أَقۡسَامُ نَائِبِ الۡفَاعِلِ
قَالَ: وَهُوَ عَلَى قِسۡمَيۡنِ: ظَاهِرٍ، وَمُضۡمَرٍ، فَالظَّاهِرُ نَحۡوُ قَوۡلِكَ: (ضُرِبَ زَيۡدٌ)، وَ(يُضۡرَبُ زَيۡدٌ)، وَ(أُكۡرِمَ عَمۡرٌو)، وَ(يُكۡرَمُ عَمۡرٌو). وَالۡمُضۡمَرُ اثۡنَا عَشَرَ، نَحۡوُ قَوۡلِكَ: (ضُرِبۡتُ، وَضُرِبۡنَا، وَضُرِبۡتَ، وَضُرِبۡتِ، وَضُرِبۡتُمَا، وَضُرِبۡتُمۡ، وَضُرِبۡتُنَّ، وَضُرِبَ، وَضُرِبَتۡ، وَضُرِبَا، وَضُرِبُوا، وَضُرِبۡنَ).
Naibul Fa'il terbagi menjadi dua bagian: zhahir dan mudhmar. Adapun yang zhahir seperti ucapanmu: ضُرِبَ زَيۡدٌ, يُضۡرَبُ زَيۡدٌ, أُكۡرِمَ عَمۡرٌو, dan يُكۡرَمُ عَمۡرٌو. Sedangkan yang mudhmar ada dua belas, contohnya adalah ucapanmu: ضُرِبۡتُ, ضُرِبۡنَا, ضُرِبۡتُ, ضُرِبۡتِ, ضُرِبۡتُمَا, ضُرِبۡتُمۡ, ضُرِبۡتُنَّ, ضُرِبَ, ضُرِبَتۡ, ضُرِبَا, ضُرِبُوا, dan ضُرِبۡنَ.
أَقُولُ: يَنۡقَسِمُ النَّائِبُ عَنِ الۡفَاعِلِ إِلَى قِسۡمَيۡنِ: ظَاهِرٍ وَمُضۡمَرٍ -كَمَا أَنَّ الۡفَاعِلَ كَذٰلِكَ- فَالظَّاهِرُ كَمَا تَقَدَّمَ وَنَحۡوُ (أُكۡرِمَ عَمۡرٌو) وَ(يُكۡرَمُ عَمۡرٌو).
Nabiul Fa'il terbagi menjadi dua bagian, yaitu zhahir dan mudhmar -sebagaimana fa'il juga demikian-. Adapun yang zhahir adalah seperti yang telah disebutkan, contoh: أُكۡرِمَ عَمۡرٌو dan يُكۡرَمُ عَمۡرٌو.
وَالۡمُضۡمَرُ إِمَّا مُتَّصِلٌ نَحۡوُ: (ضُرِبۡتُ) بِضَمِّ الضَّادِ وَسُكُونِ الۡبَاءِ. فَـ(التَّاءُ) ضَمِيرٌ مُتَّصِلٌ فِي مَحَلِّ رَفۡعٍ نَائِبُ فَاعِلٍ، وَمِثَالُهُ مِنَ الۡقُرۡآنِ الۡعَظِيمِ قَوۡلُهُ تَعَالَى: ﴿فَاسۡتَقِمۡ كَمَآ أُمِرۡتَ﴾ [هود: ١١٢] وَإِمَّا مُنۡفَصِلٌ نَحۡوُ: (مَا ضُرِبَ إِلَّا أَنَا) وَ(مَا يُكۡرَمُ إِلَّا أَنۡتَ) فَكُلٌّ مِنۡ (أَنَا وَأَنۡتَ) ضَمِيرٌ مُنۡفَصِلٌ فِي مَحَلِّ رَفۡعٍ نَائِبُ فَاعِلٍ.
Adapun yang mudhmar, ada yang muttashil seperti: ضُرِبۡتُ dengan mendhammah huruf dhad dan menyukun huruf ba`. Sedangkan huruf ta` adalah dhamir muttashil pada kedudukan rafa' naibul fa'il. Contoh dari Al-Qur`an adalah firman Allah ta'ala: فَاسۡتَقِمۡ كَمَآ أُمِرۡتَ (QS. Hud: 112). Ada pula mudhmar yang munfashil seperti: مَا ضُرِبَ إِلَّا أَنَا dan مَا يُكۡرَمُ إِلَّا أَنۡتَ. Jadi setiap dari أَنَا dan أَنۡتَ adalah dhamir munfashil pada kedudukan rafa' naibul fa'il.
وَقَدۡ تَقَدَّمَ مَعَنَا تَعۡرِيفُ الظَّاهِرِ وَالۡمُضۡمَرِ فِي بَابِ الۡفَاعِلِ، وَتَقَدَّمَ أَيۡضًا تَقۡسِيمُ الۡمُضۡمَرِ إِلَى مُتَّصِلٍ وَمُنۡفَصِلٍ، وَتَعۡرِيفُ أَنۡوَاعِ كُلٍّ مِنۡهُمَا مِمَّا أَغۡنَى عَنۡ إِعَادَتِهِ هُنَا، وَالۡحَمۡدُ لِلهِ.
Dan telah disebutkan bersama kita, pengertian zhahir dan mudhmar di bab fa'il. Dan telah disebutkan pula pembagian mudhmar menjadi muttashil dan munfashil. Juga telah disebutkan pengertian setiap jenis dari keduanya. Sehingga tidak butuh untuk diulangi di sini. Alhamdulillah.
Lihat pula:
Lihat pula:
- Pembahasan Jenis-jenis Na`ibul Fa'il dalam kitab At-Tuhfatus Saniyyah