Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2002

٢٠٠٢ – حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ، عَنۡ مَالِكٍ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: كَانَ يَوۡمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيۡشٌ فِي الۡجَاهِلِيَّةِ، وَكَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يَصُومُهُ؛ فَلَمَّا قَدِمَ الۡمَدِينَةَ صَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ، فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تَرَكَ يَوۡمَ عَاشُورَاءَ، فَمَنۡ شَاءَ صَامَهُ وَمَنۡ شَاءَ تَرَكَهُ. [طرفه في: ١٥٩٢].
2002. ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami, dari Malik, dari Hisyam bin ‘Urwah, dari ayahnya, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Dahulu, hari Asyura adalah hari yang biasa kaum Quraisy berpuasa padanya di zaman jahiliah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berpuasa pada hari itu. Ketika beliau tiba di Madinah, beliau berpuasa Asyura dan bahkan memerintahkannya. Lalu, tatkala sudah diwajibkan puasa Ramadan, beliau meninggalkan hari Asyura. Sehingga, siapa saja ingin, silakan puasa Asyura. Dan siapa saja yang ingin, ia boleh tidak berpuasa Asyura.