Cari Blog Ini

Ad-Dararil Mudhiyyah - Bab Iktikaf

بَابُ الۡاعۡتِكَافِ

يُشۡرَعُ فِي كُلِّ وَقۡتٍ فِي الۡمَسَاجِدِ. وَهُوَ فِي رَمَضَانَ آكَدُ، سِيَّمَا فِي الۡعَشۡرِ الۡأَوَاخِرِ، وَيُسۡتَحَبُّ الۡاجۡتِهَادُ فِي الۡعَمَلِ فِيهَا، وَقِيَامُ لَيَالِي الۡقَدۡرِ، وَلَا يَخۡرُجُ الۡمُعۡتَكِفُ إِلَّا لِحَاجَةٍ. 
Iktikaf disyariatkan pada setiap waktu di masjid. Iktikaf di bulan Ramadan lebih ditekankan, terlebih pada sepuluh hari terakhir. Disukai untuk bersungguh-sungguh dalam amal ibadah di sepuluh hari terakhir tersebut dan salat pada malam Lailatulkadar. Orang yang beriktikaf tidak boleh keluar kecuali ada kebutuhan.
أَقُولُ: لَا خِلَافَ فِي مَشۡرُوعِيَّةِ الۡاعۡتِكَافِ، وَقَدۡ كَانَ يَعۡتَكِفُ النَّبِيُّ ﷺ فِي الۡعَشۡرِ الۡأَوَاخِرِ مِنۡ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللهُ[1]، كَمَا ثَبَتَ فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا مِنۡ جَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ.
Tidak ada perselisihan tentang disyariatkannya iktikaf. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa beriktikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan sampai Allah wafatkan beliau, sebagaimana hal itu telah pasti terdapat dalam dua kitab Shahih dan selainnya dari hadis Abu Hurairah.
وَأَمَّا كَوۡنُهُ يَصِحُّ فِي كُلِّ وَقۡتٍ فِي الۡمَسَاجِدِ؛ فَلِأَنَّهُ وَرَدَ التَّرۡغِيبُ فِيهِ وَلَمۡ يَأۡتِ مَا يَدُلُّ عَلَى أَنَّهُ يَخۡتَصُّ بِوَقۡتٍ مُعَيَّنٍ. وَقَدۡ ثَبَتَ فِي الصَّحِيحِ مِنۡ حَدِيثِ ابۡنِ عُمَرَ؛ (أَنَّ عُمَرَ سَأَلَ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: كُنۡتُ نَذَرۡتُ فِي الۡجَاهِلِيَّةِ أَنۡ أَعۡتَكِفَ لَيۡلَةً فِي الۡمَسۡجِدِ الۡحَرَامِ، قَالَ: فَأَوۡفِ بِنَذۡرِكَ)[2].
Perihal bahwa iktikaf itu sah pada setiap waktu di masjid-masjid, karena adanya anjuran untuk itu dan tidak ada dalil yang menunjukkan iktikaf dikhususkan pada waktu tertentu. Telah pasti terdapat di dalam kitab Shahih dari hadis Ibnu ‘Umar, bahwa ‘Umar bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Umar berkata: Aku dulu bernazar di masa jahiliah untuk iktikaf selama satu malam di Masjidil Haram. Beliau bersabda, “Penuhilah nazarmu.”
وَأَمَّا كَوۡنُهُ لَا يَكُونُ إِلَّا فِي الۡمَسَاجِدِ، فَلِأَنَّ ذٰلِكَ هُوَ مَعۡنَى الۡاعۡتِكَافِ شَرۡعًا، إِذۡ لَا يُسَمَّى مَنِ اعۡتَكَفَ فِي غَيۡرِهَا مُعۡتَكِفًا شَرۡعًا. وَقَدۡ وَرَدَ مَا يَدُلُّ عَلَى ذٰلِكَ كَحَدِيثِ: (لَا اعۡتِكَافَ إِلَّا فِي مَسۡجِدِ جَمَاعَةٍ)[3] أَخۡرَجَهُ ابۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ، وَسَعِيدُ بۡنُ مَنۡصُورٍ مِنۡ حَدِيثِ حُذَيۡفَةَ.
Perihal bahwa iktikaf hanya dilakukan di masjid-masjid, karena itu merupakan makna iktikaf secara syariat. Juga karena tidak dinamakan bagi siapa saja yang iktikaf di selain masjid sebagai mu’takif (orang yang beriktikaf) secara syariat. Terdapat dalil yang menunjukkan hal itu, seperti hadis, “Tidak ada iktikaf kecuali di masjid jamaah.” Dikeluarkan oleh Ibnu Abu Syaibah dan Sa’id bin Manshur dari hadis Hudzaifah.
وَأَمَّا كَوۡنُ الۡاعۡتِكَافُ فِي رَمَضَانَ لَا سِيَّمَا كَوۡن الۡعَشۡرِ الۡأَوَاخِرِ مِنۡهُ أَفۡضَلُ وَآكَدُ، فَلِكَوۡنِهِ ﷺ كَانَ يَعۡتَكِفُ فِيهَا وَلَمۡ يَرِدۡ مَا يَدُلُّ عَلَى تَوۡقِيتِهِ بِيَوۡمٍ أَوۡ أَكۡثَرَ، وَلَا عَلَى اشۡتِرَاطِ الصِّيَامِ إِلَّا مِنۡ قَوۡلِ عَائِشَةَ، وَحَدِيثُ ابۡنِ عُمَرَ الۡمُتَقَدَّمِ يَرُدُّهُ، وَكَذٰلِكَ حَدِيثُ ابۡنِ عَبَّاسٍ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (لَيۡسَ عَلَى الۡمُعۡتَكِفِ صِيَامٌ، إِلَّا أَنۡ يَجۡعَلَهُ عَلَى نَفۡسِهِ)[4] أَخۡرَجَهُ الدَّارُقُطۡنِيُّ، وَالۡحَاكِمُ وَقَالَ: صَحِيحُ الۡإِسۡنَادِ، وَرَجَّحَ الدَّارُقُطۡنِيُّ، وَالۡبَيۡهَقِيُّ وَقَّفَهُ. وَبِالۡجُمۡلَةِ؛ فَلَا حُجَّةَ إِلَّا فِي الثَّابِتِ مِنۡ قَوۡلِهِ ﷺ، وَلَمۡ يَثۡبُتۡ عَنۡهُ مَا يَدُلُّ عَلَى أَنَّهُ لَا اعۡتِكَافَ إِلَّا بِصَوۡمٍ، بَلۡ ثَبَتَ عَنۡهُ مَا يُخَالِفُهُ فِي نَذۡرِ عُمَرَ. وَقَدۡ رَوَى أَبُو دَاوُدَ عَنۡ عَائِشَةَ مَرۡفُوعًا مِنۡ حَدِيثِ: (وَلَا اعۡتِكَافَ إِلَّا بِصَوۡمٍ)[5]. وَرَوَاهُ غَيۡرُهُ مِنۡ قَوۡلِهَا، وَرَجَّحَ ذٰلِكَ الۡحُفَّاظُ.
Adapun perihal bahwa iktikaf di bulan Ramadan terlebih di sepuluh hari terakhir lebih mulia dan lebih ditekankan, berdasarkan perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang biasa iktikaf di waktu-waktu tersebut. Dan tidak ada dalil yang menunjukkan pembatasan waktunya baik satu hari atau lebih. Dan tidak pula disyaratkan puasa kecuali dari ucapan ‘Aisyah. Hadis Ibnu ‘Umar yang telah disebutkan telah membantahnya, demikian pula hadis Ibnu ‘Abbas; Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang iktikaf tidak wajib puasa kecuali dia mewajibkan puasa atas dirinya.” Dikeluarkan oleh Ad-Daruquthni dan Al-Hakim, beliau mengatakan: sanadnya sahih dan dikuatkan oleh Ad-Daruquthni, sedangkan Al-Baihaqi menyatakan mauquf. Secara umum, tidak ada alasan kecuali yang telah pasti diriwayatkan dari sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan tidak ada dalil yang pasti dari beliau yang menunjukkan bahwa tidak ada iktikaf kecuali dengan puasa. Bahkan telah pasti riwayat dari beliau hal yang menyelisihinya pada riwayat nazarnya ‘Umar. Abu Dawud telah meriwayatkan dari ‘Aisyah secara marfu’ tentang hadis, “Dan tidak ada iktikaf kecuali dengan puasa.” Namun, selain beliau meriwayatkan itu dari ucapan ‘Aisyah dan itulah yang dikuatkan oleh para hafizh.
وَأَمَّا مَشۡرُوعِيَّةُ الۡاجۡتِهَادِ فِي الۡعَمَلِ، فَلِحَدِيثِ عَائِشَةَ: (أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ إِذَا دَخَلَ الۡعَشۡرَ الۡأَوَاخِرَ أَحۡيَا اللَّيۡلَ كُلَّهُ، وَأَيۡقَظَ أَهۡلَهُ، وَشَدَّ الۡمِئۡزَرَ)[6]، وَهُوَ فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا.
Adapun disyariatkannya bersungguh-sungguh dalam amalan ibadah adalah berdasar hadis ‘Aisyah, “Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila masuk sepuluh hari terakhir, beliau menghidupkan seluruh malam, membangunkan keluarganya, dan mengencangkan kain sarung.” Hadis ini terdapat dalam dua kitab Shahih dan selainnya.
وَأَمَّا مَشۡرُوعِيَّةُ قِيَامِ لَيَالِي الۡقَدۡرِ، فَلِحَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ فِي الصَّحِيحَيۡنِ وَغَيۡرِهِمَا عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (مَنۡ قَامَ لَيۡلَةَ الۡقَدۡرِ إِيمَانًا وَاحۡتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنۡ ذَنۡبِهِ)[7]. وَفِي تَعۡيِينِ لَيۡلَةِ الۡقَدۡرِ أَحَدِيثُ مُخۡتَلِفَةٌ، وَأَقۡوَالٌ جَاوَزَتِ الۡأَرۡبَعِينَ، وَقَدۡ اسۡتَوۡفَيۡتُ ذٰلِكَ فِي شَرۡحِ الۡمُنۡتَقَى فَلۡيَرۡجِعۡ إِلَيۡهِ.
Adapun disyariatkannya salat pada malam-malam Lailatulkadar, berdasarkan hadis Abu Hurairah di dalam dua kitab Shahih dan selainnya, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Siapa saja yang salat pada malam Lailatulkadar karena iman dan mengharap pahala, dosanya yang telah lalu akan diampuni.” Tentang kepastian kapan malam Lailatulkadar ada hadis-hadis yang berbeda-beda dan pendapat-pendapat yang melebihi empat puluh pendapat. Aku telah mengumpulkannya di dalam Syarh Al-Muntaqa, maka silakan merujuk kepadanya.
وَأَمَّا كَوۡنُ الۡمُعۡتَكِفُ لَا يَخۡرُجُ إِلَّا لِحَاجَةٍ، فَلَمَّا ثَبَتَ عَنۡهُ ﷺ مِنۡ حَدِيثِ عَائِشَةَ فِي الصَّحِيحَيۡنِ (أَنَّهُ كَانَ لَا يَدۡخُلُ الۡبَيۡتَ إِلَّا لِحَاجَةِ الۡإِنۡسَانِ إِذَا كَانَ مُعۡتَكِفًا)[8]، وَأَخۡرَجَ أَبُو دَاوُدَ عَنۡهَا قَالَتۡ: (كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَمُرُّ بِالۡمَرِيضِ وَهُوَ مُعۡتَكِفٌ فَيَمُرُّ كَمَا هُوَ وَلَا يُعَرِّجُ يَسۡأَلُ عَنۡهُ)[9]، وَفِي إِسۡنَادِهِ لَيۡثُ بۡنُ أَبِي سُلَيۡمٍ، قَالَ الۡحَافِظُ: وَالصَّحِيحُ عَنۡ عَائِشَةَ مِنۡ فِعۡلِهَا. أَخۡرَجَهُ مُسۡلِمٌ رَحِمَهُ اللهُ وَغَيۡرُهُ، قَالَ: صَحَّ ذٰلِكَ عَنۡ عَلِيٍّ. وَأَخۡرَجَ أَبُو دَاوُدَ عَنۡ عَائِشَةَ أَيۡضًا قَالَتۡ: (السُّنَّةُ عَلَى الۡمُعۡتَكِفِ أَنۡ لَا يَعُودَ مَرِيضًا، وَلَا يَشۡهَدُ جَنَازَةً، وَلَا يَمَسَّ امۡرَأَةً وَلَا يُبَاشِرَهَا، وَلَا يَخۡرُجَ لِحَاجَةٍ إِلَّا لِمَا لَا بُدَّ مِنۡهُ، وَلَا اعۡتِكَافَ إِلَّا بِصَوۡمٍ، وَلَا اعۡتِكَافَ إِلَّا فِي مَسۡجِدٍ جَامِعٍ)[10]، وَأَخۡرَجَهُ أَيۡضًا النَّسَائِيُّ وَلَيۡسَ فِيهِ قَالَتۡ: (السُّنَّةُ) قَالَ أَبُو دَاوُدَ غَيۡرُ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ بۡنِ إِسۡحَاقَ لَا يَقُولُ فِيهِ قَالَتۡ السُّنَّةُ، وَجَزِمَ الدَّارُقُطۡنِيُّ بِأَنَّ الۡقَدۡرَ مِنۡ حَدِيثِ عَائِشَةَ قَوۡلُهَا لَا يَخۡرُجُ وَمَا عَدَاهُ مِمَّنۡ دُونَهَا.
Adapun perihal orang yang beriktikaf tidak keluar kecuali karena kebutuhan adalah karena telah pasti riwayat dari beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dari hadis ‘Aisyah di dalam dua kitab Shahih, “Bahwa beliau tidak masuk ke rumah kecuali untuk suatu kebutuhan manusia apabila beliau sedang iktikaf.” Abu Dawud mengeluarkan riwayat dari ‘Aisyah, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati orang sakit ketika Nabi sedang iktikaf. Beliau hanya lewat dan tidak mampir untuk menanyakannya.” Di dalam sanadnya ada Laits bin Abu Sulaim. Al-Hafizh berkata: Yang sahih dari ‘Aisyah adalah bahwa hal itu dari perbuatan ‘Aisyah. Dikeluarkan oleh Muslim rahimahullah dan selain beliau, beliau mengatakan: Hal itu telah sahih dari ‘Ali. Abu Dawud mengeluarkan riwayat dari ‘Aisyah pula, beliau mengatakan, “Yang sunah bagi orang yang beriktikaf adalah tidak menjenguk orang sakit, tidak menghadiri penyelenggaraan jenazah, tidak menyentuh istri dan tidak pula bermesraan dengannya, dan tidak keluar untuk suatu kebutuhan kecuali kebutuhan yang harus. Dan tidak ada iktikaf kecuali dengan puasa dan tidak ada iktikaf kecuali di masjid jami.” Dikeluarkan pula oleh An-Nasa`i, namun tidak ada padanya ucapan ‘Aisyah: Yang sunah. Abu Dawud mengatakan: Selain ‘Abdurrahman bin Ishaq tidak menyebutkan padanya: ‘Aisyah berkata: Yang sunah. Ad-Daruquthni memastikan bahwa batas dari hadis ‘Aisyah adalah ucapan beliau “tidak keluar…”, adapun setelahnya maka dari ucapan periwayat di bawah ‘Aisyah.

[1] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الۡاعۡتِكَافِ بَابِ ١، ٦، وَمُسۡلِمٌ فِي الۡاعۡتِكَافِ حَدِيثِ ٢، وَأَبُو دَاوُدَ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٧٧، وَالتِّرۡمِذِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ٧١، وَابۡنُ مَاجَهۡ فِي الصِّيَامِ بَابِ ٥٨، وَأَحۡمَدُ فِي الۡمُسۡنَدِ ٢/١٣٣، ٢٨١، ٣٣٦. 
[2] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الۡاعۡتِكَافِ بَابِ ٥، ١٥، ١٦، وَالۡأَيۡمَانِ بَابِ ٢٩، وَمُسۡلِمٌ فِي الۡأَيۡمَانِ حَدِيثِ ٢٧، ٢٨، وَأَبُو دَاوُدَ فِي الۡأَيۡمَانِ بَابِ ٢٥، وَالتِّرۡمِذِيُّ فِي الۡأَيۡمَانِ بَابِ ١٢، وَالنَّسَائِيُّ فِي الۡأَيۡمَانِ بَابِ ٣٦، وَأَحۡمَدُ فِي الۡمُسۡنَدِ ١/٣٧، ٢/٢٠، ١٥٣. 
[3] أَخۡرَجَهُ السُّيُوطِيُّ فِي الدُّرِّ الۡمَنۡثُورِ ١/٢٠٢، وَالۡمُتَّقِي الۡهِنۡدِي فِي كَنۡزِ الۡعُمَّالِ ٢٤٠١٨. 
[4] أَخۡرَجَهُ الۡبَيۡهَقِيُّ فِي السُّنَنِ الۡكُبۡرَى ٤/٣١٩، وَالۡحَاكِمُ فِي الۡمُسۡتَدۡرَكِ ١/٤٣٩، وَالدَّارُقُطۡنِيُّ فِي سُنَنِهِ ٢/١٩٩. 
[6] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي لَيۡلَةِ الۡقَدۡرِ بَابِ ٥، وَمُسۡلِمٌ فِي الۡاعۡتِكَافِ حَدِيثِ ٧، وَأَبُو دَاوُدَ فِي رَمَضَانَ بَابِ ١، وَالنَّسَائِيُّ فِي قِيَامِ اللَّيۡلِ بَابِ ١٧، وَابۡنُ مَاجَهۡ فِي الصِّيَامِ بَابِ ٥٧، وَأَحۡمَدُ فِي الۡمُسۡنَدِ ٦/٤١، ٦٧، ٦٨، ١٤٦. 
[7] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الۡإِيمَانِ بَابِ ٢٥، وَلَيۡلَةِ الۡقَدۡرِ بَابِ ١، وَمُسۡلِمٌ فِي الۡمُسَافِرِينَ حَدِيثِ ١٧٣ – ١٧٦، وَأَبُو دَاوُدَ فِي رَمَضَانَ بَابِ ١، وَالتِّرۡمِذِيُّ فِي الصَّوۡمِ بَابِ ١، وَالنَّسَائِيُّ فِي قِيَامِ اللَّيۡلِ بَابِ ٣، وَابۡنُ مَاجَهۡ فِي الصِّيَامِ بَابِ ٢، ٣٩، وَمَالِكٌ فِي رَمَضَانَ حَدِيثِ ٢. 
[8] أَخۡرَجَهُ الۡبُخَارِيُّ فِي الۡاعۡتِكَافِ بَابِ ٣، وَمُسۡلِمٌ فِي الۡحَيۡضِ حَدِيثِ ٧.