Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 1714 dan 1715

١٢٠ – بَابُ نَحۡرِ الۡبُدۡنِ قَائِمَةً
120. Bab menyembelih unta-unta kurban haji dalam keadaan unta itu berdiri

وَقَالَ ابۡنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: سُنَّةَ مُحَمَّدٍ ﷺ. وَقَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: ﴿صَوَافَّ﴾ [الحج: ٣٦]: قِيَامًا.
Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma mengatakan: sunah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma mengatakan: shawaff (QS. Al-Hajj: 36), artinya adalah dengan berdiri.
١٧١٤ – حَدَّثَنَا سَهۡلُ بۡنُ بَكَّارٍ: حَدَّثَنَا وُهَيۡبٌ، عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ أَبِي قِلَابَةَ، عَنۡ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: صَلَّى النَّبِيُّ ﷺ الظُّهۡرَ بِالۡمَدِينَةِ أَرۡبَعًا، وَالۡعَصۡرَ بِذِي الۡحُلَيۡفَةِ رَكۡعَتَيۡنِ، فَبَاتَ بِهَا، فَلَمَّا أَصۡبَحَ رَكِبَ رَاحِلَتَهُ، فَجَعَلَ يُهَلِّلُ وَيُسَبِّحُ، فَلَمَّا عَلَا عَلَى الۡبَيۡدَاءِ لَبَّى بِهِمَا جَمِيعًا، فَلَمَّا دَخَلَ مَكَّةَ أَمَرَهُمۡ أَنۡ يَحِلُّوا، وَنَحَرَ النَّبِيُّ ﷺ بِيَدِهِ سَبۡعَ بُدۡنٍ قِيَامًا، وَضَحَّى بِالۡمَدِينَةِ كَبۡشَيۡنِ أَمۡلَحَيۡنِ أَقۡرَنَيۡنِ. [طرفه في: ١٠٨٩].
1714. Sahl bin Bakkar telah menceritakan kepada kami: Wuhaib menceritakan kepada kami, dari Ayyub, dari Abu Qilabah, dari Anas radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam salat Zuhur di Madinah sebanyak empat rakaat dan salat Asar di Dzul Hulaifah sebanyak dua rakaat. Beliau bermalam di situ. Ketika telah pagi, beliau menaiki tunggangannya dan mulai membaca tahlil dan tasbih. Ketika beliau telah berada di atas Baida`, beliau bertalbiah untuk haji dan umrah sekaligus. Ketika beliau telah masuk Makkah, beliau memerintahkan mereka untuk bertahalul dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelih dengan tangan beliau sebanyak tujuh unta dalam keadaan unta itu berdiri. Beliau berkurban di Madinah dengan dua kambing yang berwarna putih bercampur hitam dan bertanduk.
١٧١٥ – حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا إِسۡمَاعِيلُ، عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ أَبِي قِلَابَةَ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: صَلَّى النَّبِيُّ ﷺ الظُّهۡرَ بِالۡمَدِينَةِ أَرۡبَعًا، وَالۡعَصۡرَ بِذِي الۡحُلَيۡفَةِ رَكۡعَتَيۡنِ. وَعَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ رَجُلٍ، عَنۡ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: ثُمَّ بَاتَ حَتَّى أَصۡبَحَ، فَصَلَّى الصُّبۡحَ، ثُمَّ رَكِبَ رَاحِلَتَهُ، حَتَّى إِذَا اسۡتَوَتۡ بِهِ الۡبَيۡدَاءَ، أَهَلَّ بِعُمۡرَةٍ وَحَجَّةٍ. [طرفه في: ١٠٨٩].
1715. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Isma’il menceritakan kepada kami, dari Ayyub, dari Abu Qilabah, dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan: Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam salat Zuhur di Madinah sebanyak empat rakaat dan salat Asar di Dzul Hulaifah sebanyak dua rakaat. Dan dari Ayyub, dari seseorang, dari Anas radhiyallahu ‘anhu: Kemudian beliau bermalam sampai subuh, beliau salat Subuh lalu menaiki tunggangannya sampai ketika tunggangannya telah berdiri di Baida`, beliau memulai talbiah untuk umrah dan haji.