Cari Blog Ini

Al-Ishabah - 73. Al-Arqam bin Abul-Arqam

٧٣ – الۡأَرۡقَمُ بۡنُ أَبِي الۡأَرۡقَمِ

73. Al-Arqam bin Abul-Arqam

وَكَانَ اسۡمُهُ عَبۡدَ مَنَافِ بۡنَ أَسَدِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ بۡنِ مَخۡزُومٍ، يُكۡنَى أَبَا عَبۡدِ اللهِ. قَالَ ابۡنُ السَّكَنِ: أُمُّهُ تُمَاضِرُ بِنۡتُ حِذۡيَمٍ السَّهۡمِيَّةُ، وَيُقَالُ: أُمَيۡمَةُ بِنۡتُ عَبۡدِ الۡحَارِثِ الۡخُزَاعِيَّةُ، كَانَ مِنَ السَّابِقِينَ الۡأَوَّلِينَ، قِيلَ: أَسۡلَمَ بَعۡدَ عَشَرَةٍ. وَقَالَ الۡبُخَارِيُّ[1]: لَهُ صُحۡبَةٌ، وَذَكَرَهُ ابۡنُ إِسۡحَاقَ، وَمُوسَى بۡنُ عُقۡبَةَ فِيمَنۡ شَهِدَ بَدۡرًا، وَرَوَى الۡحَاكِمُ فِي تَرۡجَمَتِهِ فِي الۡمُسۡتَدۡرَكِ: أَنَّهُ أَسۡلَمَ سَابِعَ سَبۡعَةٍ، وَكَانَتۡ دَارُهُ عَلَى الصَّفَا، وَهِيَ الدَّارُ الَّتِي كَانَ النَّبِيُّ ﷺ، يَجۡلِسُ فِيهَا فِي الۡإِسۡلَامِ[2]. وَذَكَرَ قِصَّةً طَوِيلَةً لِهَٰذِهِ الدَّارِ، وَأَنَّ الۡأَرۡقَمَ حَبَسَهَا، وَأَنَّ أَحۡفَادَهُ بَعۡدَ ذٰلِكَ بَاعُوهَا لِأَبِي جَعۡفَرٍ الۡمَنۡصُورِ.
Dahulu nama beliau adalah ‘Abdu Manaf bin Asad bin ‘Abdullah bin ‘Umar bin Makhzum, berkunyah Abu ‘Abdullah. Ibnus Sakan berkata: Ibunya adalah Tumadhir bintu Hidzyam As-Sahmiyyah. Dan dikatakan: Umaimah bintu ‘Abdul Harits Al-Khuza’iyyah. Beliau termasuk as-sabiqunal awwalun (shahabat yang pertama-tama masuk Islam). Dikatakan bahwa beliau masuk Islam setelah sepuluh orang. Al-Bukhari berkata: Beliau termasuk shahabat. Ibnu Ishaq dan Musa bin ‘Uqbah menyebutkan beliau termasuk yang mengikuti perang Badr. Al-Hakim meriwayatkan dalam biografinya di Al-Mustadrak: Bahwa beliau adalah orang ketujuh yang masuk Islam, rumahnya di atas bukit Shafa. Rumah itu yang dulu biasa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam gunakan untuk bermajlis pada masa Islam. Beliau menyebutkan kisah yang panjang mengenai rumah ini, dan bahwa Al-Arqam menahannya (tidak menjualnya), kemudian setelah itu cucu-cucu beliau menjualnya kepada Abu Ja’far Al-Manshur.
وَرَوَاهُ ابۡنُ مَنۡدَه مِنۡ طَريقٍ أَقۡوَى مِنۡ طَرِيقِ الۡحَاكِمِ، وَهِيَ عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُثۡمَانَ بۡنِ الۡأَرۡقَمِ عَنۡ جَدِّهِ، وَكَانَ بَدۡرِيًّا: وَكَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي دَارِهِ الَّتِي عِنۡدَ الصَّفَا حَتَّى تَكَامَلُوا أَرۡبَعِينَ رَجُلًا مُسۡلِمِينَ، وَكَانَ آخِرَهُمۡ إِسۡلَامًا عُمَرُ، فَلَمَّا تَكَامَلُوا أَرۡبَعِينَ رَجُلًا خَرَجُوا.
Ibnu Mandah meriwayatkannya dari jalan yang lebih kuat dari jalan Al-Hakim. Yaitu dari ‘Abdullah bin ‘Utsman bin Al-Arqam dari kakeknya. Dan beliau termasuk ahli Badr dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu berada di rumahnya di Shafa sampai genap empat puluh orang muslim. Yang paling akhir masuk Islam dari mereka adalah ‘Umar. Setelah genap empat puluh orang, mereka keluar.
وَرَوَى أَحۡمَدُ مِنۡ طَرِيقِ عُثۡمَانَ بۡنِ الۡأَرۡقَمِ بۡنِ أَبِي الۡأَرۡقَمِ عَنۡ أَبِيهِ، وَكَانَ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (إِنَّ الَّذِي يَتَخَطَّى رِقَابَ النَّاسِ يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ وَيُفَرِّقُ بَيۡنَ الۡاثۡنَيۡنِ بَعۡدَ خُرُوجِ الۡإِمَامِ كَالۡجَارِّ قُصۡبَهُ فِي النَّارِ)[3].
Ahmad meriwayatkan dari jalan ‘Utsman bin Al-Arqam bin Abul-Arqam dari ayahnya, dan beliau termasuk shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau berkata, “Sesungguhnya yang melangkahi leher-leher manusia pada hari Jum’at dan memisahkan antara dua orang setelah imam keluar (naik ke mimbar) seperti orang yang menyeret ususnya di neraka.”
وَأَخۡرَجَهُ الۡحَاكِمُ أَيۡضًا. لَكِنۡ قَالَ الدَّارُقُطۡنِيُّ فِي الۡأَفۡرَادِ: تَفَرَّدَ بِهِ هِشَامُ بۡنُ زِيَادٍ وَهُوَ أَبُو الۡمِقۡدَامِ، وَقَدۡ ضَعَّفُوهُ.
Al-Hakim mengeluarkan riwayat ini pula. Namun, Ad-Daruquthni berkata di dalam Al-Afrad: Hisyam bin Ziyad Abul Miqdam bersendirian dalam riwayat ini. Dan para ulama telah menilai beliau dha’if.
وَرَوَى الۡحَاكِمُ أَيۡضًا: أَنَّ الۡأَرۡقَمَ أَوۡصَى أَنۡ يُصَلِّيَ عَلَيۡهِ سَعۡدُ بۡنُ أَبِي وَقَّاصٍ.
Al-Hakim meriwayatkan pula bahwa Al-Arqam berwasiat agar ia dishalati oleh Sa’d bin Abu Waqqash.
وَرَوَى ابۡنُ مَنۡدَه مِنۡ طَرِيقِ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ الۡمُنۡذِرِ قَالَ: تُوُفِّيَ الۡأَرۡقَمُ فِي خِلَافَةِ مُعَاوِيَةَ سَنَةَ خَمۡسٍ وَخَمۡسِينَ. ثُمَّ رَوَى بِسَنَدٍ لَيِّنٍ عَنۡ عُثۡمَانَ بۡنِ الۡأَرۡقَمِ قَالَ: تُوُفِّيَ أَبِي سَنَةَ ثَلَاثٍ وَخَمۡسِينَ، وَهُوَ ابۡنُ خَمۡسٍ وَثَمَانِينَ سَنَةً، وَصَلَّى عَلَيۡهِ سَعۡدُ بۡنُ أَبِي وَقَّاصٍ.
Ibnu Mandah meriwayatkan dari jalan Ibrahim bin Al-Mundzir, beliau berkata: Al-Arqam wafat pada masa khilafah Mu’awiyah pada tahun 55 H. Kemudian beliau meriwayatkan dengan sanad yang layyin (lemah) dari ‘Utsman bin Al-Arqam, beliau berkata: Ayahku wafat pada tahun 53 H ketika berusia 85 tahun dan Sa’d bin Abu Waqqash menshalati jenazah beliau.
وَرَوَى أَبُو نُعَيۡمٍ، وَابۡنُ عَبۡدِ الۡبَرِّ بِسَنَدٍ مُنۡقَطِعٍ: أَنَّهُ تُوُفِّيَ يَوۡمَ مَاتَ أَبُو بَكۡرٍ الصِّدِّيقُ، وَحَمَلَهُ ابۡنُ عَبۡدِ الۡبَرِّ عَلَى أَنَّ الۡمُرَادَ بِذٰلِكَ وَالِدُهُ أَبُو الۡأَرۡقَمِ، كَمَا سَيَأۡتِي فِي تَرۡجَمَتِهِ.
Abu Nu’aim dan Ibnu ‘Abdul Barr meriwayatkan dengan sanad yang munqathi’ bahwa beliau wafat pada hari meninggalnya Abu Bakr Ash-Shiddiq. Ibnu ‘Abdul Barr membawa riwayat ini bahwa yang dimaksud di situ adalah ayahnya yaitu Abul Arqam, sebagaimana yang akan datang dalam biografinya.
وَشَهِدَ الۡأَرۡقَمُ بَدۡرًا وَأُحُدًا وَالۡمَشَاهِدَ كُلَّهَا، وَأَقۡطَعَهُ النَّبِيُّ ﷺ دَارًا بِالۡمَدِينَةِ.
Al-Arqam mengikuti perang Badr, Uhud, dan semua perang-perang lainnya. Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menetapkan sebuah rumah untuknya di Madinah.
وَقَالَ ابۡنُ عَبۡدِ الۡبَرِّ: وَقَعَ لِابۡنِ أَبِي حَاتِمٍ فِيهِ وَهَمٌ، فَإِنَّهُ جَعَلَ الۡأَرۡقَمَ هَٰذَا وَالِدَ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ الۡأَرۡقَمِ، يَعۡنِي الَّذِي كَانَ عَلَى بَيۡتِ الۡمَالِ لِعُثۡمَانَ، وَهَٰذَا زُهۡرِيٌّ وَالۡأَوَّلُ مَخۡزُومِيٌّ، وَوَالِدُ الزُّهۡرِيِّ اسۡمُهُ عَبۡدُ يَغُوثِ بۡنُ وَهۡبِ بۡنِ عَبۡدِ مَنَافٍ[4].
Ibnu ‘Abdul Barr berkata: Ibnu Abu Hatim memiliki kekeliruan pada beliau. Ibnu Abu Hatim menjadikan beliau adalah ayah dari ‘Abdullah bin Al-Arqam yakni yang mengurusi baitul mal pada masa ‘Utsman. Padahal ia adalah dari Bani Zuhri sedangkan yang pertama dari Bani Makhzum. Dan ayah orang itu adalah ‘Abdu Yaghuts bin Wahb bin ‘Abdu Manaf.
قُلۡتُ: رَوَى الطَّبۡرَانِيُّ مِنۡ طَرِيقِ الثَّوۡرِيِّ عَنِ ابۡنِ أَبِي لَيۡلَى عَنِ الۡحَكَمِ عَنۡ مِقۡسَمٍ عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: اسۡتَعۡمَلَ النَّبِيُّ ﷺ الۡأَرۡقَمَ بۡنَ أَبِي الۡأرۡقَمِ الزُّهۡرِيَّ عَلَى السِّعَايَةِ، فَاسۡتَتۡبَعَ أَبَا رَافِعٍ مَوۡلَى النَّبِيِّ ﷺ، فَأَتَى النَّبِيَّ ﷺ فَقَالَ: (يَا أَبَا رَافِعٍ إِنَّ الصَّدَقَةَ حَرَامٌ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ)[5]. انۡتَهَى. فَهَٰذَا يَدُلُّ عَلَى أَنَّ لِلۡأَرۡقَامِ الزُّهۡرِيِّ أَيۡضًا صُحۡبَةً، لَكِنۡ رَوَاهُ شُعۡبَةُ عَنۡ مِقۡسَمٍ فَقَالَ: اسۡتَعۡمَلَ رَجُلًا مِنۡ بَنِي مَخۡزُومٍ، كَذٰلِكَ أَخۡرَجَهُ أَبُو دَاوُدَ وَغَيۡرُهُ وَإِسۡنَادُهُ أَصَحُّ مِنَ الۡأَوَّلِ.
Aku katakan: Ath-Thabrani meriwayatkan dari jalan Ats-Tsauri dari Ibnu Abu Laila dari Al-Hakam dari Miqsam dari Ibnu ‘Abbas, beliau berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menugaskan Al-Arqam bin Abul Arqam Az-Zuhri untuk memungut zakat. Beliau meminta Abu Rafi’ maula Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengikutinya. Ia mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu Nabi bersabda, “Wahai Abu Rafi’, sesungguhnya sedekah itu haram bagi Muhammad dan bagi keluarga Muhammad.” Selesai. Ini menunjukkan bahwa Al-Arqam Az-Zuhri juga merupakan shahabat. Namun, Syu’bah meriwayatkannya dari Miqsam, beliau berkata: Beliau menugaskan seseorang dari Bani Makhzum. Demikian pula yang dikeluarkan oleh Abu Dawud dan selain beliau. Sanadnya lebih sahih daripada riwayat yang pertama. 

[1] انۡظُرۡ: (التَّارِيخَ الۡكَبِيرَ)(٢/٤٦). 
[2] أَخۡرَجَهُ الۡحَاكِمُ فِي (الۡمُسۡتَدۡرَكِ)(الۡحَدِيث: ٣/٥٠٢). 
[3] أَخۡرَجَهُ الۡإِمَامُ أَحۡمَدُ فِي مُسۡنَدِهِ (الۡحَدِيث: ١٥٤٤٧) ج٥. وَأَخۡرَجَهُ الۡحَاكِمُ فِي (الۡمُسۡتَدۡرَكِ)(الۡحَدِيث: ٣/٥٠٢). 
[4] انۡظُرۡ: (الۡاسۡتِيعَابَ)(١/٢١٩). 
[5] أَخۡرَجَهُ الۡإِمَامُ أَحۡمَدُ فِي مُسۡنَدِهِ (الۡحَدِيث: ١٥٤٤٧) ج٥. وَذَكَرَهُ ابۡنُ حَجَرٍ فِي (الۡمَطَالِبِ الۡعَالِيَةِ) (الۡحَدِيث: ٨٣٣). وَذَكَرَهُ الۡهِنۡدِيُّ فِي (كَنۡزِ الۡعُمَّالِ)(الۡحَدِيث: ١٦٥٣١).