Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1266

٢٤٠ – (١٢٦٦) – وَحَدَّثَنِي أَبُو الرَّبِيعِ الزَّهۡرَانِيُّ: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ – يَعۡنِي ابۡنَ زَيۡدٍ – عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ جُبَيۡرٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَدِمَ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَأَصۡحَابُهُ مَكَّةَ وَقَدۡ وَهَنَتۡهُمۡ حُمَّى يَثۡرِبَ. قَالَ الۡمُشۡرِكُونَ: إِنَّهُ يَقۡدَمُ عَلَيۡكُمۡ غَدًا قَوۡمٌ قَدۡ وَهَنَتۡهُمُ الۡحُمَّىٰ وَلَقُوا مِنۡهَا شِدَّةً، فَجَلَسُوا مِمَّا يَلِي الۡحِجۡرَ، وَأَمَرَهُمُ النَّبِيُّ ﷺ أَنۡ يَرۡمُلُوا ثَلَاثَةَ أَشۡوَاطٍ، وَيَمۡشُوا مَا بَيۡنَ الرُّكۡنَيۡنِ لِيَرَى الۡمُشۡرِكُونَ جَلَدَهُمۡ. فَقَالَ الۡمُشۡرِكُونَ: هٰؤُلَاءِ زَعَمۡتُمۡ أَنَّ الۡحُمَّىٰ قَدۡ وَهَنَتۡهُمۡ، هٰؤُلَاءِ أَجۡلَدُ مِنۡ كَذَا وَكَذَا.
قَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: وَلَمۡ يَمۡنَعۡهُ أَنۡ يَأۡمُرَهُمۡ أَنۡ يَرۡمُلُوا الۡأَشۡوَاطَ كُلَّهَا، إِلَّا الۡإِبۡقَاءُ عَلَيۡهِمۡ.
240. (1266). Abur Rabi’ Az-Zahrani telah menceritakan kepadaku: Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami, dari Ayyub, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbas, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat tiba di Makkah dan demam Yatsrib telah melemahkan mereka. Kaum musyrikin mengatakan: Sungguh besok akan datang kepada kalian sebuah kaum yang penyakit demam Yatsrib (Madinah) telah melemahkan mereka dan mereka mengalami kepayahan. Kaum musyrikin pun duduk di dekat al-hijr. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan para sahabat agar berlari kecil sebanyak tiga putaran dan berjalan di antara dua pojok (rukun Yamani dan rukun Al-Aswad) agar kaum musyrikin melihat kekuatan mereka. Kaum musyrikin mengatakan: Mereka ini yang kalian sangka bahwa demam telah melemahkan mereka. Mereka malah lebih kuat daripada ini dan itu.
Ibnu ‘Abbas mengatakan: Tidak ada yang menghalangi beliau untuk memerintahkan mereka berlari kecil di seluruh putaran kecuali kasih sayang beliau terhadap mereka.
٢٤١ – (...) – وَحَدَّثَنِي عَمۡرٌو النَّاقِدُ وَابۡنُ أَبِي عُمَرَ وَأَحۡمَدُ بۡنُ عَبۡدَةَ. جَمِيعًا عَنِ ابۡنِ عُيَيۡنَةَ. قَالَ ابۡنُ عَبۡدَةَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ عَمۡرٍو، عَنۡ عَطَاءٍ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ قَالَ: إِنَّمَا سَعَىٰ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَرَمَلَ بِالۡبَيۡتِ، لِيُرِيَ الۡمُشۡرِكِينَ قُوَّتَهُ.
241. ‘Amr An-Naqid, Ibnu Abu ‘Umar, dan Ahmad bin ‘Abdah telah menceritakan kepadaku. Semuanya dari Ibnu ‘Uyainah. Ibnu ‘Abdah mengatakan: Sufyan menceritakan kepada kami, dari ‘Amr, dari ‘Atha`, dari Ibnu ‘Abbas, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hanyalah melakukan sai dan berlari kecil di Kakbah untuk memperlihatkan kekuatan beliau kepada kaum musyrikin.