Al-Ishabah - 275. Anas bin Malik

٢٧٥ – أَنَسُ بۡنُ مَالِكِ بۡنِ النَّضَرِ بۡنِ ضَمۡضَمِ بۡنِ زَيۡدِ بۡنِ حَرَامِ بۡنِ جُنۡدُبِ بۡنِ عَامِرِ بۡنِ غَنۡمِ بۡنِ عَدِي بۡنِ النَّجَّارِ، أَبُو حَمۡزَةَ الۡأَنۡصَارِيُّ الۡخَزۡرَجِيُّ

275. Anas bin Malik bin Nadhar bin Dhamdham bin Zaid bin Haram bin Jundub bin ‘Amir bin Ghanm bin ‘Adi bin An-Najjar, Abu Hamzah Al-Anshari Al-Khazraji

خَادِمُ رَسُولِ اللهِ ﷺ، وَأَحَدُ الۡمُكۡثِرِينَ مِنَ الرِّوَايَةِ عَنۡهُ، صَحَّ عَنۡهُ أَنَّهُ قَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ ﷺ الۡمَدِينَةَ وَأَنَا ابۡنُ عَشۡرِ سِنِينَ، وَأَنَّ أُمَّهُ أُمُّ سُلَيۡمٍ أَتَتۡ بِهِ النَّبِيُّ ﷺ لَمَّا قَدِمَ فَقَالَتۡ لَهُ: هَٰذَا أَنَسٌ غُلَامٌ يَخۡدُمُكَ فَقَبِلَهُ. وَإِنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَنَّاهُ أَبَا حَمۡزَةَ بِبَقۡلَةٍ، كَانَ يَجۡتَنِيهَا، وَمَازَحَهُ النَّبِيُّ ﷺ فَقَالَ لَهُ: (يَا ذَا الۡأُذُنَيۡنِ).
Beliau adalah pelayan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan salah satu shahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits dari beliau. Telah sahih dari beliau, bahwa beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah ketika aku masih anak-anak berumur sepuluh tahun. Dan bahwa ibu beliau Ummu Sulaim datang bersama Anas kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau telah sampai di Madinah, lalu berkata kepada beliau: Ini adalah Anas, seorang anak yang akan melayanimu. Maka Nabi menerimanya. Dan sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberinya kunyah Abu Hamzah karena sebuah tanaman yang biasa Anas petik. Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bercanda dengannya dan mengatakan kepadanya, “Wahai yang memiliki dua telinga”.
وَقَالَ مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ الۡأَنۡصَارِيُّ: خَرَجَ أَنَسٌ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ إِلَى بَدۡرٍ، وَهُوَ غُلَامٌ يَخۡدُمُهُ، أَخۡبَرَنِي أَبِي عَنۡ مَوۡلًى لِأَنَسٍ أَنَّهُ قَالَ لِأَنَسٍ: أَشَهِدۡتَ بَدۡرًا؟ قَالَ: وَأَيۡنَ أَغِيبُ عَنۡ بَدۡرٍ، لَا أُمَّ لَكَ[1].
Muhammad bin ‘Abdullah Al-Anshari berkata: Anas keluar berperang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ke Badr dan beliau adalah seorang anak yang melayani Nabi. Ayahku mengabarkan kepadaku dari seorang maula kepada Anas, bahwa beliau bertanya kepada Anas: Apakah engkau mengikuti perang Badr? Beliau menjawab: Di mana aku kalau aku sampai absen dari perang Badr, tidak ada ibu bagimu.
قُلۡتُ: وَإِنَّمَا لَمۡ يَذۡكُرُوهُ فِي الۡبَدۡرِيِّينَ لِأَنَّهُ لَمۡ يَكُنۡ فِي سِنِّ مَنۡ يُقَاتِلُ.
Aku katakan: Mereka yang tidak menyebutkan termasuk orang yang mengikuti perang Badr karena belum mencapai usia berperang.
وَقَالَ التِّرۡمِذِيُّ: حَدَّثَنَا مَحۡمُودُ بۡنُ غَيۡلَانَ، حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ عَنۡ أَبِي خَلۡدَةَ قُلۡتُ لِأَبِي الۡعَالِيَةِ: أَسَمِعَ أَنَسٌ مِنَ النَّبِيِّ ﷺ؟ قَالَ: خَدَمَهُ عَشۡرَ سِنِينَ وَدَعَا لَهُ النَّبِيُّ ﷺ، وَكَانَ لَهُ بُسۡتَانٌ يَحۡمِلُ الۡفَاكِهَةَ فِي السَّنَةِ مَرَّتَيۡنِ، وَكَانَ فِيهِ رَيۡحَانٌ يَجِيءُ مِنۡهُ رِيحُ الۡمِسۡكِ.
At-Tirmidzi berkata: Mahmud bin Ghailan menceritakan kepada kami, Abu Dawud menceritakan kepada kami dari Abu Khaldah: Aku bertanya kepada Abul ‘Aliyah: Apakah Anas mendengar hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam? Beliau menjawab: Anas melayani Nabi selama sepuluh tahun dan Nabi mendoakan kebaikan untuknya. Anas memiliki kebun yang beliau panen buahnya dua kali dalam setahun. Anas juga memiliki wangi-wangian yang berbau misik.
وَكَانَتۡ إِقَامَتُهُ بَعۡدَ النَّبِيِّ ﷺ بِالۡمَدِينَةِ، ثُمَّ شَهِدَ الۡفُتُوحَ، ثُمَّ قَطَنَ الۡبَصۡرَة وَمَاتَ بِهَا. قَالَ عَلِيُّ بۡنُ الۡمَدِينِيِّ: كَانَ آخِرَ الصَّحَابَةِ مَوۡتًا بِالۡبَصۡرَةِ[2].
Sepeninggal Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau tinggal di Madinah, kemudian beliau mengikuti berbagai perang penaklukan. Kemudian beliau menetap di Bashrah dan meninggal di sana. ‘Ali bin Al-Madini berkata: Beliau adalah shahabat yang terakhir meninggal di Bashrah.
وَقَالَ الۡبُخَارِيُّ: حَدَّثَنَا مُوسَى، حَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ عُثۡمَانَ: سَأَلۡتُ مُوسَى بۡنَ أَنَسٍ: كَمۡ غَزَا أَنَسٌ مَعَ النَّبِيِّ ﷺ؟ قَالَ: ثَمَانِيَ غَزَوَاتٍ[3].
Al-Bukhari berkata: Musa menceritakan kepada kami, Ishaq bin ‘Utsman menceritakan kepada kami: Aku bertanya kepada Musa bin Anas: Berapa kali Anas perang bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam? Beliau menjawab: Delapan peperangan.
وَرَوَى ابۡنُ السَّكَنِ مِنۡ طَرِيقِ صَفۡوَانِ بۡنِ هُبَيۡرَةَ عَنۡ أَبِيهِ قَالَ: قَالَ ثَابِتُ الۡبُنَانِيُّ: قَالَ لِي أَنَسُ بۡنُ مَالِكٍ: هَٰذِهِ شَعۡرَةٌ مِنۡ شَعۡرِ رَسُولِ اللهِ ﷺ فَضَعۡهَا تَحۡتَ لِسَانِي، قَالَ فَوَضَعۡتُهَا تَحۡتَ لِسَانِهِ، فَدُفِنَ وَهِيَ تَحۡتَ لِسَانِهِ.
Ibnus Sakan meriwayatkan dari jalan Shafwan bin Hubairah dari ayahnya, beliau berkata: Tsabit Al-Bunani berkata: Anas bin Malik berkata kepadaku: Ini sehelai rambut dari rambut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, letakkan ini di bawah lidahku. Tsabit berkata: Maka aku meletakkannya di bawah lidahnya, dan Anas dikubur sedang rambut tersebut masih di bawah lidahnya.
وَقَالَ مُعۡتَمِرٌ عَنۡ أَبِيهِ: سَمِعۡتُ أَنَسَ بۡنَ مَالِكٍ يَقُولُ: لَمۡ يَبۡقَ أَحَدٌ صَلَّى الۡقِبۡلَتَيۡنِ غَيۡرِي.
Mu’tamir berkata dari ayahnya: Aku mendengar Anas bin Malik berkata: Tidak tersisa lagi seorang pun yang pernah shalat menghadap dua kiblat kecuali aku.
قَالَ جَرِيرُ بۡنُ حَازِمٍ: قُلۡتُ لِشُعَيۡبِ بۡنِ الۡحَبۡحَابِ: مَتَى مَاتَ أَنَسٌ؟ قَالَ: سَنَةَ تِسۡعِينَ، أَخۡرَجَهُ ابۡنُ شَاهِينٍ.
Jarir bin Hazim berkata: Aku bertanya kepada Syu’aib bin Al-Habhab: Kapan Anas meninggal? Beliau menjawab: Tahun 90 H, Ibnu Syahin mengeluarkan riwayat ini.
وَقَالَ سَعِيدُ بۡنُ عُفَيۡرٍ، وَالۡهَيۡثَمُ بۡنُ عَدِيِّ وَمُعۡتَمِرُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ: مَاتَ سَنَةَ إِحۡدَى وَتِسۡعِينَ.
Sa’id bin ‘Ufair, Al-Haitsam bin ‘Adi, dan Mu’tamir bin Sulaiman berkata: Anas meninggal tahun 91 H.
وَقَالَ ابۡنُ شَاهِينٍ: حَدَّثَنَا عُثۡمَانُ بۡنُ أَحۡمَدَ، حَدَّثَنَا حَنۡبَلٍ، حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ حَنۡبَلٍ، حَدَّثَنَا مُعۡتَمِرُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ عَنۡ حُمَيۡدٍ مِثۡلَهُ، وَزَادَ: وَكَانَ عُمۡرُهُ مِائَةَ سَنَةٍ إِلَّا سَنَةً.
Ibnu Syahin berkata: ‘Utsman bin Ahmad menceritakan kepada kami, Hanbal menceritakan kepada kami, Ahmad bin Hanbal menceritakan kepada kami, Mu’tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami, dari Humaid semisal perkataan tersebut. Dan beliau menambahkan: Umur beliau waktu itu 99 tahun.
قَالَ ابۡنُ سَعۡدٍ عَنِ الۡوَاقِدِيِّ عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ زَيۡدٍ الۡهُذَلِيِّ أَنَّهُ حَضَرَ أَنَسَ بۡنَ مَالِكٍ سَنَةَ اثۡنَتَيۡنِ وَتِسۡعِينَ.
Ibnu Sa’d berkata dari Al-Waqidi, dari ‘Abdullah bin Zaid Al-Hudzali, bahwa beliau menghadiri Anas bin Malik tahun 92 H.
وَقَالَ أَبُو نُعَيۡمٍ الۡكُوفِيُّ مَاتَ سَنَةَ ثَلَاثِ وَتِسۡعِينَ، وَفِيهَا أَرَّخَهُ الۡمَدَائِنِيُّ وَخَلِيفَةُ، وَزَادَ: وَلَهُ مِائَةٌ وَثَلَاثَ سِنِينَ. وَحَكَى ابۡنُ شَاهِينٍ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ بُكَيۡرٍ: أَنَّهُ مَاتَ وَلَهُ مِائَةُ سَنَةٍ وَسَنَةٌ، قَالَ: وَقِيلَ مِائَةٌ وَسَبۡعُ سِنِينَ، وَرَوَاهُ الۡبَغَوِيُّ عَنۡ عُمَرَ بۡنِ شَبَّةَ عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ لۡأَنۡصَارِيِّ كَذٰلِكَ.
Abu Nu’aim Al-Kufi berkata: Anas meninggal tahun 93 H. Dan pada tahun inilah yang dipastikan oleh Al-Madaini dan Khalifah, dan beliau menambahkan: Beliau berumur 103 tahun. Ibnu Syahin menghikayatkan, dari Yahya bin Bukair: Bahwa Anas meninggal dan beliau berumur 101 tahun. Beliau berkata: Dan dikatakan 107 tahun. Al-Baghawi meriwayatkannya dari ‘Umar bin Syabbah dari Muhammad bin ‘Abdullah Al-Anshari seperti itu.
وَقَالَ الطَّبَرَانِيُّ: حَدَّثَنَا جَعۡفَرٌ الۡفِرۡيَابِيُّ، حَدَّثَنَا إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ عُثۡمَانَ الۡمِصِّيصِيُّ، حَدَّثَنَا مَخۡلَدُ بۡنُ الۡحُسَيۡنِ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ حَسَّانٍ عَنۡ حَفۡصَةَ عَنۡ أَنَسٍ قَالَ: قَالَتۡ أُمُّ سُلَيۡمٍ: يَا رَسُولَ اللهِ ادۡعُ اللهَ لِأَنَسٍ، فَقَالَ: (اللّٰهُمَّ أَكۡثِرۡ مَالَهُ وَوَلَدَهُ وَبَارِكۡ لَهُ فِيهِ)، قَالَ أَنَسٌ: فَلَقَدۡ دَفَنۡتُ مِنۡ صُلۡبِي سِوَى وَلَدِ وَلَدِي مِائَةً وَخَمۡسَةً وَعِشۡرِينَ، وَإِنَّ أَرۡضِي لَتُثۡمِرُ فِي السَّنَةِ مَرَّتَيۡنِ.
Ath-Thabrani berkata: Ja’far Al-Firyabi menceritakan kepada kami, Ibrahim bin ‘Utsman Al-Mishshishi menceritakan kepada kami, Makhlad bin Al-Husain menceritakan kepada kami, dari Hisyam bin Hassan dari Hafshah dari Anas, beliau berkata: Ummu Sulaim berkata: Wahai Rasulullah, berdoalah kepada Allah untuk Anas. Lantas Nabi bersabda, “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, dan berkahilah ia.” Anas berkata: Aku benar-benar telah menguburkan anak dari tulang sulbiku –di luar cucuku- sebanyak 125 anak dan sungguh ladangku berbuah dua kali dalam setahun.
وَقَالَ جَعۡفَرُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ عَنۡ ثَابِتٍ عَنۡ أَنَسٍ: جَاءَتۡ بِي أُمُّ سُلَيۡمٍ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ وَأَنَا غُلَامٌ، فَقَالَتۡ يَا رَسُولَ اللهِ: أُنَيۡسٌ ادۡعُ اللهَ لَهُ، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (اللّٰهُمَّ أَكۡثِرۡ مَالَهُ وَوَلَدَهُ وَأَدۡخِلۡهُ الۡجَنَّةَ)[4]، قَالَ: قَدۡ رَأَيۡتُ اثۡنَتَيۡنِ وَأَنَا أَرۡجُو الثَّالِثَةَ.
Ja’far bin Sulaiman berkata dari Tsabit dari Anas: Ummu Sulaim membawaku kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika aku masih kecil. Ummu Sulaim berkata: Wahai Rasulullah, ini Anas kecil. Berdoalah kepada Allah untuk dia. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anaknya serta masukkan ia ke dalam surga.” Anas berkata: Sungguh aku telah melihat terkabulnya dua (banyak harta dan anak) dan aku mengharapkan yang ketiga (masuk surga).
وَقَالَ جَعۡفَرٌ أَيۡضًا عَنۡ ثَابِتٍ: كُنۡتُ مَعَ أَنَسٍ فَجَاءَ قَهۡرَمَانُه فَقَالَ: يَا أَبَا حَمۡزَةَ عَطِشَتۡ أَرۡضُنَا، قَالَ: فَقَامَ أَنَسٌ فَتَوَضَّأَ وَخَرَجَ إِلَى الۡبَرِّيَّةِ فَصَلَّى رَكۡعَتَيۡنِ ثُمَّ دَعَا، فَرَأَيۡتُ السَّحَابَ يَلۡتَئِمُ قَالَ: ثُمَّ مَطَرَتۡ حَتَّى مَلَأَتۡ كُلَّ شَيۡءٍ، فَلَمَّ سَكَنَ الۡمَطَرُ بَعَثَ أَنَسٌ بَعۡضَ أَهۡلِهِ فَقَالَ: انۡظُرۡ أَيۡنَ بَلَغَتِ السَّمَاءُ؟ فَنَظَرَ فَلَمۡ تَعۡدُ أَرۡضَهُ إِلَّا يَسِيرًا، وَذٰلِكَ فِي الصَّيۡفِ.
Ja’far juga berkata dari Tsabit: Aku pernah bersama Anas, lalu Qahramanuh datang dan berkata: Wahai Abu Hamzah, tanah kami kekeringan. Tsabit berkata: Lantas Anas bangkit, berwudhu`, lalu keluar menuju suatu dataran dan shalat dua raka’at, kemudian berdoa. Maka, aku melihat awan berkumpul. Tsabit berkata: Kemudian turun hujan sampai air memenuhi semua tempat. Ketika hujan telah berhenti, Anas mengutus sebagian keluarganya dan berkata: Lihatlah sampai mana awan tadi menghujani. Lalu setelah dilihat ternyata hujan tadi turun tidak melebihi batas tanah beliau kecuali sedikit, dan hal itu terjadi di musim panas.
وَقَالَ عَلِيُّ بۡنُ الۡجَعۡدِ عَنۡ شُعۡبَةَ عَنۡ ثَابِتٍ، قَالَ أَبُو هُرَيۡرَةَ: مَا رَأَيۡتُ أَحَدًا أَشۡبَهَ صَلَاةً بِرَسُولِ اللهِ ﷺ مِنِ ابۡنِ أُمِّ سُلَيۡمٍ، يَعۡنِي أَنَسًا[5].
‘Ali bin Al-Ja’d dari Syu’bah dari Tsabit, Abu Hurairah berkata: Aku tidak melihat seorang pun yang lebih mirip sholatnya dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam daripada putra Ummu Sulaim, yakni Anas.
وَرَوَى الطَّبۡرَانِيُّ فِي الۡأَوۡسَطِ مِنۡ طَرِيقِ عُبَيۡدِ بۡنِ عَمۡرٍو الۡأَصۡبَحِيِّ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ: أَخۡبَرَنِي أَنَسُ بۡنُ مَالِكٍ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ يُشِيرُ فِي الصَّلَاةِ[6]، وَقَالَ: لَا نَعۡلَمُ رَوَى أَبُو هُرَيۡرَةَ عَنۡ أَنَسٍ غَيۡرَ هَٰذَا الۡحَدِيثِ.
Ath-Thabrani meriwayatkan di dalam Al-Ausath dari jalan ‘Ubaid bin ‘Amr Al-Ashbahi dari Abu Hurairah: Anas bin Malik mengabarkan kepadaku bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memberi isyarat ketika shalat. Dan beliau berkata: Kami tidak mengetahui Abu Hurairah meriwayatkan dari Anas kecuali hadits ini.
وَقَالَ مُحَمَّدُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ الۡأَنۡصَارِيُّ: حَدَّثَنَا ابۡنُ عَوۡنٍ عَنۡ مُوسَى بۡنِ أَنَسٍ: أَنَّ أَبَا بَكۡرٍ لَمَّا اسۡتُخۡلِفَ بَعَثَ إِلَى أَنَسٍ لِيُوَجِّهَهُ إِلَى الۡبَحۡرَيۡنِ عَلَى السِّعَايَةِ، فَدَخَلَ عَلَيۡهِ عُمَرُ فَاسۡتَشَارَهُ، فَقَالَ: ابۡعَثۡهُ فَإِنَّهُ لَبِيبٌ كَاتِبٌ، قَالَ فَبَعَثَهُ.
Muhammad bin ‘Abdullah Al-Anshari berkata: Ibnu ‘Aun menceritakan kepada kami dari Musa bin Anas: Bahwa Abu Bakr ketika diangkat menjadi khalifah, beliau ingin mengutus Anas menuju Bahrain untuk mengumpulkan zakat. Lalu ketika ‘Umar datang menemui Abu Bakr, beliau bermusyawarah dengannya. Lalu ‘Umar berkata: Sungguh Anas itu orang yang cerdas dan pandai baca tulis. Lalu Abu Bakr pun jadi mengutus Anas.
وَمَنَاقِبُ أَنَسٍ وَفَضَائِلُهُ كَثِيرَةٌ جِدًّا.
Dan kedudukan Anas serta keutamaan beliau sangat banyak. 

[1] أَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ (٣٦) كِتَابُ: الۡأَدَبِ، (٩٢) بَابُ: مَا جَاءَ فِي الۡمَزَاحِ، (الۡحَدِيث: ٥٠٠٢). وَأَخۡرَجَهُ التِّرۡمِذِيُّ فِي (٢٨) كِتَابِ: الۡبِرِّ وَالصِّلَةِ، (٥٧) بَابُ: مَا جَاءَ فِي الۡمَزَاحِ، (الۡحَدِيث: ١٩٩٢). وَأَخۡرَجَهُ الۡإِمَامُ أَحۡمَدُ فِي (مُسۡنَدِهِ)، (الۡحَدِيث: ١٢١٦٥) ج ٤٠ وَأَخۡرَجَهُ الطَّبۡرَانِيُّ فِي (الۡمُعۡجَمِ الۡكَبِيرِ)، (الۡحَدِيث: ١/٢٤٠). وَأَخۡرَجَهُ الۡبَيۡهَقِيُّ فِي (السُّنَنِ الۡكُبۡرَى)، (الۡحَدِيث: ١٠/٢٤٨). وَذَكَرَهُ الۡمتقي الۡهِنۡدِي فِي (كَنۡزِ الۡعُمَّالِ)، (الۡحَدِيث: ٣٦٨٣٦). 
[2] أَخۡرَجَهُ التِّرۡمِذِيُّ فِي (٥٠) كِتَابِ: الۡمَنَاقِبِ، (٤٦) بَابِ: مَنَاقِبٍ لِأَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، (الۡحَدِيث: ٣٨٣٣). 
[3] ذَكَرَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي (التَّرِيخِ الۡكَبِيرِ)، (الۡحَدِيث: ١/١/٣٩٨). 
[4] أَخۡرَجَهُ مُسۡلِمٌ فِي (٥) كِتَابِ: الۡمَسَاجِدِ، (٤٨) بَابِ: جَوَازِ الۡجَمَاعَةِ فِي النَّافِلَةِ، وَالصَّلَاةِ عَلَى حَصِيرٍ...، (الۡحَدِيث: ١٤٩٩). أَخۡرَجَهُ التِّرۡمِذِيُّ فِي (٥٠) كِتَابِ: الۡمَنَاقِبِ، (٤٦) بَابِ: مَنَاقِبٍ لِأَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، (الۡحَدِيث: ٣٨٢٩). وَذَكَرَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي (التَّرِيخِ الۡكَبِيرِ)، (الۡحَدِيث: ٨/١٢٧). وَذَكَرَهُ الۡبَيۡهَقِيُّ فِي (دَلَائِلِ النُّبُوَّةِ)، (الۡحَدِيث: ٦/١٩٤). 
[5] أَخۡرَجَهُ ابۡنُ مَاجَهۡ فِي (٥) كِتَابِ: إِقَامَةِ الصَّلَاةِ، (٧) بَابِ: الۡقِرَاءَةِ فِي الظُّهۡرِ وَالۡعَصۡرِ، (الۡحَدِيث: ٨٢٧). 
[6] أَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ فِي (٢) كِتَابِ: الصَّلَاةِ، (١٧٥) بَابِ: الۡإِشَارَةِ فِي الصَّلَاةِ، (الۡحَدِيث: ٩٤٣). وَأَخۡرَجَهُ ابۡنُ مَاجَهۡ فِي (٥) كِتَابِ: إِقَامَةِ الصَّلَاةِ، (٥٦) بَابِ: الۡمُصَلَّى يُسَلَّمُ عَلَيۡهِ كَيۡفَ يَرُدُّ، (الۡحَدِيث: ١٠١٧). وَأَخۡرَجَهُ الۡحَاكِمُ فِي (مُسۡتَدۡرَكِهِ)، (الۡحَدِيث: ٣/١٢). وَأَخۡرَجَهُ عَبۡدُ الرَّزَّاقِ فِي (مُصَنَّفِهِ)، (الۡحَدِيث: ٣٥٩٧).