١٠٨٧ – جُبَيۡرُ بۡنُ مُطۡعِمِ بۡنِ عَدِيِّ بۡنِ نَوۡفَلِ بۡنِ عَبۡدِ مَنَافٍ الۡقُرَشِيُّ النَّوۡفَلِيُّ
1087. Jubair bin Muth’im bin ‘Adi bin Naufal bin ‘Abdi Manaf Al-Qurasyi An-Naufali
وَأُمُّهُ أُمُّ حَبِيبٍ بِنۡتُ سَعِيدٍ، وَقِيلَ: أُمُّ جَمِيلٍ بِنۡتُ سَعِيدِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ أَبِي قَيۡسٍ مِنۡ بَنِي عَامِرِ بۡنِ لُؤَيٍّ كَانَ مِنۡ أَكَابِرِ قُرَيۡشٍ وَعُلَمَاءِ النَّسَبِ، وَقَدِمَ عَلَى النَّبِيِّ ﷺ فِي فِدَاءِ أُسَارَى بَدۡرٍ، فَسَمِعَهُ يَقۡرَأُ الطُّورَ، قَالَ: فَكَانَ ذٰلِكَ أَوَّلُ مَا دَخَلَ الۡإِيمَانُ فِي قَلۡبِي، رَوَى ذٰلِكَ الۡبُخَارِيُّ فِي الصَّحِيحِ، وَقَالَ لَهُ النَّبِيُّ ﷺ: (لَوۡ كَانَ أَبُوكَ حَيًّا وَكَلَّمَنِي فِيهِمۡ لَوَهَبۡتُهُمۡ لَهُ).
Ibu beliau adalah Ummu Habib bintu Sa’id. Ada pula yang mengatakan: Ummu Jamil bintu Sa’id bin ‘Abdullah bin Abu Qais, dari Bani ‘Amir bin Lu`ai. Beliau termasuk pembesar Quraisy dan ahli ilmu nasab. Beliau datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam rangka menebus tawanan perang Badr, kemudian Jubair mendengar Nabi membaca surah Ath-Thur. Jubair berkata: Itu adalah awal kali iman merasuk ke dalam hatiku. Kisah tersebut diriwayatkan oleh Al-Bukhari di dalam Ash-Shahih. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya, “Sekiranya ayahmu masih hidup lalu membicarakan pembebasan mereka, niscaya aku bebaskan mereka karena permintaannya.”
وَأَسۡلَمَ جُبَيۡرٌ بَيۡنَ الۡحُدَيۡبِيَّةِ وَالۡفَتۡحِ، وَقَالَ الۡبَغَوِيُّ: أَسۡلَمَ قَبۡلَ فَتۡحِ مَكَّةَ، وَمَاتَ فِي خِلَافَةِ مُعَاوِيَةَ.
Jubair masuk Islam antara perjanjian Hudaibiyyah dengan Fathu Makkah. Al-Baghawi berkata: Beliau masuk Islam sebelum Fathu Makkah dan meninggal pada masa kekhalifahan Mu’awiyah.
وَقَالَ ابۡنُ إِسۡحَاقَ: أَخۡبَرَنِي يَعۡقُوبُ بۡنُ عُتۡبَةَ عَنۡ شَيۡخٍ مِنَ الۡأَنۡصَارِ: أَنَّ عُمَرَ حِينَ أُتِيَ بِسَيۡفِ النُّعۡمَانَ دَعَا بِجُبَيۡرِ بۡنِ مُطۡعِمٍ، وَكَانَ أَنۡسَبَ قُرَيۡشٍ لِقُرَيۡشٍ وَلِلۡعَرَبِ قَاطِبَةً، قَالَ: وَقَالَ جُبَيۡرٌ: أَخَذۡتُ النَّسَبَ عَنۡ أَبِي بَكۡرٍ الصِّدِّيقِ، وَكَانَ أَبُو بَكۡرٍ أَنۡسَبَ الۡعَرَبِ.
Ibnu Ishaq berkata: Ya’qub bin ‘Utbah mengabarkan kepadaku dari seorang syaikh dari kalangan Anshar: Bahwa ‘Umar ketika didatangkan pedang milik Nu’man beliau memanggil Jubair bin Muth’im. Beliau adalah orang Quraisy yang paling mengerti nasab Quraisy, bahkan nasab bangsa ‘Arab seluruhnya. Beliau berkata: Jubair berkata: Aku mengambil ilmu nasab dari Abu Bakr Ash-Shiddiq, dan Abu Bakr adalah orang ‘Arab yang paling mengerti nasab.
وَرَوَى عَنۡهُ مِنَ الصَّحَابَةِ سُلَيۡمَانُ بۡنُ صُرَدٍ، وَعَبۡدُ الرَّحۡمٰنِ بۡنُ أَزۡهَرَ، وَرَوَى عَنۡهُ ابۡنُ الۡمُسَيَّبِ: أَنَّهُ أَتَى النَّبِيَّ ﷺ هُوَ وَعُثۡمَانُ فَسَأَلَاهُ أَنۡ يَقۡسِمَ لَهُمۡ كَمَا قَسَمَ لِبَنِي هَاشِمٍ وَالۡمُطَّلِبِ، وَقَالَا: إِنَّ قَرَابَتَنَا وَاحِدَةٌ، أَيۡ إِنَّ هَاشِمًا وَالۡمُطَّلِبَ وَنَوۡفَلًا جِدَّ جُبَيۡرٍ وَعَبۡدِ شَمۡسٍ جِدَّ عُثۡمَانَ إِخۡوَةٌ، فَأَبَى وَقَالَ: (إِنَّمَا بَنُو هَاشِمٍ وَبَنُو الۡمُطَّلِبِ شَيۡءٌ وَاحِدٌ)[1].
Dari kalangan shahabat yang meriwayatkan dari Jubair adalah Sulaiman bin Shurad dan ‘Abdurrahman bin Azhar. Ibnul Musayyab meriwayatkan dari beliau: Bahwa beliau mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersama ‘Utsman bin ‘Affan. Keduanya meminta beliau untuk membagi bagian untuk mereka sebagaimana Nabi telah membagi untuk Bani Hasyim dan Al-Muththalib. Keduanya berkata: Sesungguhnya kami adalah satu kerabat. Yakni bahwa Hasyim, Muththalib, Naufal kakek Jubair, dan ‘Abdu Syams kakek ‘Utsman adalah saudara. Namun beliau enggan seraya bersabda, “Hanya Bani Hasyim dan Bani Al-Muththalib saja yang merupakan satu kesatuan.”
مَاتَ سَنَةَ سَبۡعٍ أَوۡ ثَمَانٍ أَوۡ تِسۡعٍ وَخَمۡسِينَ.
Beliau meninggal tahun 57 atau 58 atau 59 H.
[1] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي (٦١) كِتَابِ: الۡمَنَاقِبِ، (٢) بَابِ: مَنَاقِبِ قُرَيۡشٍ، (الۡحَدِيث: ٣٥٠٢). وَأَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ فِي (١٤) كِتَابِ: الۡخَرَاجِ، (٣٠) بَابِ: فِي بَيَانِ مَوَاضِعِ قِسۡمِ الۡخمس وَسَهۡمِ ذِي الۡقُرۡبَى، (الۡحَدِيث: ٢٩٧٨). وَأَخۡرَجَهُ النَّسَائِيُّ فِي (٣٨) بَابِ: قِسۡمِ الۡفَيۡءِ، بَابِ: ١، (الۡحَدِيث: ٤١٤٧، ٤١٤٨). وَأَخۡرَجَهُ ابۡنُ مَاجَهۡ فِي (٢٤) بَابِ: الۡجِهَادِ، (٤٦) بَابِ: قِسۡمَةِ الۡخُمس، (الۡحَدِيث: ٢٨٨١). وَأَخۡرَجَهُ الۡبَيۡهَقِيُّ فِي (السُّنَنِ الۡكُبۡرَى) (الۡحَدِيث: ٦/ ٣٤٠) وَ(٧/ ٣١). وَأَخۡرَجَهُ الطَّبَرِيُّ فِي (تَفۡسِيرِهِ)، (الۡحَدِيث: ١٠/٥). وَأَخۡرَجَهُ أَبُو نُعَيۡمٍ فِي (حِلۡيَةِ الۡأَوۡلِيَاءِ)، (الۡحَدِيث: ٩/٦٦).