Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1545

٢٣ – بَابُ مَا يَلۡبَسُ الۡمُحۡرِمُ مِنَ الثِّيَابِ وَالۡأَرۡدِيَةِ وَالۡأُزُرِ
23. Bab pakaian, kain atas, dan kain bawah yang dikenakan orang yang berihram

وَلَبِسَتۡ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا الثِّيَابَ الۡمُعَصۡفَرَةَ وَهِيَ مُحۡرِمَةٌ، وَقَالَتۡ: لَا تَلَثَّمۡ، وَلَا تَتَبَرۡقَعۡ، وَلَا تَلۡبَسۡ ثَوۡبًا بِوَرۡسٍ، وَلَا زَعۡفَرَانٍ. وَقَالَ جَابِرٌ: لَا أَرَى الۡمُعَصۡفَرَ طِيبًا. وَلَمۡ تَرَ عَائِشَةُ بَأۡسًا بِالۡحُلِيِّ، وَالثَّوۡبِ الۡأَسۡوَدِ، وَالۡمُوَرَّدِ، وَالۡخُفِّ لِلۡمَرۡأَةِ. وَقَالَ إِبۡرَاهِيمُ: لَا بَأۡسَ أَنۡ يُبۡدِلَ ثِيَابَهُ.
‘Aisyah radhiyallahu ‘anha mengenakan pakaian mu’ashfar (pakaian yang dicelup menggunakan bahan tanaman ‘ushfur / kesumba yang menghasilkan warna merah) dalam keadaan beliau berihram. Beliau mengatakan: Jangan memakai penutup hidung dan mulut, jangan memakai burqa / cadar, jangan memakai pakaian yang terkena wars (pewarna kuning dari tanaman) dan safron. Jabir mengatakan: Aku tidak berpendapat bahwa mu’ashfar merupakan wangi-wangian. ‘Aisyah berpendapat tidak masalah dengan perhiasan, pakaian hitam, pakaian yang dicelup dengan warna merah mawar, dan khuf untuk wanita. Ibrahim mengatakan: Tidak masalah mengganti pakaiannya.
١٥٤٥ – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ أَبِي بَكۡرٍ الۡمُقَدَّمِيُّ: حَدَّثَنَا فُضَيۡلُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ قَالَ: حَدَّثَنِي مُوسَى بۡنُ عُقۡبَةَ قَالَ: أَخۡبَرَنِي كُرَيۡبٌ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: انۡطَلَقَ النَّبِيُّ ﷺ مِنَ الۡمَدِينَةِ، بَعۡدَ مَا تَرَجَّلَ وَادَّهَنَ، وَلَبِسَ إِزَارَهُ وَرِدَاءَهُ، هُوَ وَأَصۡحَابُهُ، فَلَمۡ يَنۡهَ عَنۡ شَيۡءٍ مِنَ الۡأَرۡدِيَةِ وَالۡأُزُرِ تُلۡبَسُ، إِلَّا الۡمُزَعۡفَرَةَ الَّتِي تُرۡدَعُ عَلَى الۡجِلۡدِ، فَأَصۡبَحَ بِذِي الۡحُلَيۡفَةِ، رَكِبَ رَاحِلَتَهُ، حَتَّى اسۡتَوَى عَلَى الۡبَيۡدَاءِ أَهَلَّ هُوَ وَأَصۡحَابُهُ، وَقَلَّدَ بَدَنَتَهُ، وَذٰلِكَ لِخَمۡسٍ بَقِينَ مِنۡ ذِي الۡقَعۡدَةِ، فَقَدِمَ مَكَّةَ لِأَربَعِ لَيَالٍ خَلَوۡنَ مِنۡ ذِي الۡحَجَّةِ، فَطَافَ بِالۡبَيۡتِ وَسَعى بَيۡنَ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ، وَلَمۡ يَحِلَّ مِنۡ أَجۡلِ بُدۡنِهِ، لِأَنَّهُ قَلَّدَهَا، ثُمَّ نَزَلَ بِأَعۡلَى مَكَّةَ عِنۡدَ الۡحَجُونِ، وَهُوَ مُهِلٌّ بِالۡحَجِّ، وَلَمۡ يَقۡرَبِ الۡكَعۡبَةَ بَعۡدَ طَوَافِهِ بِهَا حَتَّى رَجَعَ مِنۡ عَرَفَةَ، وَأَمَرَ أَصۡحَابَهُ أَنۡ يَطَّوَّفُوا بِالۡبَيۡتِ وَبَيۡنَ الصَّفَا وَالۡمَرۡوَةِ، ثُمَّ يُقَصِّرُوا مِنۡ رُؤُوسِهِمۡ ثُمَّ يَحِلُّوا، وَذٰلِكَ لِمَنۡ لَمۡ يَكُنۡ مَعَهُ بَدَنَةٌ قَلَّدَهَا، وَمَنۡ كَانَتۡ مَعَهُ امۡرَأَتُهُ فَهِيَ لَهُ حَلَالٌ، وَالطِّيبُ وَالثِّيَابُ.
[الحديث ١٥٤٥ – طرفاه في: ١٦٢٥، ١٧٣١].
1545. Muhammad bin Abu Bakr Al-Muqaddami telah menceritakan kepada kami: Fudhail bin Sulaiman menceritakan kepada kami, beliau mengatakan: Musa bin ‘Uqbah menceritakan kepadaku, beliau mengatakan: Kuraib mengabarkan kepadaku, dari ‘Abdullah bin ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berangkat dari Madinah setelah beliau menyisir rambut dan meminyakinya. Beliau dan para sahabat mengenakan kain bawah dan kain atasnya. Beliau tidak melarang sesuatu pun dari kain atas dan kain bawah yang dikenakan kecuali pakaian yang terkena safron yang dapat membekas pada kulit. Ketika pagi hari beliau sampai di Dzul Hulaifah, beliau mengendarai tunggangannya. Sampai beliau naik ke atas padang pasir, beliau dan para sahabatnya mulai bertalbiah dan beliau mengalungi untanya. Saat itu adalah lima hari tersisa dari bulan Zulkaidah. Beliau sampai di Makkah empat malam berlalu dari bulan Zulhijah. Beliau lalu tawaf di Ka’bah dan sai antara Shafa dan Marwah, namun beliau belum tahalul karena unta yang telah beliau kalungi (sebagai tanda hadyu). Kemudian beliau singgah di daratan Makkah yang paling tinggi di dekat Al-Hajun dalam keadaan beliau mulai bertalbiah untuk haji. Beliau tidak mendekat ke Ka’bah setelah tawaf di sana sampai beliau kembali dari ‘Arafah. Beliau memerintahkan para sahabat untuk tawaf di Ka’bah dan sai antara Shafa dan Marwah. Kemudian agar mereka mencukur rambut lalu tahalul. Itu bagi siapa saja yang tidak membawa unta yang telah dikalunginya. Dan siapa saja yang bersama istrinya, maka istrinya halal baginya. Demikian pula wangi-wangian dan pakaian biasa.