Cari Blog Ini

Taisirul 'Allam - Hadits ke-7

الۡحَدِيثُ السَّابِعُ

٧- عَنۡ حُمۡرَانَ مَوۡلَى عُثۡمَانَ بۡنِ عَفَّانَ، أَنَّهُ رَأَى عُثۡمَانَ دَعَا بِوَضُوءٍ فَأَفۡرَغَ عَلَى يَدَيۡهِ مِنۡ إِنَائِهِ فَغَسَلَهُمَا ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ أَدۡخَلَ يَمِينَهُ فِي الۡوَضُوءِ، ثُمَّ تَمَضۡمَضَ وَاسۡتَنۡشَقَ وَاسۡتَنۡثَرَ، ثُمَّ غَسَلَ وَجۡهَهُ ثَلَاثًا، وَيَدَيۡهِ إِلَى الۡمِرۡفَقَيۡنِ ثَلَاثًا، ثُمَّ مَسَحَ بِرَأۡسِهِ ثُمَّ غَسَلَ كِلۡتَا رِجۡلَيۡهِ ثَلَاثًا، ثُمَّ قَالَ: رَأَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ تَوَضَّأَ نَحۡوَ وُضُوئِي هَٰذَا وَقَالَ: (مَنۡ تَوَضَّأَ نَحۡوَ وُضُوئِي هَٰذَا ثُمَّ صَلَّى رَكۡعَتَيۡنِ لَا يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفۡسَهُ غَفَرَ اللهُ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ)[1].
7. Dari Humran maula ‘Utsman bin ‘Affan, bahwa beliau melihat ‘Utsman minta diambilkan air wudhu`, kemudian beliau menuangkan air ke kedua telapak tangan beliau dari bejananya dan beliau mencucinya tiga kali. Kemudian beliau memasukkan tangan kanan ke air wudhu`, lalu berkumur-kumur, memasukkan air ke hidung, mengeluarkannya, kemudian mencuci wajah beliau sebanyak tiga kali dan kedua tangan beliau sampai siku sebanyak tiga kali. Lalu beliau mengusap kepala, kemudian mencuci kedua kaki masing-masing sebanyak tiga kali. Kemudian beliau berkata: Aku telah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu` seperti wudhu`ku ini dan berkata, “Siapa saja yang berwudhu` seperti wudhu`ku ini kemudian dia shalat dua raka’at yang tidak terbetik perkara dunia di dalam hatinya, maka Allah akan ampuni dosanya yang dulu.”

غَرِيبُ الۡحَدِيثِ:

١- وَضُوءُ –بِفَتۡحِ الۡوَاوِ. الۡمَاءُ الَّذِي يَتَوَضَّأُ بِهِ. قَالَ النَّوَوِيُّ: يُقَالُ: الۡوُضُوءُ وَالطُّهُورُ –بِضَمِّ أَوَّلِهِمَا- إِذَا أُرِيدَ الۡفِعۡلُ الَّذِي هُوَ الۡمَصۡدَرُ وَبِفَتۡحِ أَوَّلِهِمَا، إِذَا أُرِيدَ الۡمَاءُ الَّذِي يَتَطَهَّرُ بِهِ. وَأَصۡلُ الۡوُضُوءِ مِنَ الۡوَضَاءَةِ، وَهِيَ الۡحُسۡنُ وَالنَّظَافَةُ فَسُمِّيَ وَضُوءُ الصَّلَاةِ وُضُوءًا لِأَنَّهُ يُنَظِّفُ صَاحِبَهُ.
٢- فَأَفۡرَغَ – قَلَبَ مِنۡ مَاءِ الۡإِنَاءِ عَلَى يَدَيۡهِ.
٣- لَا يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفۡسهُ –حَدِيثُ النَّفۡسِ، هُوَ الۡوَسۡوَاسُ وَالۡخَطۡرَاتُ. وَالۡمُرَادُ بِهَا هُنَا مَا كَانَ فِي شُؤُونِ الدُّنۡيَا. يَعۡنِي، فَلَا يَسۡتَرۡسِلُ فِي ذٰلِكَ، وَإِلَّا فَالۡأَفۡكَارُ يَعۡتَذِرُ سَلَامَةً مِنۡهَا.
٤- إِلَى الۡمِرۡفَقَيۡنِ –(إِلَى) بِمَعۡنَى (مَعَ) يَعۡنِي مَعَ الۡمِرۡفَقَيۡنِ.
٥- ثُمَّ: لَمۡ يُقۡصَدۡ بِهَا هُنَا التَّرَاخِي كَمَا هُوَ الۡأَصۡلُ فِي مَعۡنَاهَا، وَإِنَّمَا قُصِدَ بِهَا مُجَرَّدُ التَّرۡتِيبِ. وَقَدۡ أَشَارَ ابۡنُ هِشَامٍ فِي الۡمُغۡنِي وَالرِّضَى فِي شَرۡحِ الۡكَافِيَةِ إِلَى أَنَّهَا قَدۡ تَأۡتِي لِمُجَرَّدِ التَّرۡتِيبِ.
٦- نَحۡوَ وُضُوئِي: جَاءَ فِي بَعۡضِ أَلۡفَاظِ هَٰذَا الۡحَدِيثِ (مِثۡلَ وُضُوئِي هَٰذَا) وَمَعۡنَى (نَحۡوِ) وَ(مِثۡلِ) مُتَفَاوِتٌ: فَإِنَّ لَفۡظَةَ (مِثۡلِ) يَقۡتَضِي ظَاهِرَ الۡمُسَاوَاةِ مِنۡ كُلِّ وَجۡهٍ، أَمَّا (نَحۡوُ) فَمَا تُعۡطِي مَعۡنَى الۡمثلية إِلَّا مَجَازًا. وَالۡمَجَازُ هُنَا مُتَعَيَّنٌ، لِارۡتِبَاطِ الثَّوَابِ بِالۡمُمَاثَلَةِ.

Kosa kata asing dalam hadits:

  1. وَضُوء adalah air yang digunakan untuk berwudhu`. An-Nawawi berkata: Dikatakan الۡوُضُوءُ dan الطُّهُورُ dengan mendhammah huruf pertamanya apabila yang diinginkan adalah perbuatannya; dan ini merupakan bentuk mashdar. Dan dengan memfathah huruf pertamanya apabila yang diinginkan adalah air yang dipakai untuk bersuci. Dan asal kata wudhu` dari الۡوَضَاءَةُ dan artinya adalah keindahan dan kebersihan. Sehingga wudhu` untuk shalat dinamakan wudhu` karena ia dapat membersihkan pelakunya.
  2. فَأَفۡرَغَ menuangkan air di bejana ke kedua telapak tangannya.
  3. “Tidak terbetik perkara dunia di dalam hatinya” yakni ucapan jiwa berupa bisikan-bisikan dan betikan-betikan jiwa. Dan yang diinginkan di sini adalah setiap urusan dunia.
  4. إِلَى الۡمِرۡفَقَيۡنِ, إِلَى bermakna مَعَ, yakni bersama siku.
  5. Tsumma tidak dimaksudkan di sini bermakna at-tarakhi (urutan yang disertai jeda) sebagaimana asal maknanya. Akan tetapi maksudnya semata-mata urutan. Ibnu Hisyam telah memberi isyarat di dalam Al-Mughni dan Ar-Ridha di Syarh Al-Kafiyah bahwa lafazh tsumma terkadang hanya bermakna urutan.
  6. Seperti wudhuku ini: Telah datang pada sebagian lafazh hadits ini مِثۡلَ وُضُوئِي هَٰذَا “semisal wudhuku ini”.

الۡمَعۡنَى الۡإِجۡمَالِيُّ:

اشۡتَمَلَ هَٰذَا الۡحَدِيثُ الۡعَظِيمُ عَلَى الصِّفَةِ الۡكَامِلَةِ لِوُضُوءِ النَّبِيِّ ﷺ.
فَإِنَّ عُثۡمَانَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ –مِنۡ حُسۡنِ تَعۡلِيمِهِ وَتَفۡهِيمِهِ- عَلَّمَهُمۡ صِفَةَ وُضُوءِ النَّبِيِّ ﷺ بِطَرِيقِ عَمَلِيَّةٍ، لِيَكُونَ أَبۡلَغَ تَفَهُّمًا، وَأَتَمَّ تَصَوُّرًا فِي أَذۡهَانِهِمۡ.
فَإِنَّهُ دَعَا بِإِنَاءٍ فِيهِ مَاءٌ، وَلِئَلَّا يَلُوثَهُ، لَمۡ يَغۡمِسۡ يَدَهُ فِيهِ، وَإِنَّمَا صَبَّ عَلَى يَدَيۡهِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ حَتَّى نَظَفَتَا، وَبَعۡدَ ذٰلِكَ أَدۡخَلَ يَدَهُ الۡيُمۡنَى فِي الۡإِنَاءِ، وَأَخَذَ بِهَا مَاءً تَمَضۡمَضَ مِنۡهُ وَاسۡتَنۡشَقَ، ثُمَّ غَسَلَ وَجۡهَهُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ مَعَ الۡمِرۡفَقَيۡنِ ثَلَاثًا، ثُمَّ مَسَحَ جَمِيعَ رَأۡسِهِ مَرَّةً وَاحِدَةً، ثُمَّ غَسَلَ رِجۡلَيۡهِ مَعَ الۡكَعۡبَيۡنِ ثَلَاثًا. فَلَمَّ فَرَغَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ مِنۡ هَٰذَا التَّطۡبِيقِ أَخۡبَرَهُمۡ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ ﷺ تَوَضَّأَ مِثۡلَ هَٰذَا الۡوُضُوءِ.
وَلَمَّ فَرَغَ ﷺ مِنۡ هَٰذَا الۡوُضُوءِ الۡكَامِلِ، أَخۡبَرَهُمۡ أَنَّهُ مَنۡ تَوَضَّأَ مِثۡلَ وُضُوئِهِ، وَصَلَّى رَكۡعَتَيۡنِ، مُحۡضِرًا قَلۡبَهُ بَيۡنَ يَدَيۡ رَبِّهِ عَزَّ وَجَلَّ فِيهِمَا، فَإِنَّهُ –بِفَضۡلِهِ تَعَالَى يُجَازِيهِ عَلَى هَٰذَا الۡوُضُوءِ الۡكَامِلِ، وَهَٰذِهِ الصَّلَاةِ الۡخَالِصَةِ بِغُفۡرَانِ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ.

Makna secara umum:

Hadits yang agung ini mencakup tata cara wudhu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sempurna. Karena ‘Utsman radhiyallahu ‘anhu dengan keindahan pengajaran dan usaha memahamkannya, mengajari mereka tata cara wudhu` Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan praktek. Supaya lebih mudah dipahami dan lebih tergambar di pikiran mereka.
Beliau minta dibawakan bejana yang berisi air. Agar beliau tidak mengotorinya, beliau tidak mencelupkan tangannya langsung ke dalamnya. Namun, beliau menuangkan air ke kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali sehingga bersih. Setelah itu, beliau memasukkan tangan kanan ke dalam bejana, lalu mengambil air untuk berkumur-kumur dan memasukkan air ke hidung. Kemudian beliau mencuci wajah sebanyak tiga kali. Kemudian mencuci tangan sampai siku sebanyak tiga kali. Kemudian mengusap seluruh kepala satu kali. Kemudian mencuci kedua kaki sampai mata kaki sebanyak tiga kali. Setelah beliau radhiyallahu ‘anhu selesai, beliau memberi tahu mereka bahwa beliau melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu` seperti wudhu` tersebut.
Setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai melakukan wudhu` yang sempurna ini, beliau mengabarkan kepada mereka bahwa siapa saja yang berwudhu` semisal wudhu` beliau kemudian shalat dua raka’at dengan menghadirkan hati di hadapan Rabbnya ‘azza wa jalla, maka dengan karunia Allah ta’ala membalas wudhu` yang sempurna dan shalat yang murni ini dengan balasan berupa ampunan dosa-dosa yang telah lalu.

اخۡتِلَافُ الۡعُلَمَاءِ

ذَهَبَ الۡأَئِمَّةُ، أَبُو حَنِيفَةَ، وَمَالِكٌ، وَالشَّافِعِيُّ، وَسُفۡيَانُ، وَغَيۡرُهُمۡ، إِلَى أَنَّ الۡاسۡتِنۡشَاقَ مُسۡتَحَبٌّ فِي الۡوُضُوءِ لَا وَاجِبٌ.
وَالۡمَشۡهُورُ عِنۡدَ الۡإِمَامِ (أَحۡمَدَ) الۡوُجُوبُ، فَلَا يَصِحُّ الۡوُضُوءُ بِدُونِهِ وَهُوَ مَذۡهَبُ أَبِي لَيۡلَى، وَإِسۡحَاقَ، وَغَيۡرُهُمَا.
اسۡتَدَلَّ الۡأَوَّلُونَ عَلَى قَوۡلِهِمۡ بِحَدِيثٍ: (عَشۡرٌ مِنۡ سُنَنِ الۡمُرۡسَلِينَ) وَمِنۡهَا الۡاسۡتِنۡشَاقُ، وَالسُّنَّةُ غَيۡرُ الۡوَاجِبِ وَاسۡتَدَلَّ الۡمُوجِبُونَ بِقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿فَاغۡسِلُوا وُجُوهَكُمۡ﴾ وَالۡأَنۡفُ مِنَ الۡوَجۡهِ، وَبِالۡأَحَادِيثِ الۡكَثِيرَةِ الصَّحِيحَةِ مِنۡ صِفَةِ فِعۡلِهِ ﷺ وَأَمۡرِهِ بِذٰلِكَ.
وَأَجَابُوا عَنۡ دَلِيلِ غَيۡرِ الۡمُوجِبِينَ بِأَنَّ الۡمُرَادَ بِالسُّنَّةِ فِي الۡحَدِيثِ الطَّرِيقَةُ، لِأَنَّ تَسۡمِيَةَ السُّنَّةِ لِغَيۡرِ الۡوَاجِبِ اصۡطِلَاحٌ مِنَ الۡفُقَهَاءِ الۡمُتَأَخِّرِينَ.
وَلِهَٰذَا وَرَدَ فِي كَثِيرٍ مِنَ الۡأَحَادِيثِ وَمِنۡهَا (عَشۡرٌ مِنَ الۡفِطۡرَةِ).
وَلَا شَكَّ فِي صِحَّةِ الۡمَذۡهَبِ الۡأَخِيرِ لِقُوَّةِ أَدِلَّتِهِ، وَعَدَمِ مَا يُعَارِضُهَا –فِي عِلۡمِي- وَاللهُ أَعۡلَمُ.
وَقَدۡ اتَّفَقَ الۡعُلَمَاءُ عَلَى وُجُوبِ مَسۡحِ الرَّأۡسِ، وَاتَّفَقُوا أَيۡضًا عَلَى اسۡتِحۡبَابِ مَسۡحِ جَمِيعِهِ، وَلَٰكِنۡ اخۡتَلَفُوا، هَلۡ يُجۡزِئُ مَسۡحُ بَعۡضِهِ أَوۡ لَا بُدَّ مِنۡ مَسۡحِهِ كُلِّهِ؟
ذَهَبَ الثَّوۡرِيُّ، وَالۡأَوۡزَاعِيُّ، وَأَبُو حَنِيفَةَ، وَالشَّافِعِيُّ، إِلَى جَوَازِ الۡاقۡتِصَارِ عَلَى بَعۡضِهِ، عَلَى اخۡتِلَافِهِمۡ فِي الۡقَدۡرِ الۡمُجۡزِئِ مِنۡهُ.
وَذَهَبَ مَالِكٌ، وَأَحۡمَدُ: إِلَى وُجُوبِ اسۡتِيعَابِهِ كُلِّهِ.
اسۡتَدَلَّ الۡأَوَّلُونَ بِقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿وَامۡسَحُوا بِرُءُوسِكُمۡ﴾ عَلَى أَنَّ الۡبَاءَ لِلتَّبۡعِيضِ، وَبِمَا رَوَاهُ (مُسۡلِمٌ) عَنِ الۡمُغِيرَةِ بِلَفۡظٍ: (أَنَّهُ ﷺ تَوَضَّأَ فَمَسَحَ بِنَاصِيَتِهِ وَعَلَى الۡعِمَامَةِ).
وَاسۡتَدَلَّ الۡمُوجِبُونَ لِمَسۡحِهِ كُلِّهِ بِأَحَادِيثَ كَثِيرَةٍ، كُلِّهَا تَصِفُ وُضُوءَ النَّبِيِّ ﷺ، مِنۡهَا حَدِيثُ الۡبَابِ، وَمِنۡهَا مَا رَوَاهُ الۡجَمَاعَةُ: (مَسَحَ رَأۡسَهُ بِيَدَيۡهِ فَأَقۡبَلَ بِهِمَا وَأَدۡبَرَ، بَدَأَ بِمُقَدَّمِ رَأۡسِهِ، ثُمَّ ذَهَبَ بِهِمَا إِلَى قَفَاهُ، ثُمَّ رَدَّهُمَا إِلَى الۡمَكَانِ الَّذِي بَدَأَ مِنۡهُ).
وَأَجَابُوا عَنۡ أَدِلَّةِ الۡمُجِيزِينَ لِمَسۡحِ بَعۡضِهِ، بِأَنَّ (الۡبَاءَ) لَمۡ تَرِدۡ فِي اللُّغَةِ لِلتَّبۡعِيضِ وَإِنَّمَا مَعۡنَاهَا فِي الۡآيَةِ، الۡإِلۡصَاقُ. أَيۡ: أَلۡصِقُوا الۡمَسۡحَ بِرُؤُوسِكُمۡ وَالۡإِلۡصَاقُ هُوَ الۡمَعۡنَى الۡحَقِيقِيُّ لِلۡبَاءِ وَقَدۡ سُئِلَ نفطويه وَابۡنُ دريد عَنۡ مَعۡنَى التَّبۡعِيضِ فِي الۡبَاءِ فَلَمۡ يَعۡرِفَاهُ. وَقَالَ ابۡنُ بُرۡهَانَ: مَنۡ زَعَمَ أَنَّ الۡبَاءَ لِلتَّبۡعِيضِ فَقَدۡ جَاءَ عَنۡ أَهۡلِ الۡعَرَبِيَّةِ بِمَا لَا يَعۡرِفُونَهُ.
قَالَ ابۡنُ الۡقَيِّمِ: لَمۡ يَصِحَّ فِي حَدِيثٍ وَاحِدٍ أَنَّهُ اقۡتَصَرَ عَلَى مَسۡحِ بَعۡضِ رَأۡسِهِ الۡبَتَّة.

Perselisihan ulama:

Para imam, Abu Hanifah, Malik, Asy-Syafi’i, Sufyan, dan selain mereka berpendapat bahwa istinsyaq adalah perkara yang dianjurkan di dalam wudhu`, bukan wajib. Adapun yang dikenal dari pendapat Imam Ahmad adalah wajib, tidak sah wudhu` tanpanya. Dan ini madzhabnya Abu Laila, Ishaq, dan selain keduanya.
Pihak pertama berdalil dengan hadits yang artinya: “Sepuluh dari sunnah-sunnah para rasul…” di antaranya adalah istinsyaq. Dan sunnah itu tidak wajib. Adapun pihak yang mewajibkan berdalil dengan firman Allah ta’ala yang artinya, “maka basuhlah wajah-wajah kalian”, dan hidung termasuk wajah. Juga berdalil dengan hadits-hadits shahih yang banyak tentang sifat perbuatan wudhu` Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan perintah beliau untuk itu.
Mereka menjawab dalil pihak yang tidak mewajibkan bahwa yang diinginkan dengan lafazh sunnah di hadits tersebut adalah jalan. Karena penamaan sunnah dengan makna bukan wajib merupakan istilah dari ahli fikih belakangan. Oleh karena itu, telah datang di banyak hadits di antaranya “sepuluh dari perkara fitrah”. Jadi, tidak ada keraguan pada benarnya pendapat madzhab yang kedua karena kekuatan dalilnya dan tidak ada dalil yang memalingkannya –sejauh pengetahuanku- dan Allah lah yang lebih mengetahui.

Para ulama bersepakat wajibnya mengusap kepala. Mereka juga bersepakat disukainya mengusap keseluruhan kepala. Akan tetapi mereka berselisih, apakah cukup mengusap sebagiannya ataukah harus mengusap seluruhnya. Ats-Tsauri, Al-Auza’i, Abu Hanifah, dan Asy-Syafi’i berpendapat bolehnya mencukupkan membasuh sebagian kepala. Meski mereka berselisih dalam ukuran basuhan yang mencukupi itu. Adapun Malik dan Ahmad berpendapat wajib membasuh seluruh bagian kepala.
Pihak pertama berdalil dengan firman Allah ta’ala, “wamsahu biru`usikum (dan usaplah kepala-kepala kalian)” bahwa huruf ba` di ayat ini menunjukkan sebagian. Dan mereka berdalil pula dengan hadits riwayat Muslim dari shahabat Al-Mughirah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu` dengan mengusap ubun-ubun dan serbannya.
Para ulama yang mewajibkan mengusap seluruhnya berdalil dengan hadits-hadits yang banyak. Seluruhnya menerangkan tata cara wudhu` Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Di antaranya hadits dalam bab ini. Selain itu ada hadits yang diriwayatkan oleh al-jama’ah, “Nabi mengusap kepalanya dengan kedua telapak tangannya, beliau mundur majukan keduanya. Beliau mulai dengan bagian depan kepala, lalu beliau gerakkan sampai ke tengkuk, setelah itu beliau kembalikan ke tempat semula. Mereka menanggapi dalil-dalil ulama yang mencukupkan mengusap sebagian bahwasanya huruf ba` secara bahasa tidak bermakna sebagian. Makna huruf ba` di ayat tersebut adalah ilshaq (menempel). Yakni: tempelkanlah usapan itu dengan kepala-kepala kalian. Dan ilshaq itulah makna sebenarnya dari huruf ba`. Nafthawaih dan Ibnu Duraid pernah ditanya mengenai makna tab’idh untuk huruf ba`, tapi mereka berdua tidak mengetahuinya. Ibnu Burhan berkata: Siapa saja yang menganggap bahwa huruf ba` bermakna sebagian, maka ia telah membawa makna yang tidak dimengerti oleh orang ‘Arab. Ibnul Qayyim berkata: Tidak sahih dalam satu hadits pun bahwa beliau mencukupkan untuk mengusap hanya sebagian kepala beliau.

مَا يُؤۡخَذُ مِنَ الۡحَدِيثِ:

١- مَشۡرُوعِيَّةُ غَسۡلِ الۡيَدَيۡنِ ثَلَاثًا قَبۡلَ إِدۡخَالِهِمَا فِي مَاءِ الۡوَضُوءِ عِنۡدَ التَّوَضُّؤِ.
٢- التَّيَامُنُ فِي تَنَاوُلِ مَاءِ الۡوَضُوءِ لِغَسۡلِ الۡأَعۡضَاءِ.
٣- مَشۡرُوعِيَّةُ التَّمَضۡمُضِ، وَالۡاسۡتِنۡشَاقِ، وَالۡاسۡتِنۡثَارِ عَلَى هَٰذَا التَّرۡتِيبِ، وَلَا خِلَافَ فِي مَشۡرِوعِيَّتِهِمَا، وَإِنَّمَا الۡخِلَافُ فِي وُجُوبِهِمَا، وَتَقَدَّمَ أَنَّهُ هُوَ الصَّحِيحُ.
٤- غَسۡلُ الۡوَجۡهِ ثَلَاثًا، وَحۡدَهُ: مِنۡ مَنَابِتِ شَعۡرِ الرَّأۡسِ إِلَى الذِّقۡنِ طُولًا، وَمِنَ الۡأُذُنِ إِلَى الۡأُذُنِ عَرۡضًا. وَكَذٰلِكَ يَثۡلُثُ فِي الۡمَضۡمَضَةِ وَالۡاسۡتِنۡشَاقِ، لِأَنَّ الۡأَنۡفَ وَالۡفَمَ مِنۡ مُسَمَّى الۡوَجۡهِ. فَالۡوَجۡهُ عِنۡدَ الۡعَرَبِ. مَا حَصَلَتۡ بِهِ الۡمُوَاجَهَةُ.
٥- غَسۡلُ الۡيَدَيۡنِ مَعَ الۡمِرۡفَقَيۡنِ ثَلَاثًا.
٦- مَسۡحُ جَمِيعِ الرَّأۡسِ مَرَّةً وَاحِدَةً. يُقۡبِلُ بِيَدَيۡهِ عَلَيۡهِ، ثُمَّ يُدۡبِرُ بِهِمَا.
٧- غَسۡلُ الرِّجۡلَيۡنِ مَعَ الۡكَعۡبَيۡنِ ثَلَاثًا.
٨- وُجُوبُ التَّرۡتِيبِ فِي ذٰلِكَ، لِإِدۡخَالِ الشَّارِعِ الۡمَمۡسُوحَ، وَهُوَ الرَّأۡسُ، بَيۡنَ الۡمَغۡسُولَاتِ، مُلَاحَظَةً لِلتَّرۡتِيبِ بَيۡنَ هَٰذِهِ الۡأَعۡضَاءِ.
٩- إِنَّ هَٰذِهِ الصِّفَةَ، هِيَ صِفَةُ وُضُوءِ النَّبِيِّ ﷺ الۡكَامِلَةُ.
١٠- مَشۡرُوعِيَّةُ الصَّلَاةِ بَعۡدَ الۡوُضُوءِ.
١١- إِنَّ سَبَبَ تَمَامِ الصَّلَاةِ وَكَمَالِهَا، حُضُورُ الۡقَلۡبِ بَيۡنَ يَدَيِ اللهِ تَعَالَى وَفِيهِ التَّرۡغِيبُ بِالۡإِخۡلَاصِ، وَالتَّحۡذِيرُ مِنۡ عَدَمِ قُبُولِ الصَّلَاةِ مِمَّنۡ لَهَّى فِيهَا بِأُمُورِ الدُّنۡيَا، وَمَنۡ طَرَأَتۡ عَلَيۡهِ الۡخَوَاطِرُ الدُّنۡيَوِيَّةُ، وَهُوَ فِي الصَّلَاةِ فَطَرَدَهَا يُرۡجَي لَهُ حُصُولُ هَٰذَا الثَّوَابِ.
١٢- فَضِيلَةُ الۡوُضُوءِ الۡكَامِلِ، وَأَنَّهُ سَبَبٌ لِغُفۡرَانِ الذُّنُوبِ.
١٣- الثَّوَابُ الۡمَوۡعُودُ بِهِ يَتَرَتَّبُ عَلَى مَجۡمُوعِ الۡأَمۡرَيۡنِ، وَهُمَا الۡوُضُوءُ عَلَى النَّحۡوِ الۡمَذۡكُورِ، وَصَلَاةُ رَكۡعَتَيۡنِ بَعۡدَهُ عَلَى الصِّفَةِ الۡمَذۡكُورَةِ وَلَا يَتَرَتَّبُ عَلَى أَحَدِهِمَا فَقَطۡ، إِلَّا بِدَلِيلٍ خَارِجِيٍّ. وَقَدۡ خَصَّ الۡعُلَمَاءُ الۡغُفۡرَانَ الَّذِي هُنَا بِصَغَائِرِ الذُّنُوبِ، أَمَّا الۡكَبَائِرُ فَلَا بَعۡدَ لِغُفۡرَانِهَا مِنَ التَّوبَةِ مِنۡهَا. قَالَ تَعَالَى: ﴿إِن تَجۡتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنۡهَوۡنَ عَنۡهُ نُكَفِّرۡ عَنۡكُمۡ سَيِّئَاتِكُمۡ﴾ [النساء: ٣١].

Faidah hadits:

  1. Disyariatkan mencuci kedua tangan sebelum memasukkan keduanya ke dalam air wudhu` ketika berwudhu`.
  2. Menggunakan tangan kanan ketika menyampaikan air wudhu` untuk mencuci anggota-anggota tubuh.
  3. Disyariatkan berkumur-kumur, memasukkan air ke hidung, dan mengeluarkannya sesuai urutan ini. Tidak ada perselisihan dalam pensyariatannya. Yang diperselisihkan hanya dalam hal wajib atau tidaknya. Dan telah lewat bahwa yang sahih adalah wajib.
  4. Membasuh wajah sebanyak tiga kali. Satu kali basuhan itu dari tempat tumbuhnya rambut kepala hingga dagu dan dari telinga sampai telinga satunya. Demikian pula kumur-kumur dan istinsyaq sebanyak tiga kali. Karena hidung dan mulut termasuk wajah. Jadi wajah menurut orang ‘Arab adalah yang digunakan untuk menghadap.
  5. Membasuh kedua tangan sampai siku sebanyak tiga kali.
  6. Mengusap kepala sebanyak satu kali dengan cara menggerakkan kedua telapak tangan ke belakang lalu ke depan.
  7. Membasuh kedua kaki beserta mata kaki sebanyak tiga kali.
  8. Wajibnya urutan tersebut. Karena Allah menyisipkan bagian tubuh yang diusap di antara bagian-bagian tubuh yang dibasuh untuk menunjukkan urutan wudhu`.
  9. Sesungguhnya tata cara wudhu` yang demikian ini adalah tata cara wudhu` Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sempurna.
  10. Disyariatkan shalat setelah wudhu`.
  11. Sesungguhnya sebab dari kesempurnaan shalat adalah hadirnya hati di hadapan Allah ta’ala. Dalam hal ini ada anjuran untuk ikhlas dan peringatan dari tidak diterimanya shalat dari orang-orang yang sibuk ketika shalat dengan perkara-perkara dunia. Dan siapa saja yang terbersit urusan dunia ketika sedang shalat namun ia berusaha mengenyahkannya, maka diharapkan ia tetap mendapatkan pahala ini.
  12. Keutamaan wudhu` yang sempurna dan bahwa ini merupakan sebab mendapatkan ampunan dosa.
  13. Untuk mendapat pahala yang dijanjikan ini harus terkumpul dua perkara. Yaitu wudhu` dengan tata cara yang telah disebutkan dan shalat dua raka’at setelahnya dengan sifat yang telah disebutkan. Dan hal tersebut tidak bisa tercapai hanya dengan salah satu perkara saja, kecuali ada dalil yang mengeluarkan dari pendapat tersebut. Dan para ulama telah mengkhususkan ampunan di sini untuk dosa-dosa kecil saja. Adapun dosa besar untuk bisa diampuni, harus disertai taubat darinya. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Jika kalian menjauhi dosa-dosa besar yang dilarang, niscaya Kami akan hapus kesalahan-kesalahan kalian.” (QS. An-Nisa`: 31).

[1] رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ (١٦٤) فِي الۡوُضُوءِ، وَمُسۡلِمٌ (٢٢٦) فِي الطَّهَارَةِ، وَرَوَاهُ أَيۡضًا أَبُو دَاوُدَ (١٠٦)(١١٠) فِي الطَّهَارَةِ، وَالنَّسَائِيُّ (١/٦٤، ٦٥) فِي الطَّهَارَةِ، وَالدَّارِمِيُّ (١/١٧٦) فِي الصَّلَاةِ.