٤ – (١١٧٨) – حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ وَأَبُو الرَّبِيعِ الزَّهۡرَانِيُّ وَقُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ، جَمِيعًا عَنۡ حَمَّادٍ قَالَ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا حَمَّادُ بۡنُ زَيۡدٍ، عَنۡ عَمۡرٍو، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ زَيۡدٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ وَهُوَ يَخۡطُبُ يَقُولُ: (السَّرَاوِيلُ لِمَنۡ لَمۡ يَجِدِ الۡإِزَارَ، وَالۡخُفَّانِ لِمَنۡ لَمۡ يَجِدِ النَّعۡلَيۡنِ) يَعۡنِي الۡمُحۡرِمَ.
[البخاري: كتاب جزاء الصيد، باب لبس الخفين للمحرم...، رقم: ١٨٤١].
4. (1178). Yahya bin Yahya, Abur Rabi’ Az-Zahrani, dan Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami. Semuanya dari Hammad. Yahya mengatakan: Hammad bin Zaid mengabarkan kepada kami, dari ‘Amr, dari Jabir bin Zaid, dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika beliau khotbah di ‘Arafah bersabda, “Sirwal (celana) boleh bagi siapa saja yang tidak mendapatkan izar (kain yang disarungkan) dan khuf (sejenis sepatu) boleh bagi siapa saja yang tidak mendapatkan sandal.” Yakni bagi orang yang berihram.
(...) – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدٌ – يَعۡنِي ابۡنَ جَعۡفَرٍ – (ح) وَحَدَّثَنِي أَبُو غَسَّانَ الرَّازِيُّ: حَدَّثَنَا بَهۡزٌ قَالَا جَمِيعًا: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ، عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ دِينَارٍ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ ﷺ يَخۡطُبُ بِعَرَفَاتٍ. فَذَكَرَ هٰذَا الۡحَدِيثَ.
Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Abu Ghassan Ar-Razi telah menceritakan kepadaku: Bahz menceritakan kepada kami. Dua-duanya mengatakan: Syu’bah menceritakan kepada kami, dari ‘Amr bin Dinar, dengan sanad ini. Bahwa Ibnu ‘Abbas mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkhotbah di ‘Arafah. Beliau menyebutkan hadis ini.
(...) – وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ بۡنُ عُيَيۡنَةَ. (ح) وَحَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ يَحۡيَىٰ: أَخۡبَرَنَا هُشَيۡمٌ. (ح) وَحَدَّثَنَا أَبُو كُرَيۡبٍ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ سُفۡيَانَ. (ح) وَحَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ خَشۡرَمٍ: أَخۡبَرَنَا عِيسَى بۡنُ يُونُسَ، عَنِ ابۡنِ جُرَيۡجٍ. (ح) وَحَدَّثَنِي عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ، عَنۡ أَيُّوبَ، كُلُّ هٰؤُلَاءِ عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ دِينَارٍ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ. وَلَمۡ يَذۡكُرۡ أَحَدٌ مِنۡهُمۡ: يَخۡطُبُ بِعَرَفَاتٍ، غَيۡرُ شُعۡبَةَ وَحۡدَهُ.
Abu Bakr bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Sufyan bin ‘Uyainah menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Yahya bin Yahya telah menceritakan kepada kami: Husyaim mengabarkan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami: Waki’ menceritakan kepada kami, dari Sufyan. (Dalam riwayat lain) ‘Ali bin Khasyram telah menceritakan kepada kami: ‘Isa bin Yunus mengabarkan kepada kami, dari Ibnu Juraij. (Dalam riwayat lain) ‘Ali bin Hujr telah menceritakan kepadaku: Isma’il menceritakan kepada kami, dari Ayyub. Mereka seluruhnya dari ‘Amr bin Dinar dengan sanad ini. Tidak seorang pun yang menyebutkan: berkhotbah di ‘Arafah, kecuali Syu’bah saja.