Cari Blog Ini

At-Tuhfatus Saniyyah - Maf'ul Ma'ahu

الۡمَفۡعُولُ مَعَهُ

(بَابُ الْمَفْعُولِ مَعَهُ) وَهُوَ: الْإِسْمُ الْمَنْصُوبُ الَّذِي يُذْكَرُ لِبَيَانِ مَنْ فُعِلَ مَعَهُ الْفِعْلُ، نَحْوُ قَوْلِكَ: (جَاءَ الْأَمِيرُ وَالْجَيْشَ) وَ (اسْتَوَى الْمَاءُ وَالْخَشَبَةَ).
Bab Maf’ul Ma’ahu. Yaitu isim manshub yang disebutkan untuk menjelaskan siapa yang menyertainya dalam perbuatan. Contohnya ucapanmu: جَاءَ الۡأَمِيرُ وَالۡجَيۡشَ (Pemimpin itu datang bersama tentara) dan اسۡتَوَى الۡمَاءُ وَالۡخَشَبَةَ (Air itu naik bersama sepotong kayu). 
وَأَقُولُ: الۡمَفۡعُولُ مَعَهُ عِنۡدَ النُّحَاةِ هُوَ (الۡاسۡمُ، الۡفَضۡلَةُ، الۡمَنۡصُوبُ بِالۡفِعۡلِ أَوۡ مَا فِيهِ مَعۡنَى الۡفِعۡلِ وَحُرُوفِهِ، الدَّالُّ عَلَى الذَّاتِ الَّتِي وَقَعَ الۡفِعۡلُ بِمُصَاحَبَتِهَا، الۡمَسۡبُوقُ بِوَاوٍ تُفِيدُ الۡمَعِيَّةَ نَصًّا).
Maf’ul ma’ah menurut ahli nahwu adalah isim tambahan yang manshub dengan fi’il atau yang mempunyai makna fi’il dan huruf-hurufnya, yang menunjukkan atas substansi yang menyertai dalam perbuatan itu dan diawali dengan huruf wawu yang memberi faidah kebersamaan.
فَقَوۡلُنَا: (الۡاسۡمُ) يَشۡمَلُ الۡمُفۡرَدَ وَالۡمُثَنَّى وَالۡجَمۡعَ، وَالۡمُذَكَّرَ وَالۡمُؤَنَّثَ، وَالۡمُرَادُ بِهِ: الۡاسۡمُ الصَّرِيحُ دُونَ الۡمُؤَوَّلِ، وَخَرَجَ عَنۡهُ الۡفِعۡلُ وَالۡحَرۡفُ وَالۡجُمۡلَةُ.
Ucapan kami: “isim” mencakup isim mufrad, mutsanna, dan jamak; mudzakkar dan mutsanna. Yang diinginkan adalah isim sharih bukan yang dita`wil. Sehingga, fi’il, huruf, dan jumlah (kalimat) tidak bisa menjadi maf’ul ma’ah.
وَقَوۡلُنَا: (الۡفَضۡلَةُ) مَعۡنَاهُ أَنَّهُ لَيۡسَ رُكۡنًا فِي الۡكَلَامِ؛ فَلَيۡسَ فَاعِلًا، وَلَا مُبۡتَدَأً، وَلَا خَبَرًا، وَخَرَجَ بِهِ الۡعُمۡدَةُ، نَحۡوُ (اشۡتَرَكَ زَيۡدٌ وَعَمۡرٌو).
Ucapan kami: “tambahan” maknanya isim tersebut bukan merupakan inti kalimat. Jadi, isim tersebut bukan fa’il, mubtada`, dan khabar. Sehingga inti kalimat tidak bisa menjadi maf’ul ma’ah. Contoh: اشۡتَرَكَ زَيۡدٌ وَعَمۡرٌو.
وَقَوۡلُنَا: (الۡمَنۡصُوبُ بِالۡفِعۡلِ أَوۡ مَا فِيهِ مَعۡنَى الۡفِعۡلِ وَحُرُوفِهِ) يَدُلُّ عَلَى أَنَّ الۡعَامِلَ فِي الۡمَفۡعُولِ مَعَهُ عَلَى ضَرۡبَيۡنِ:
الۡأَوَّلُ: الۡفِعۡلُ، نَحۡوُ (حَضَرَ الۡأَمِيرُ وَالۡجَيۡشَ).
الثَّانِي: الۡاسۡمُ الدَّالُّ عَلَى مَعۡنَى الۡفِعۡلِ الۡمُشۡتَمِلُ عَلَى حُرُوفِهِ، كَاسۡمِ الۡفَاعِلِ فِي نَحۡوِ (الۡأَمِيرُ حَاضِرٌ وَالۡجَيۡشَ).
Ucapan kami: “manshub dengan fi’il atau yang mempunyai makna fi’il dan huruf-hurufnya” menunjukkan bahwa ‘amil untuk maf’ul ma’ah ada dua macam:
  1. fi’il, contoh: حَضَرَ الۡأَمِيرُ وَالۡجَيۡشَ.
  2. isim yang menunjukkan makna fi’il yang mencakup huruf-hurufnya, seperti isim fa’il pada contoh: الۡأَمِيرُ حَاضِرٌ وَالۡجَيۡشَ.
وَقَوۡلُنَا: (الۡمَسۡبُوقُ بِوَاوٍ هِيَ نَصٌّ فِي الدَّلَالَةِ عَلَى الۡمَعِيَّةِ) يَخۡرُجُ بِهِ الۡاسۡمُ الۡمَسۡبُوقُ بِوَاوٍ لَيۡسَتۡ نَصًّا فِي الدَّلَالَةِ عَلَى الۡمَعِيَّةِ، نَحۡوُ (حَضَرَ مُحَمَّدٌ وَخَالِدٌ).
Ucapan kami: “didahului dengan wawu yang merupakan nash menunjukkan kepada kebersamaan”, definisi ini mengeluarkan isim yang didahului dengan wawu tapi bukan nash yang menunjukkan kepada kebersamaan. Contoh: حَضَرَ مُحَمَّدٌ وَخَالِدٌ.
وَاعۡلَمۡ أَنَّ الۡاسۡمَ الۡوَاقِعَ بَعۡدَ الۡوَاوِ عَلَى نَوۡعَيۡنِ:
١- مَا يَتَعَيَّنُ نَصۡبُهُ عَلَى أَنَّهُ مَفۡعُولٌ مَعَهُ.
٢- مَا يَجُوزُ نَصۡبُهُ عَلَى ذَلِكَ وَإِتۡبَاعُهُ لِمَا قَبۡلَهُ فِي إِعۡرَابِهِ مَعۡطُوفًا عَلَيۡهِ.
Dan ketahuilah bahwa isim yang terletak setelah wawu ada dua jenis:
  1. Isim yang pasti nashab sebagai maf’ul ma’ah.
  2. Isim yang boleh nashab sebagai maf’ul ma’ah dan boleh mengikuti i’rab isim sebelumnya karena di’athaf padanya.
أَمَّا النَّوۡعُ الۡأَوَّلُ فَمَحَلُّهُ إِذَا لَمۡ يَصِحَّ تَشۡرِيكُ مَا بَعۡدَ الۡوَاوِ لِمَا قَبۡلَهَا فِي الۡحُكۡمِ، نَحۡوُ (أَنَا سَائِرٌ وَالۡجَبَلَ) وَنَحۡوُ (ذَاكَرۡتُ وَالۡمِصۡبَاحَ) فَإِنَّ الۡجَبَلَ لَا يَصِحُّ تَشۡرِيكُهُ لِلۡمُتَكَلِّمِ فِي السَّيۡرِ، وَكَذَلِكَ الۡمِصۡبَاحُ لَا يَصِحُّ تَشۡرِيكُهُ لِلۡمُتَكَلِّمِ فِي الۡمُذَاكَرَةِ، وَقَدۡ مَثَّلَ الۡمُؤَلِّفُ لِهَٰذَا النَّوۡعِ بِقَوۡلِهِ: (اسۡتَوَى الۡمَاءُ وَالۡخَشَبَةَ).
Adapun jenis pertama, tempatnya adalah ketika isim setelah wawu tidak sama hukumnya dengan isim sebelumnya. Contoh: أَنَا سَائِرٌ وَالۡجَبَلَ dan ذَاكَرۡتُ وَالۡمِصۡبَاحَ. Karena الۡجَبَل (gunung) tidak bisa bersama dengan si pembicara dalam sebuah perjalanan. Demikian pula الۡمِصۡبَاح (pelita) tidak bisa bersama dengan si pembacara dalam sebuah mudzakarah (mengulang pelajaran). Dan penyusun telah memberi permisalan dalam jenis ini dengan ucapan beliau: اسۡتَوَى الۡمَاءُ وَالۡخَشَبَةَ.
وَأَمَّا الثَّانِي فَمَحَلُّهُ إِذَا صَحَّ تَشۡرِيكُ مَا بَعۡدَ الۡوَاوِ لِمَا قَبۡلَهَا فِي الۡحُكۡمِ نَحۡوُ (حَضَرَ عَلِيٌّ وَمُحَمَّدٌ) فَإِنَّهُ يَجُوزُ نَصۡبُ (مُحَمَّدٍ) عَلَى أَنَّهُ مَفۡعُولٌ مَعَهُ، وَيَجُوزُ رَفۡعُهُ عَلَى أَنَّهُ مَعۡطُوفٌ عَلَى (عَلِيٍّ)؛ لِأَنَّ مُحَمَّدًا يَجُوزُ اشۡتِرَاكُهُ مَعَ عَلِيٍّ فِي الۡحُضُورِ، وَقَدۡ مَثَّلَ الۡمُؤَلِّفُ لِهَٰذَا النَّوۡعِ بِقَوۡلِهِ: (جَاءَ الۡأَمِيرُ وَالۡجَيۡشَ).
Adapun jenis kedua, tempatnya adalah ketika isim setelah wawu bisa bersama isim setelahnya dalam hal hukum. Contoh: حَضَرَ عَلِيٌّ وَمُحَمَّدٌ, maka مُحَمَّد boleh dinashab sebagai maf’ul ma’ah dan boleh dirafa’ sebagai ma’thuf dari عَلِيّ. Karena Muhammad bisa bersama dengan ‘Ali dalam hal kehadiran. Dan penyusun telah memberi contoh dalam jenis ini dengan perkataan beliau: جَاءَ الۡأَمِيرُ وَالۡجَيۡشَ.
وَأَمَّ خَبَرُ كَانَ وَأَخَوَاتِهَا وَاسْمُ إِنَّ وَأَخَوَاتِهَا فَقَدْ تَقَدَّمَ ذِكْرُهُمَا فِي الْمَرْفُوعَاتِ، وَكَذَالِكَ التَّوَابِعُ فَقَدْ تَقَدَّمَتْ هُنَاكَ.
Adapun khabar kana dan saudara-saudaranya dan isim inna dan saudara-saudaranya, telah lewat penyebutannya di isim-isim yang dirafa’. Demikian pula tawabi’ juga telah berlalu di sana.
وَأَقُولُ: مِنَ الۡمَنۡصُوبَاتِ اسۡمُ (إِنَّ) وَأَخَوَاتِهَا، وَخَبَرُ (كَانَ) وَأَخَوَاتِهَا، وَتَابِعُ الۡمَنۡصُوبِ، وَقَدۡ تَقَدَّمَ بَيَانُ ذَلِكَ فِي أَبۡوَابِهِ؛ فَلَا حَاجَةَ بِنَا إِلَى إِعَادَةِ شَيۡءٍ مِنۡهُ.
Termasuk isim-isim yang dinashab adalah isim inna dan saudara-saudaranya, khabar kana dan saudara-saudaranya, dan isim yang mengikuti isim manshub. Dan penjelasannya telah berlalu di bab-babnya, sehingga tidak perlu kita ulangi.