ia fi'il, isim, atau huruf. 
  2. Ucapan beliau: “delapan” yakni berdasar atas setiap cara baca سِوًى adalah alat istitsna` yang berdiri sendiri. Jika tidak, maka hanya enam. 
  3. Isim yang disebutkan setelah alat istitsna` dinamakan mustatsna. Isim yang disebutkan sebelumnya dinamakan mustatsna minhu. Dan alat yang ada di antara keduanya dinamakan adat istitsna`.