Cari Blog Ini

Taisirul 'Allam - Hadits ke-35

الۡحَدِيثُ الۡخَامِسُ وَالثَّلَاثُونَ

٣٥ – عَنۡ أَبِي جَعۡفَرٍ مُحَمَّدِ بۡنِ عَلِيِّ بۡنِ الۡحُسَيۡنِ بۡنِ عَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ أَنَّهُ كَانَ هُوَ وَأَبُوهُ عِنۡدَ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ وَعِنۡدَهُ قَوۡمٌ، فَسَأَلُوهُ عَنِ الۡغُسۡلِ فَقَالَ: يَكۡفِيكَ صَاعٌ.
فَقَالَ رَجُلٌ: مَا يَكۡفِينِي. فَقَالَ جَابِرٌ: كَانَ يَكۡفِي مَنۡ هُوَ أَوۡفَرُ مِنۡكَ شَعۡرًا وَخَيۡرٌ مِنۡكَ –يُرِيدُ رَسُولَ اللهِ ﷺ- ثُمَّ أَمَّنَا فِي ثَوۡبٍ[1]. وَفِي لَفۡظٍ (كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يُفۡرِغُ الۡمَاءَ عَلَى رَأۡسِهِ ثَلَاثًا)[2].
قَالَ الۡمُصَنِّفُ: الرَّجُلُ الَّذِي قَالَ: (مَا يَكۡفِينِي) هُوَ الۡحَسَنُ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ عَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، أَبُوهُ مُحَمَّدُ بۡنُ الۡحَنَفِيَّةِ.
35. Dari Abu Ja’far Muhammad bin ‘Ali bin Al-Husain bin ‘Ali bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhum bahwa beliau dan ayahnya pernah di sisi Jabir bin ‘Abdullah dan ada orang-orang di sisi beliau. Mereka bertanya kepada beliau mengenai mandi. Lantas beliau berkata: Satu sha’ air cukup untukmu.
Seseorang berkata: Satu sha’ tidak cukup untukku. Jabir berkata: Satu sha’ itu sudah cukup untuk orang yang rambutnya lebih banyak daripada engkau dan lebih baik daripada engkau. Yang beliau maksud adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Lalu beliau mengimami kami dengan mengenakan satu pakaian. Dalam lafazh lain, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menuangkan air ke kepala sebanyak tiga kali.”
Penyusun berkata: Orang yang berkata, “Satu sha’ tidak cukup untukku” adalah Al-Hasan bin Muhammad bin ‘Ali bin Abu Thalib. Ayah beliau adalah Muhammad ibnul Hanafiyyah.
الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِيُّ:
كَانَ أَبُو جَعۡفَرٍ وَأَبُوهُ، عِنۡدَ الصَّحَابِي الۡجَلِيلِ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ وَعِنۡدَهُ قَوۡمٌ، فَسَأَلَ الۡقَوۡمُ جَابِرًا عَمَّا يَكۡفِي مِنَ الۡمَاءِ فِي غُسۡلِ الۡجَنَابَةِ فَقَالَ: يَكۡفِيكَ صَاعٌ.
وَكَانَ الۡحَسَنُ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ الۡحَنَفِيَّةِ مَعَ الۡقَوۡمِ عِنۡدَ جَابِرٍ، فَقَالَ: إِنَّ هٰذَا الۡقَدۡرَ لَا يَكۡفِينِي لِلۡغُسۡلِ مِنَ الۡجَنَابَةِ.
فَقَالَ جَابِرٌ: كَانَ يَكۡفِي مَنۡ هُوَ أَوۡفَرُ وَأَكۡثَفُ مِنۡكَ شَعۡرًا، وَخَيۡرٌ مِنۡكَ، فَيَكُونُ أَحۡرَصُ مِنۡكَ عَلَى طَهَارَتِهِ وَدِينِهِ- يَعۡنِي النَّبِيَّ ﷺ.
ثُمَّ بَعۡدَ أَنۡ اغۡتَسَلَ بِهٰذَا الصَّاعِ أَمَّنَا فِي الصَّلَاةِ، مِمَّا يَدُلُّ عَلَى أَنَّهُ تُطَهِّرُ بِهٰذَا الصَّاعِ الطَّهَارَةُ الۡكَافِيَةُ.
Makna secara umum:
Abu Ja’far dan ayahnya pernah di sisi shahabat yang mulia Jabir bin ‘Abdullah. Di sekitar beliau ada orang-orang. Mereka bertanya kepada Jabir tentang berapakah air yang cukup untuk mandi junub. Maka Jabir berkata: Satu sha’ air cukup untuk engkau.
Ketika itu, Al-Hasan bin Muhammad ibnul Hanafiyyah bersama orang-orang yang berada di sekitar Jabir. Al-Hasan berkata: Sesungguhnya ukuran tersebut tidak cukup bagiku untuk mandi junub.
Jabir menimpali: Satu sha’ air itu cukup untuk orang yang rambutnya lebih banyak dan lebih tebal daripada engkau, dan lebih baik daripada engkau. Dan orang itu lebih bersemangat untuk kesucian badan dan agamanya. Yaitu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Kemudian setelah beliau mandi dengan satu sha’ air tersebut, beliau mengimami kami shalat. Ini menunjukkan bahwa bersuci yang sempurna dengan satu sha’ air sudah dapat mensucikan.
مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:
١ – وُجُوبُ الۡغُسۡلِ مِنَ الۡجَنَابَةِ، وَذٰلِكَ بِإِفَاضَةِ الۡمَاءِ عَلَى الۡعُضۡوِ، وَسَيَلَانِهِ عَلَيۡهِ، فَمَتَى حَصَلَ ذٰلِكَ تَأَدَّى الۡوَاجِبَ.
٢ – قَالَ فِي بِدَايَةِ الۡمُجۡتَهِدِ، لَا يُسۡتَدَلُّ بِهِ عَلَى لُزُومِ الدَّلۡكِ وَلَا عَلَى عَدَمِهِ.
٣ – أَنَّ الصَّاعَ الَّذِي هُوَ أَرۡبَعَةُ أَمۡدَادٍ، يَكۡفِي لِلۡغُسۡلِ مِنَ الۡجَنَابَةِ. قَالَ ابۡنُ دَقِيقِ الۡعِيدِ: وَلَيۡسَ ذٰلِكَ عَلَى سَبِيلِ التَّحۡدِيدِ، فَقَدۡ دَلَّتۡ الۡأَحَادِيثُ عَلَى مَقَادِيرَ مُخۡتَلِفَةٍ، وَذٰلِكَ وَاللهُ أَعۡلَمُ –لِاخۡتِلَافِ الۡأَوۡقَاتِ أَوۡ الۡحَالَاتِ، كَقِلَّةِ الۡمَاءِ وَكَثۡرَتِهِ، وَالسَّفَرِ وَالۡحَضرِ.
٤ – اسۡتِحۡبَابُ التَّخۡفِيفِ فِي مَاءِ الطَّهَارَةِ.
٥ – الۡإِنۡكَارُ عَلَى مَنۡ يُخَالِفُ سُنَّةَ النَّبِيِّ ﷺ.
Faidah hadits:
  1. Wajibnya mandi junub. Caranya adalah dengan menuangkan air ke anggota tubuh dan mengalirkannya. Sehingga kapan sudah tercapai hal tersebut, maka ia sudah menunaikan kewajiban.
  2. Beliau berkata di dalam Bidayatul Mujtahid, hadits ini tidak dijadikan dalil untuk wajibnya menggosok-gosok, tidak pula sebagai dalil untuk meniadakannya.
  3. Bahwa satu sha’ yaitu empat mud itu cukup untuk mandi junub. Ibnu Daqiqil ‘Id berkata: Ukuran itu bukan pembatasan. Sungguh hadits-hadits lain telah menunjukkan ukuran air yang berbeda-beda. Hal itu –wallahu a’lam- disebabkan perbedaan waktu dan keadaan, seperti ketika air sedikit atau banyak, ketika safar atau mukim.
  4. Disukainya irit menggunakan air untuk bersuci.
  5. Pengingkaran terhadap orang yang menyelisihi sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

[1] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٢٥٢) فِي الۡغُسۡلِ، وَرَوَاهُ أَيۡضًا النَّسَائِيُّ (١/١٢٧، ١٢٨) فِي الطَّهَارَةِ. 
[2] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (٢٥٥) فِي الۡغُسۡلِ.